Ternyata, Berat Badan Ideal Sebelum Hamil Berpengaruh pada ASI Ibu

Menjaga berat badan ideal sebelum hamil penting dilakukan oleh ibu karena berpengaruh pada kualitas ASI
Berat badan sebelum hamil ternyata berpengaruh pada pertumbuhan bayi yang minum ASI

Belum banyak penelitian yang mengangkat tentang pengaruh berat badan ideal sebelum hamil dengan kualitas ASI seorang ibu. Temuan terbaru kali ini datang dari LSU Health New Orleans.

Setiap ibu tentu berbeda. Bahkan sesama ibu menyusui sekalipun pasti memiliki kandungan air susu yang berbeda. Rupanya, berat badan ideal sebelum hamil juga menentukan kualitas ASI seorang ibu.

Pada penelitian ini, semakin ideal berat badan sebelum lahir, akan semakin baik pula pengaruh ASI terhadap pertumbuhan bayi di masa-masa awal kelahirannya.

Sebaliknya, seorang ibu yang memiliki berat badan kurang baik di masa awal kehamilannya, pertumbuhan bayinya cenderung kurang dengan optimal.

Berat badan ideal sebelum hamil 

Ketika berbicara tentang berat badan sebelum hamil, artinya periode yang dilihat adalah berat badan ketika pertama kali berhubungan intim dan berhasil hamil. Salah satu hal yang memicu digelarnya investigasi ini adalah semakin banyaknya anak yang menderita obesitas di Amerika Serikat.

ASI dengan segala khasiatnya apakah bisa membuat anak rentan mengalami obesitas? Penelitian dimulai dengan membedah kandungan ASI.

ASI mengandung protein TNF, hormon-hormon sepert insulin dan leptin, hingga asam lemak seperti omega 3 (DHA) dan omega 6 (EPA).

Tim peneliti kemudian mencari tahu hubungan antara kandungan hal-hal di atas dalam darah dan ASI pada ibu yang baru melahirkan dengan berat badan berbeda. Para ibu yang memiliki BMI normal dibandingkan dengan BMI obesitas diketahui menentukan pertumbuhan bayi di usia 4-8 minggu.

Setidaknya ada 33 ibu yang dilibatkan dalam penelitian ini. Hasilnya, diketahui bahwa kandungan ASI menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi panjang dan berat badan bayi.

Asisten riset profesor dalam penelitian ini, Henry Nuss, PhD mengungkapkan bahwa bayi yang terlahir dari ibu dengan kondisi berat badan tidak ideal dapat mempengaruhi kualitas ASI yang diberikan.

Pentingnya jaga berat badan ideal sebelum hamil

Memiliki keturunan bisa jadi impian bagi banyak orang. Meski demikian, proses hingga hamil dan akhirnya melahirkan bukan hanya urusan menunggu waktu 37 pekan berlalu saja.

Lebih jauh lagi, seorang ibu yang sedang berusaha memiliki bayi perlu mengantisipasi risiko dengan memastikan ia memiliki berat badan ideal sebelum hamil.

Mungkin pada awal masa kehamilan, berat badan ideal sebelum hamil bukan dirasa sebagai hal yang krusial.

Banyak orang yang lebih memikirkan tentang berat badan setelah melahirkan dan bagaimana kembali ke berat badan semula.

Nyatanya, urusan ini jauh lebih kompleks dari itu. Berat badan ideal sebelum hamil akan menentukan bagaimana kualitas ASI seorang ibu. Tentu saja, hal ini juga berkaitan erat dengan pertumbuhan buah hati mereka.

La Leche League International. https://www.llli.org/breastfeeding-info/weight-loss-mothers/
Diakses pada 20 Juni 2019

Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2019/06/190613133727.htm
Diakses pada 20 Juni 2019

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/nursing-basics
Diakses pada 20 Juni 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed