Kandungan serat dalam apel, membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol jahat. Banyak manfaat apel yang belum diketahui, salah satunya adalah apel dapat menjaga berat badan
Apel mengandung banyak vitamin dan mineral, yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Manfaat apel untuk kesehatan sudah umum didengar. Mulai dari buah hingga kulitnya, kandungan apel yang terdiri dari berbagai vitamin dan mineral, dapat membantu Anda menjadi lebih sehat.

Tidak hanya sampai di situ. Berbagai olahan apel juga telah tersedia, sehingga Anda dapat mengambil manfaatnya tanpa rasa bosan. Mulai dari membantu menjaga berat badan hingga menurunkan kolesterol, berikut manfaat apel bagi kesehatan Anda.

[[artikel-terkait]]

1. Manfaat apel dengan berbagai nutrisinya

Apel mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin dan mineral. Berikut ini adalah kandungan apel yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda.

Vitamin C

Vitamin C merupakan sumber antioksidan alami yang mampu mencegah kerusakan dalam sel tubuh akibat radikal bebas. Vitamin ini juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh melawan infeksi, dari bakteri maupun virus.

Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari riboflavin, thiamin, dan vitamin B6. Vitamin-vitamin ini memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan sel darah merah, dan sistem saraf di tubuh.

Serat

Serat yang terkandung di dalam apel dapat membantu mencegah perkembangan penyakit tertentu. Selain itu, serat juga dapat membantu mencegah naiknya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Fitonutrien dan mineral

Fitonutrien di dalam apel yang kaya akan polifenol, dapat membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya akibat radikal bebas. Apel juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, dan potasium.

2. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh. Mengonsumsi apel secara teratur juga dapat mengurangi peradangan, yang menjadi pemicu penuaan dini dan munculnya berbagai penyakit.

3. Menjaga berat badan

Kandungan apel seperti serat dan air, membuat buah ini cepat menimbulkan rasa kenyang jika dikonsumsi. Dengan olahan apel yang tepat, Anda bisa memasukkannya ke dalam menu harian Anda.

Untuk membantu menjaga berat badan, Anda dapat mengonsumsi irisan apel agar lebih cepat merasa kenyang. Apel juga rendah kandungan kalori, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori harian Anda.

4. Membantu menjaga kadar gula darah

Apel juga dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda untuk tetap dalam batas normal. Manfaat apel ini didapatkan dari kandungan antioksidannya yang dapat membantu mencegah proses penyerapan gula oleh tubuh termasuk di dalam darah.

Selain itu, mengonsumsi apel juga dipercaya dapat menurunkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Anda dapat mengonsumsi beberapa buah apel selama seminggu secara rutin, untuk mendapatkan manfaat ini.

5. Baik untuk kesehatan otak

Tidak hanya dikonsumsi segar, olahan apel seperti jus, juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan uji, konsentrat dari jus apel dapat membantu menjaga sel otak dari komponen merusak, serta membantu mengurangi risiko gangguan kesehatan mental.

Jus apel juga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Namun, perlu diingat bahwa meski olahan apel seperti jus juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi apel dalam bentuk segar masih menjadi pilihan terbaik.

Anda bisa memperoleh buah apel dengan mudah. Namun, Anda harus mengonsumsinya dengan bijak dan tidak berlebihan. Selain itu, konsumsilah makanan sehat dan jangan lupa berolahraga dengan rutin, untuk menjaga kesehatan Anda.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/267290.php
Diakses pada Maret 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-health-benefits-of-apples
Diakses pada Maret 2019

Health. https://www.health.com/nutrition/health-benefits-of-apples
Diakses pada Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed