Cara mandi yang benar perlu diperhatikan agar tubuh bisa bersih maksimal
Cara mandi yang benar juga meliputi pemilihan sabun hingga menentukan suhu air

Sebagian besar orang menganggapnya sepele. Namun sebenarnya, cara mandi yang benar perlu diperhatikan agar tubuh bisa benar-benar bersih dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Sebab, mandi bukan sekadar membasahi tubuh menggunakan sabun dan air. Jenis sabun, suhu air, hingga lamanya mandi, ternyata juga berpengaruh.

Ini cara mandi yang benar

Mandi dengan cara yang salah, bisa membuat kulit menjadi kering. Jadi mulai sekarang, terapkan cara mandi yang benar, seperti yang dijelaskan di bawah ini agar kulit tetap sehat.

1. Frekuensi

Sebenarnya, tidak ada aturan pasti mengenai frekuensi mandi yang direkomendasikan. Semua itu tergantung dari aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Jika Anda tidak beraktivitas terlalu banyak dan memiliki tipe kulit kering, mandi dua hingga tiga kali seminggu sebenarnya sudah cukup. Namun, jika Anda termasuk orang yang sering berkeringat karena olahraga, cuaca panas, maupun aktivitas fisik lainnya, mandilah setiap hari.

Bagi Anda yang mandi sebanyak dua kali sehari, jangan mandi terlalu lama dan batasi waktu mandi menjadi singkat saja.

2. Durasi

Semakin lama mandi, tidak menjamin Anda akan semakin bersih. Justru, mandi terlalu lama tidak baik untuk kulit. Sebab, kulit dan rambut yang terlalu lama terkena air akan menjadi kering.

Durasi ideal mandi adalah sekitar lima menit atau secukupnya waktu, untuk Anda membasuh dan menyabuni seluruh bagian tubuh.

3. Jenis sabun yang digunakan

Jenis sabun juga penting untuk diperhatikan. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, pilih sabun yang berbahan ringan dan lembut, serta mengandung pelembap. Apabila memiliki kulit dengan jenis normal, Anda bisa menggunakan sabun biasa yang banyak dijual di pasaran.

4. Jangan terlalu sering keramas

Banyak orang yang keramas setiap kali mandi. Padahal, keramas terlalu sering juga sebenarnya tidak baik. Frekuensi keramas yang ideal juga akan berbeda tiap orangnya, tergantung dari jenis rambut yang dimiliki.  Orang dengan rambut berminyak, perlu lebih sering keramas dibandingkan dengan pemilik rambut kering.

5. Urutan membersihkan tubuh

Ternyata, urutan membersihkan juga penting saat mandi. Anda dianjurkan untuk membersihkan tubuh bagian atas terlebih dahulu, lalu turun ke bagian bawah secara berurutan.

Hal ini akan memungkinkan sabun secara merata membersihkan tubuh. Pastikan untuk membersihkan juga pada arealipatan-lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, dan area kulit di bawah payudara.

Bersihkan juga sela-sela jari dan area genital Anda. Namun, untuk area genital, gunakanlah sabun khusus. Sebab, jika menggunakan sabun biasa, akan ada risiko iritasi.

Jika ingin keramas, lakukan langkah pertama kali, sebelum membersihkan bagian tubuh lainnya. Apabila kulit Anda berjerawat, pastikan semua sampo dan kondisioner yang digunakan, sudah dibilas hingga benar-benar bersih. Bagi Anda yang ingin mencukur rambut-rambut di kaki, lakukan hal ini sebagai langkah terakhir.

6. Setelah mandi

Setelah mandi, keringkan tubuh dengan handuk yang berbahan halus. Jangan gosok-gosokkan handuk ke kulit. Cukup tepuk-tepuk ringan hingga air menyerap sendiri ke handuk. Terlalu keras menggosok handuk ke kulit, bisa menyebabkan iritasi dan gatal.

Untuk Anda yang terbiasa menggunakan pelembap setelah mandi, gunakanlah pelembap tanpa pewangi buatan. Oleskan pelembap dua hingga tiga menit setelah mandi, saat kulit masih lembap.

Cara mandi yang benar, dengan air panas atau air dingin?

Tiap orang pasti punya kesenangannya sendiri-sendiri. Ada yang lebih suka mandi dengan air hangat dan ada juga yang memilih mandi dengan air dingin. Keduanya pun ternyata bisa memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.

• Manfaat mandi air dingin

Manfaat mandi menggunakan air dingin di antaranya:

  • Bisa meredakan rasa gatal
  • Membuat Anda lebih segar dan tidak mengantuk
  • Meningkatkan sirkulasi darah pada tubuh
  • Meredakan nyeri otot setelah olahraga
  • Membuat kulit dan rambut terlihat lebih bersinar

• Manfaat mandi air hangat

Sementara itu, manfaat mandi air hangat di antaranya:

  • Dapat melegakan pernapasan
  • Membantu meredakan stres
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak
  • Memudarkan kulit yang kusam dan jerawat
  • Membuat otot menjadi lebih rileks

Setelah melihat penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara mandi yang benar tidak selamanya tergantung pada suhu air. Sebab, kondisi setiap orang berbeda-beda. Pilih suhu air yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Cara mandi yang benar, jika kulit Anda sensitif

Karena mandi bisa membuat kulit menjadi lebih kering, orang yang berkulit sensitif seringkali merasa gatal setelah mandi. Selain itu, kulit juga akan terasa seperti tertarik dan kemerahan.

Dengan mengikuti cara mandi yang benar untuk kulit sensitif di bawah ini, masalah tersebut bisa dicegah. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Jangan mandi terlalu lama

Mandi terlalu lama akan menyingkirkan terlalu banyak minyak yang secara alami memang terdapat di kulit. Sehingga, kulit akan menjadi kering. Anda disarankan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit.

2. Batasi penggunaan sabun

Kulit sensitif seringkali tidak cocok menggunakan sabun mandi yang banyak beredar di pasaran. Sehingga, hanya gunakan sabun untuk area-area yang memang kotor, seperti ketiak, selangkangan ataupun kaki. Sisanya, cukup dibersihkan dengan air.

3. Atur suhu air agar tidak terlalu panas

Suhu air yang terlalu panas juga bisa menghilangkan minyak di kulit. Sehingga, mandilah dengan suhu air yang sedang, tidak terlalu panas, tapi juga tidak terlalu dingin.

4. Pilih produk untuk kulit yang tepat

Bagi Anda yang berkulit sensitif, sebaiknya hindari produk perawatan kulit, termasuk yang digunakan untuk mandi, apabila mengandung parfum, pewarna, atau scrub. Sebab, bahan-bahan tersebut bisa membuat kulit iritasi.

Ikuti cara mandi yang benar seperti di atas untuk membuat aktivitas membersihkan badan lebih efektif, dalam menyingkirkan kuman maupun bakteri di badan seharian.

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-shower-vs-hot-shower#1
Diakses pada 27 November 2019

Center for Young Women’s Health. https://youngwomenshealth.org/2017/05/24/what-is-the-correct-way-to-take-a-shower/
Diakses pada 27 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/sensitive-skin-shower-tips#1
Diakses pada 27 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed