logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Ternyata, Aroma dan Daun Rosemary Bisa Mempertajam Daya Ingat

open-summary

Selain puzzle, berolahraga, atau mengonsumsi makanan tertentu, mengonsumsi daun rosemary juga dianggap bisa berdampak positif bagi daya ingat seseorang. Bukan hanya dengan mengonsumsinya, namun juga dari menghirup aroma rosemary.


close-summary

0

15 Apr 2021

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Daun rosemary dipercaya bisa tingkatkan daya ingat

Daun rosemary dipercaya bisa tingkatkan daya ingat

Table of Content

  • Mengenal apa itu rosemary
  • Rosemary dan fungsi kognitif
  • Catatan dari SehatQ

Apa cara favorit Anda untuk mempertajam daya ingat? Ada yang memilih bermain puzzle, berolahraga, atau mengonsumsi makanan tertentu. Menariknya, daun rosemary juga dianggap bisa berdampak positif bagi daya ingat seseorang. Bukan hanya dengan mengonsumsinya, namun juga dari menghirup aroma rosemary.

Advertisement

Tidak diketahui pasti bagaimana daun rosemary bisa berpengaruh positif terhadap daya ingat. Hanya saja, pakar menduga ini berhubungan erat dengan kandungan antioksidan di dalamnya.

Mengenal apa itu rosemary

Rosemary atau Rosmarinus officinalis adalah tanaman dengan daun menyerupai jarum. Jenis tanaman herbal ini bisa tumbuh di cuaca hangat, berasal dari negara-negara Asia dan Mediterania.

Lebih jauh lagi, rosemary berhubungan dengan family mint. Ketika tumbuh, warna bunganya bisa berwarna putih, ungu, pink, atau biru tua.

Keunikan utama dari rosemary adalah aromanya yang kuat. Itulah yang membuatnya kerap dijadikan bumbu dalam masakan seperti olahan daging, sup, ayam, ikan, dan sajian Mediterania lainnya.

Selain itu, banyak juga yang menikmati rosemary dalam bentuk teh herbal. Produk perawatan tubuh seperti sampo, sabun, hingga parfum juga banyak yang menggunakan ekstrak tanaman ini sebagai salah satu kandungannya.

Rosemary dan fungsi kognitif

Banyak sekali teori yang menyebutkan rosemary dapat berdampak pada fungsi kognitif terutama daya ingat. Caranya berbeda mulai dari mengonsumsi hingga menghirup aromanya. Berikut penjelasannya:

  • Mengonsumsi

Ada sebuah studi jangka pendek dengan partisipan 28 orang berusia lanjut yang mengonsumsi bubuk rosemary kering. Mereka mengonsumsi dalam dosis rendah. Setelah penelitian usai, terbukti secara statistik daya ingat meningkat signifikan.

Para partisipan yang berusia di atas 75 tahun mengikuti tes Cognitive Drug Research dengan penilaian selama 1, 2.5, 4, dan 6 jam. Ada 4 dosis rosemary yang diberikan.

Hasilnya, dosis terendah yaitu 750 miligram memberikan hasil yang cukup signifikan. Sementara dosis tinggi yaitu 6.000 miligram justru memberikan efek yang merusak.

  • Menghirup aroma

Ada pula penelitian dari Mark Moss dan Lorraine Oliver, yang mengulik bagaimana aroma rosemary berpengaruh terhadap fungsi kognitif manusia. Partisipan diminta menghirup aromanya sembari melakukan aktivitas melihat visual dan melakukan pembagian.

Peneliti menggunakan tanaman dengan bahan aktif sebesar 1,8 sineol. Jumlah partisipan sebanyak 20 orang yang terlebih dahulu dilihat bagaimana mood-nya sebelum dan sesudah sesi. Semakin kuat aroma yang dihirup, baik kecepatan maupun akurasi dalam aktivitas itu pun meningkat.

Selain itu, ada pula studi lain yang menggarisbawahi hasil serupa. Sebanyak 40 anak-anak yang masih sekolah dibagi menjadi 2 kelompok. Sebagian berada di ruangan dengan aroma rosemary, sebagian lainnya tidak.

Hasilnya, anak yang berada di ruangan beraroma rosemary menunjukkan daya ingat lebih kuat dibandingkan dengan yang tidak. Namun, jurnal yang pernah dipresentasikan di Annual Conference of the British Psychological Society ini belum mendapatkan penilaian sejawat atau peer-review.

  • Minyak esensial

minyak rosemary
Minyak rosemary

Penggunaan tanaman herbal dalam bentuk minyak esensial juga tak kalah populer. Sebuah studi lain terhadap 53 murid menunjukkan hal yang sama.

Murid berusia 13-15 tahun ini diminta berada dalam ruangan yang sudah disemprot minyak esensial rosemary. Hasilnya, daya ingat mereka terhadap gambar dan juga angka meningkat.

  • Meminum

teh rosemary
Teh rosemary

Ada pula eksperimen yang melibatkan 80 orang dewasa dengan mengonsumsi 250 mililiter air mineral dengan tambahan rosemary. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi air ini menunjukkan fungsi kognitif lebih baik ketimbang yang hanya mengonsumsi air mineral saja.

Selain beberapa penelitian di atas, ada pula beberapa jurnal lain seputar manfaat rosemary terhadap fungsi kognitif. Hasilnya pun relatif konsisten, menunjukkan bahwa tanaman ini bisa mempertajam daya ingat.

Namun, tidak diketahui secara pasti mengapa rosemary memiliki khasiat ini. Teori yang paling memungkinkan adalah karena rosemary mengandung antioksidan sehingga bisa melindungi kerusakan tubuh akibat paparan zat radikal bebas.

Di sisi lain, ada pula anggapan bahwa rosemary bisa mengurangi kecemasan berlebih. Ini membuat seseorang lebih bisa berkonsentrasi sekaligus menajamkan daya ingat.

Baca Juga

  • Seputar Notification Anxiety yang Sebabkan Cemas saat Ada Notifikasi
  • Mythomania, Kebiasaan Suka Berbohong yang Kronis
  • Berkenalan dengan Hormon Dopamin, Sang Senyawa Kebahagiaan Otak

Catatan dari SehatQ

Meski terbukti rosemary bisa memberikan manfaat bagi fungsi kognitif manusia, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemennya. Dikhawatirkan, ada potensi interaksi dengan obat lain seperti pengencer darah, obat tekanan darah tinggi, obat lithium, obat diabetes, dan juga obat diuretik.

Selain itu, masih ada ruang pembuktian lain lewat riset dan penelitian ilmiah untuk menunjukkan hasil yang lebih konsisten.

Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang cara aman mengonsumsi rosemary baik dalam bentuk minyak esensial maupun dicampur dengan makanan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

gangguan mentalkesehatan mentalkesehatan otak

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved