Ternyata, Ini Arti dari Mimpi Orang Meninggal


Beberapa orang mungkin pernah mengalami mimpi orang meninggal. Baik itu orang tua atau saudara. Sebenarnya apa arti dari mimpi orang meninggal? Ketahui artinya di sini.

(0)
25 Dec 2020|Azelia Trifiana
Mimpi orang meninggal menandakan kecemasanMimpi orang meninggal seringkali membuat kita bertanya-tanya akan artinya
Bunga tidur atau mimpi datang tanpa bisa dipilih, termasuk mimpi orang meninggal. Menurut studi, kemungkinan seseorang mengalami bunga tidur ini meningkat ketika sedang sakit parah atau baru ditinggal meninggal orang terdekat.Sebenarnya saat akan menerjemahkan arti sebuah mimpi, bukan detail dari mimpi yang harus diamati. Justru, perhatikan bagaimana perasaan yang muncul ketika terbangun dari mimpi. Apabila terasa sangat mengganggu, bisa jadi ada masalah lain yang mendasari.

Arti mimpi orang meninggal

Terbangun dari tidur yang berhiaskan mimpi orang meninggal tentu terasa kurang menyenangkan. Akan muncul rasa tegang, takut, dan terkejut. Tapi perlu diingat bahwa mimpi bukanlah prediksi, jadi tak perlu memikirkannya terlalu berlebihan.Isi dari bunga mimpi bisa jadi simbol dari hal lain. Bisa jadi, bermimpi tentang kematian merupakan proses adanya perubahan besar dalam hidup.Beberapa hal yang mungkin menjadi pertanda di balik mimpi orang meninggal adalah:
  • Rasa kurang percaya diri
  • Masalah yang belum terselesaikan
  • Merasa tidak bisa mengendalikan sesuatu
  • Merelakan sesuatu
  • Berubahnya hubungan dengan seseorang
  • Melangkah ke kebebasan
Sama seperti bermimpi sekarat, kedua hal ini dapat bermakna sebuah permulaan, akhir, dan juga keduanya.Lebih detil lagi, mimpi orang meninggal bisa dikategorikan menjadi:

1. Mimpi diri sendiri sedang sekarat

Memimpikan diri sendiri tengah berada di ambang kematian bisa berarti sedang berada di transisi perubahan hidup cukup besar. Ini bisa menjadi simbol akhir dari sebuah hubungan, pekerjaan, atau rumah yang selama ini dihuni.Selain itu, mimpi semacam ini juga bisa berarti ada bagian dari diri Anda yang ingin melarikan diri. Tak hanya itu, ini juga bisa berarti titik puncak merasa kelelahan karena selama ini selalu mendahulukan orang lain dan mengesampingkan keinginan diri sendiri.

2. Mimpi teman meninggal

Bermimpi teman meninggalkan dunia terlebih dahulu bisa berarti ada perhatian khusus terhadap orang itu. Ini juga bisa berarti bahwa pertemanan Anda tengah menghadapi perubahan dan mulai melepas dirinya.Tapi ingat, mimpi tentang teman bisa saja tidak berhubungan sama sekali dengan sosoknya. Justru, ini bisa berarti apa makna kehadiran teman yang satu ini terhadap hidup Anda.

3. Mimpi orang yang sudah meninggal

Studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa mimpi tentang sosok yang telah lebih dulu meninggalkan kita cukup umum dialami orang yang tengah sakit. Namun, mimpi ini sama sekali tidak menimbulkan ancaman.Umumnya, sosok yang telah meninggal tampak sangat prima dalam mimpi itu. Ini bisa juga merupakan mekanisme pertahanan seseorang saat sedang menderita sakit atau masa kritis.

Benarkah mimpi orang meninggal pertanda cemas?

perempuan menutup muka
Mimpi orang meninggal bisa menjadi pertanda kecemasan di dalam diri
Ketika merasakan bunga tidur yang kurang mengenakkan seperti seseorang meninggalkan dunia ini, fokusnya bukan pada cerita dalam mimpi. Akan lebih baik jika melihat apakah mimpi ini merupakan pertanda kecemasan atau stres yang belum terselesaikan.Tidak perlu juga melakukan berbagai upaya untuk menghindari mimpi semacam ini. Tak ada yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.Akan jauh lebih baik apabila mimpi ini dijadikan patokan untuk mengidentifikasi penyebab stres saat sedang terjaga. Coba selesaikan isu itu, siapa tahu dapat membantu menghentikan munculnya mimpi orang meninggal terus menerus.Beberapa hal lain yang bisa digunakan untuk menenangkan diri adalah:
  • Tidak bermain alat elektronik menjelang waktu tidur
  • Hindari cahaya lampu saat tidur
  • Saat terjaga di malam hari, coba atur napas
  • Relaksasi
Apabila beberapa hal di atas tidak juga efektif mengatasi masalah mimpi orang meninggal, coba konsultasikan dengan pihak profesional. Terapis yang memiliki kualifikasi tertentu dapat membantu memahami apa penyebab mimpi sarat kecemasan semacam ini.

Bagaimana mimpi terjadi?

Sangat wajar ketika seseorang bermimpi saat tidur. Itu adalah fungsi alami otak ketika tubuh terlelap. Apa yang menjadi isi dalam mimpi bisa jadi merupakan:
  • Sisa dari pemikiran sepanjang hari
  • Sisa dari apa yang dilakukan sepanjang hari
  • Perasaan yang tanpa disadari selalu ada
  • Acak atau tidak berhubungan dengan apapun
Tentu tidak serta merta seseorang bisa mengerti makna dari sebuah mimpi ketika sudah terjaga. Perlu waktu dan pemahaman apakah mimpi itu merupakan dampak dari perasaan yang terpendam, sisa dari apa yang dialami sepanjang hari, atau benar-benar acak.

Tidak semua mimpi bisa dibedah maknanya. Memang mimpi semacam kejadian besar seperti meninggal dunia akan melibatkan emosi cukup kuat, namun lagi-lagi bukan merupakan pertanda.Jika Anda ingin tahu lebih banyak apakah mimpi sudah menyebabkan gangguan kecemasan atau masih termasuk normal, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalgangguan kecemasangangguan kecemasan umum
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-does-it-mean-when-you-dream-about-someone-dying
Diakses pada 12 Desember 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23449603/
Diakses pada 12 Desember 2020
Learning Mind. https://www.learning-mind.com/dreaming-of-someone-dying/
Diakses pada 12 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait