Ternyata, Minum Anggur Putih alias White Wine Baik untuk Kesehatan

Anggur putih alias white wine tidak selamanya buruk, buktinya ia bisa cegah penyakit jantung
Anggur putih dinilai baik untuk kesehatan jantung

Mengonsumsi alkohol, apalagi jika berlebihan dan sampai mabuk memang bisa merugikan kesehatan. Namun ternyata, kalau Anda bisa membatasinya dengan baik, mengonsumsi minuman beralkohol jenis anggur putih atau white wine, bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Anggur putih dinilai memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik. Seperti yang sudah banyak terbukti, antioksidan dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Berikut ini penjelasan lebih lanjut soal manfaat white wine untuk Anda.

Manfaat anggur putih

Sebelum mengenal lebih jauh soal manfaat anggur putih, Anda perlu tahu dulu batas konsumsi wine yang direkomendasikan. Untuk laki-laki, batas konsumsi alkohol maksimal yang dianjurkan per hari adalah dua gelas. Sementara itu untuk perempuan adalah satu gelas. Satu gelas anggur putih sendiri biasanya berisi kurang lebih 150 ml.

Apabila taat mengikuti batas konsumsi maksimal seperti yang dianjurkan di atas, maka beberapa manfaat anggur putih di bawah ini bisa Anda dapatkan.

1. Meredakan stres

Antioksidan yang terdapat di dalam segelas anggur putih, dinilai dapat membantu meredakan stres. Sebab, kandungan tersebut terbukti dapat menurunkan produksi hormon stres di dalam tubuh.

2. Baik untuk jantung

Bukti bahwa minuman beralkohol dalam jumlah terbatas baik untuk kesehatan jantung, sudah banyak tersebar. Anggur putih juga dipercaya bisa bantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh.

Selain itu, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi wine dalam jumlah terbatas berisiko lebih rendah meninggal dunia akibat penyakit jantung atau stroke.

3. Mencegah Alzheimer

Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, polifenol atau senyawa antioksidan yang terdapat pada anggur putih dinilai dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Anggur putih juga mengandung asam kafeat yang pada beberapa penelitian terbukti bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit ginjal.

5. Mengurangi risiko penyakit lainnya

Jika dibandingkan dengan para peminum bir, orang yang gemar minum anggur putih dalam jumlah terbatas berisiko lebih rendah terkena osteoartritis atau radang sendi dan tulang. Selain itu, risiko kanker paru juga dinilai akan menurun.

Meski manfaat anggur putih di atas terlihat menggiurkan, masih lebih banyak penelitian yang perlu dilakukan untuk benar-benar memastikannya. Sehingga jangan sampai Anda jadi abai dan mengonsumsi anggur putih berlebihan dengan tujuan untuk menyehatkan badan.

Lebih sehat mana, anggur putih atau anggur merah?

Dalam proses produksi minuman anggur putih, kulit, biji, serta batang anggur dibersihkan terlebih dahulu sebelum fermentasi dilakukan. Sementara itu pada pembuatan minuman anggur merah, kulit, biji, serta batangnya diikutsertakan dalam proses fermentasi.

Hal ini membuat anggur merah memiliki lebih banyak kandungan bermanfaat yang berasal dari kulit anggur, seperti tannin dan resveratrol. Pada anggur putih, kedua kandungan ini tidak ditemukan.

Anggur putih memang memiliki kandungan antioksidan dan beberapa nutrisi baik lain, tapi jumlahnya tidak sebanyak anggur merah. Sehingga, jika ditanya, lebih sehat anggur putih atau merah, maka jawabannya adalah anggur merah.

Hanya saja, kembali lagi: jangan menjadikan alasan ini sebagai lampu hijau untuk mengonsumsi minuman beralkohol banyak-banyak. Kerugian yang bisa Anda dapat dari kebiasaan ini bisa benar-benar merugikan kesehatan.

Dampak buruk mengonsumsi anggur putih

Mendapatkan manfaat dari mengonsumsi segelas anggur putih bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab, tidak jarang orang yang kemudian kesulitan untuk membatasi konsumsi alkoholnya. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa memberikan efek yang berbanding terbalik dari manfaatnya.

Selain bisa menyebabkan kecanduan, konsumsi alkohol berlebih juga bisa menyebabkan aritmia atau gangguan irama jantung. Kebiasaan ini juga meningkatkan risiko seseorang terkena stroke.

Masalah lain seperti sirosis dan fibrosis hati, radang pankreas, dan kerusakan pankreas secara keseluruhan juga dapat terjadi. Terakhir, risiko kanker, terutama kanker hati juga akan meningkat pada orang yang kecanduan alkhol.

Mengingat manfaat dan bahaya anggur putih beririsan begitu tipis, Anda perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya. Apabila merasa tidak bisa menghentikan keinginan untuk terus menerus menenggak minuman beralkohol, mungkin sudah saatnya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendeteksi kecanduan dan mengatasinya.

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/377858-the-health-benefits-of-white-wine/
Diakses pada 4 Juni 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/red-vs-white-wine
Diakses pada 4 Juni 2020

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/features/why-is-white-wine-good-for-me
Diakses pada 4 Juni 2020

Artikel Terkait