Tidak Hanya Buahnya, Ternyata Daun Sirsak juga Bermanfaat bagi Kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan cukup populer sehingga kini banyak orang yang memanfaatkannya
Bukan hanya buahnya, daun sirsak juga bermanfaat bagi kesehatan

Sirsak menjadi buah yang tak hanya menyegarkan, namun juga memiliki beragam manfaat. Selain buahnya, daun sirsak turut dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Manfaat daun sirsak sebagai obat herbal hingga saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Daun ini biasanya direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan daun sirsak dikonsumsi sebagai obat.

Khasiat daun sirsak dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit tertentu, seperti diabetes, asam urat, dan sebagainya.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Daun sirsak dikenal sebagai satu obat-obatan herbal yang cukup populer. Adapun manfaat daun sirsak untuk kesehatan, di antaranya:

  • Kesehatan kulit

Jika Anda memiliki masalah jerawat, eksim, dan masalah kulit lainnya yang menyebabkan ruam atau bisul, Anda dapat menggunakan daun sirsak untuk mengobatinya. Caranya mengobatinya, yaitu dengan mengaplikasikan daun sirsak pada kulit.

Anda dapat membuat pasta (menghaluskan) dari daun sirsak, lalu menempelkannya secara langsung pada kulit. Hal ini dipercaya mampu mengurangi masalah pada kulit Anda secara signifikan, meski mungkin terasa menyakitkan.

  • Antipenuaan

Daun sirsak kaya akan vitamin C atau asam askorbat. Kedua zat tersebut bekerja sangat baik dalam memerangi radikal bebas yang merupakan penyebab penuaan, infeksi, atau gangguan kulit.

Mengaplikasikan pasta daun sirsak secara teratur bermanfaat bagi kulit untuk menunda penuaan. Vitamin C yang terkandung dalam daun sirsak juga dapat mengatasi keriput, garis-garis halus, serta perubahan warna kulit.

  • Masalah rambut

Daun sirsak dianggap mampu mengatasi masalah rambut yang umum terjadi, seperti ketombe, rambut rontok, terbelahnya ujung rambut, rambut kasar, rusak, atau bahkan beruban.

Agar mendapat manfaat tersebut, Anda bisa membuat pasta dari daun sirsak dan mengoleskannya pada kulit kepala. Selain itu, juga dapat menggunakan teh daun sirsak untuk dibilaskan pada rambut.

  • Mengobati kutu kepala

Jika Anda memiliki masalah dengan kutu kepala, daun sirsak dapat menjadi jawaban atas masalah Anda ini. Buatlah pasta dari daun sirsak, kemudian oleskan pada kulit kepala, atau membilas rambut dengan teh daun sirsak dapat membantu Anda menghilangkan kutu kepala dengan cepat dan mudah.

  • Pengobatan kanker

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa daun sirsak lebih efektif dalam memerangi dan mencegah pertumbuhan kanker daripada perawatan potensial lainnya. Khasiat daun sirsak juga sangat efektif dalam meringankan efek samping kemoterapi.

Penderita kanker dapat meminum air rebusan daun sirsak sebanyak dua kali sehari selama kurang lebih dua minggu. Namun, sebelum melakukannya, persetujuan dokter diperlukan.

  • Mengobati osteoporosis, sakit punggung, dan penyakit rematik lain

Daun sirsak memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, mengonsumsi jus daun sirsak secara teratur dapat dengan mudah mencegah masalah tulang seperti osteoporosis. Namun, dalam meredakan nyeri rematik,

Anda dapat mengoleskan pasta daun sirsak dua kali sehari pada area sendi yang terasa nyeri. Sementara, dalam mengurangi sakit punggung Anda dapat meminum rebusan air daun sirsak sebanyak ¾ cangkir setiap hari.

  • Asam urat

Cukup banyak orang yang mengalami asam urat. Dalam mengobati asam urat, ekstrak daun sirsak sangatlah bermanfaat. Anda dapat meminum segelas rebusan daun sirsak dua kali sehari untuk mengurangi asam urat yang diderita.

  • Mengobati bisul

Khasiat daun sirsak lainnya, yaitu mengobati bisul. Anda dapat menempelkan daun sirsak pada bisul secara langsung atau meminum air rebusannya. Agar mendapat hasil yang baik, gunakanlah daun sirsak yang muda.

  • Mengobati anemia

Daun sirsak memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Jika Anda meminum air rebusan atau teh daun sirsak setiap hari, dipercaya akan mengurangi anemia karena dapat meningkatkan jumlah sel darah merah.

  • Mengobati hipertensi

Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele karena dapat menyebabkan masalah lain, seperti penyakit jantung. Daun sirsak dipercaya dapat mengurangi tekanan darah tinggi agar kembali normal secara alami.

  • Mengobati insomnia

Jika Anda mengalami insomnia, Anda dapat menggunakan daun sirsak untuk mengatasinya. Daun sirsak memiliki kandungan Trytophan yang secara efektif dapat meningkatkan rasa kantuk sehingga akan merangsang Anda untuk tidur.

  • Menurunkan suhu tubuh

Daun sirsak dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk menurunkan suhu tubuh. Dalam mengobati demam, Anda dapat menambahkan daun sirsak ke dalam bak mandi agar suhu tubuh Anda menurun.

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun sirsak mengandung annohexocin, annocatalin, asam linoleat, dan anomurine yang berfungsi untuk melawan dan melindungi tubuh dari penyakit. Meminum rebusan daun sirsak selama kurang lebih sebulan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

  • Melawan infeksi

Daun sirsak memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Jika Anda sering terkena infeksi, mengonsumsi rebusan daun sirsak secara teratur dapat membantu pemulihan lebih cepat dan memperkuat kekebalan tubuh sehingga mampu melawan infeksi.

  • Mengobati diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak diderita. Daun sirsak dianggap dapat membantu mengurangi dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Namun, sebelum mengonsumsinya, tentu harus mendapat persetujuan dokter.

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat daun sirsak ini. Sebab bisa saja manfaat tidak dapat dirasakan oleh setiap orang.

Cara mengolah daun sirsak dan risikonya

Sebagian besar daun sirsak diolah menjadi air rebusan, teh, ataupun pasta. Anda dapat merebus daun sirsak ke dalam air panas hingga mendidih. Pastikan memilih daun sirsak yang muda. Setelah itu, Anda dapat meminum air rebusan tersebut.

Sementara, jika ingin membuat teh daun sirsak, Anda harus mengeringkan daun terlebih dahulu. Setelah kering, Anda dapat menyeduhnya. Jika terasa pahit, Anda bisa tambahkan dengan madu.

Apabila Anda ingin lebih instan, maka Anda dapat membeli teh daun sirsak di toko obat herbal. Sedangkan, untuk pasta daun sirsak maka Anda dapat membuatnya dengan menumbuk daun tersebut.

Meski dipercaya memiliki banyak manfaat, mengonsumsi daun sirsak secara berulang atau dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan toksisitas hati, gangguan ginjal, kerusakan saraf, kelainan gerak, dan myeloneuropathy (kondisi yang mirip dengan penyakit Parkinson) dengan gejala tremor atau otot kaku. Selain itu, Anda juga disarankan tidak mengonsumsi daun sirsak jika:

  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tekanan darah
  • Sedang meminum obat diabetes
  • Memiliki penyakit hati atau ginjal
  • Memiliki jumlah trombosit yang rendah
  • Sedang hamil atau menyusui

Meski dianggap memiliki banyak manfaat, namun untuk memastikan keamanan penggunaan daun sirsak, selalu konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Dokter mungkin akan menentukan apakah kondisi Anda aman untuk mengonsumsi daun sirsak atau tidak.

Pain Assist. https://www.epainassist.com/diet-and-nutrition/benefits-of-soursop-leaves
Diakses pada 04 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319720.php
Diakses pada 04 September 2019

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/soursop-tea-benefits-and-side-effects-4163737
Diakses pada 04 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed