Termasuk Tumor, Apa Saja Penyebab Lipoma? Ketahui Juga Gejalanya

Lipoma termasuk jenis tumor yang tumbuh di kulit
Meski termasuk tumor, lipoma umumnya tidak berbahaya.

Lipoma adalah benjolan lemak yang lunak dan tumbuh dibawah kulit karena pertumbuhan berlebih pada sel-sel lemak. Memiliki benjolan di kulit tentu bisa mengganggu penampilan dan mengkhawatirkan.Tapi tidak semuanya pasti membahayakan. Contohnya saja lipoma yang merupakan pertumbuhan jaringan lemak di bawah kulit.

Lipoma termasuk jenis tumor yang tumbuh di kulit, dan lazim terjadi. Benjolan lipoma dapat terjadi pada usia berapapun. Namun apa sebenarnya yang menyebabkan pertumbuhan benjolan ini?

[[artikel-terkait]]

Penyebab lipoma dan faktor risikonya

Hingga saat ini, penyebab lipoma tidak diketahui pasti. Wanita dan pria di usia lanjut lebih berisiko untuk mengalaminya, tepatnya pada usia 40 hingga 60 tahun.

Menurut para ahli, terjadinya lipoma dipengaruhi oleh faktor keturunan. Sebanyak dua pertiga orang yang mengalami lipoma menunjukkan adanya kelainan genetik.

Terkadang benjolan lipoma muncul setelah terjadi trauma. Penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan tumor dari lemak pada rentang waktu pascatrauma bisa menjadi dampak dari cedera pada jaringan lunak tubuh.

Selain keturunan dan trauma, ada pula beberapa kondisi yang bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami lipoma. Mulai dari kondisi adiposis dolorosa, sindrom Cowden, sindrom Gardner, penyakit Madelung, hingga kelebihan berat badan, penyakit hati, dan intoleransi terhadap glukosa.

Jenis lipoma tidak hanya satu!

Seluruh benjolan yang terbentuk dari sel lemak umumnya disebut sebagai lipoma. Terdapat beberapa jenis lipoma yang ditentukan dari penampakan pada pemeriksaan jaringan di bawah mikroskop. Beberapa variasi lipoma tersebut meliputi:

  • Lipoma konvensional. Jenis lipoma ini paling sering terjadi dan berasal dari lemak putih.
  • Hibernoma yang berasal dari lemak cokelat.
  • Fibrolipoma, yaitu benjolan yang terbentuk dari jaringan lemak bersama dengan jaringan ikat.
  • Angiolipoma yang terbentuk dari jaringan lemak bersama pembuluh darah.
  • Mielolipoma, yakni benjolan lipoma yang terdiri dari jaringan lemak dan sel-sel darah.
  • Lipoma atipikal yang terbentuk dari jaringan lemak lebih dalam dan disertai dengan banyak sel-sel.

Gejala benjolan lipoma

Berbagai tumor kulit dapat menyebabkan benjolan pada tubuh. Ciri-ciri lipoma dimulai dari benjolan kecil dan lunak. Leher, lengan, bahu, punggung, perut, dan paha termasuk bagian tubuh yang lebih sering menjadi lokasi tumbuhnya benjolan ini.

Umumnya, benjolan lipoma berukuran kurang dari 5 cm. Ketika disentuh, benjolan akan terasa kenyal dan bergerak-gerak saat terkena tekanan jari Anda. Benjolan juga akan tampak pucat dan memiliki pertumbuhan yang lambat.

Sebagian besar benjolan tidak terasa sakit, tapi bisa terasa nyeri bila lokasi pertumbuhannya mengenai saraf atau pembuluh darah. Jika sampai memicu rasa nyeri dan mengganggu pergerakan otot, benjolan tersebut perlu diangkat dengan proses operasi.

Karena penyebab lipoma belum diketahui, pencegahannya pun tidak bisa dipastikan. Oleh sebab itu, apabila Anda menemukan adanya benjolan pada tubuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter akan memastikan apakah benjolan tersebut tergolong tumor jinak seperti lipoma yang tidak berbahaya atau memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-is-a-lipoma#1
Diakses pada 3 Juni 2019

NCBI. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482343/
Diakses pada 3 Juni 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/lumps
Diakses pada 3 Juni 2019

OrthoInfo. https://www.orthoinfo.org/en/diseases--conditions/lipoma/
Diakses pada 3 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed