Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian INFJ yang Unik


Kepribadian INFJ berasal dari kata introverted, intuitive, feeling, dan judging. Ini merupakan salah satu dari 16 jenis tipe kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator. Kepribadian ini cukup langka.

(0)
11 Dec 2020|Azelia Trifiana
Mengenal kelebihan dan kekurang kepribadian INFJOrang dengan kepribadian INFJ cenderung idealis
Kepribadian INFJ berasal dari kata introverted, intuitive, feeling, dan judging. Ini merupakan salah satu dari 16 jenis tipe kepribadian dalam Myers-Briggs Type Indicator. Sesuai namanya, sosok INFJ memiliki idealisme dengan standar moral yang cukup tinggi.Tak hanya itu, sosok INFJ sangat menikmati berpikir tentang topik mendalam atau berkontemplasi mengenai makna kehidupan. Mereka sangat fokus pada masa depan. Salah satu kelebihan INFJ adalah sangat peka terhadap perasaan orang lain.

Kepribadian INFJ hanya dimiliki oleh 3% penduduk bumi

Dibandingkan dengan jenis kepribadian lainnya, INFJ termasuk yang paling langka. Disebut-sebut dari seluruh populasi manusia, hanya 1-3% yang memiliki kepribadian ini.

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari kepribadian INFJ adalah:
  • Lembut dan perhatian

Secara karakter, mereka adalah sosok yang lembut, kreatif, dan juga perhatian pada orang lain. Mereka punya kepekaan terhadap bagaimana perasaan sesama. Ini menjadi kelebihan INFJ jika dibandingkan dengan jenis kepribadian lainnya.
  • Mewujudkan idealisme

Memiliki idealisme tinggi adalah karakter utama dari INFJ. Pola pikirnya sangat idealis namun bukan hanya dalam konsep semata. Mereka tak segan mengaplikasikan idealisme dalam tiap tindakan yang dilakukan. Dari situlah mereka bisa membawa perubahan positif yang signifikan.
  • Intuitif

INFJ juga sangat intuitif, artinya bisa memahami sesuatu dan menyerap informasi lewat intuisi. Ini membuat mereka memiliki pehamaman emosional yang sangat baik. Sangat mudah bagi orang dengan karakter ini untuk membangun rasa empati kepada orang lain.
  • Dekat dengan orang lain

Meskipun secara alami mereka termasuk sosok introvert,namun jangan salah. Kepribadian INFJ sangat bisa membangun koneksi yang kuat dan bermakna dengan orang lain. Dengan senang hati mereka membantu orang lain yang membutuhkan. Namun di satu sisi, mereka perlu waktu dan ruang untuk recharge setelah berkomunikasi dengan orang lain.

Kelemahan

Datang satu paket dengan kelebihan, beberapa kekurangan dari sosok ini adalah:
  • Terlalu sensitif

Perpaduan idealisme tinggi dan empati kepada orang lain bisa membuat mereka terlalu sensitif. Hal ini bahkan bisa terbawa hingga saat pengambilan keputusan. Sebagian besar keputusan yang diambil akan lebih condong pada pertimbangan personal ketimbang fakta-fakta objektif.Dalam situasi yang genting, INFJ cenderung memprioritaskan emosi untuk mengambil keputusan. Tentu saja, keputusan ini berkaitan erat dengan menyenangkan orang lain.
  • Sukar ditebak

Sekilas mengenal sosok INFJ, wajar jika ada yang menganggap mereka sukar ditebak. Gemar berkontemplasi tentang makna kehidupan dan berbagai topik berat lainnya, mereka bisa tenggelam dalam pikirannya sendiri.Mereka hanya akan berbagi hal-hal internal terkait dirinya pada orang tertentu yang dirasa paling dekat dengannya. Tak lupa, bumbu idealisme tinggi membuat mereka tampak berbeda ketimbang orang lain.
  • Keras kepala

Di sisi lain, idealisme tinggi ini juga bisa membuat mereka memiliki ekspektasi tinggi. Kerap kali, ini disertai dengan sifat keras kepala. Mengingat semua idenya datang dari pemikiran yang matang, tentu tidak mudah membelokkan atau mengarahkannya ke hal berbeda.Sosok INFJ akan fokus pada pemikiran dalam dirinya sendiri. Ketika sudah terbentuk sebuah konsep, maka mereka akan berpegang teguh pada hal itu. Celah untuk menerima gambaran lain bisa saja tertutup. Inilah yang membuat mereka kerap dianggap keras kepala.
  • Menghindari konfrontasi

Sama seperti sosok introvert lain yang perlu energi lebih saat berinteraksi langsung dengan orang lain, INFJ lebih memilih menghindari konflik atau konfrontasi langsung. Mereka tidak suka itu. Sayangnya, ini bisa berarti mengulur waktu tercapainya sebuah solusi.
  • Abai dengan emosinya sendiri

Sebagai sosok yang peka, sayangnya mereka terkadang justru kurang sadar dengan emosinya sendiri. Dari sinilah mereka merasa kesulitan untuk berkata tidak terhadap permintaan orang lain. Mereka sangat memprioritaskan perasaan orang lain sehingga takut penolakan akan membuat mereka kecewa atau sakit hati.Sosok tersohor dengan kepribadian INFJ di antaranya adalah Oprah Winfrey, psikoanalis Carl Jung, Taylor Swift, hingga Martin Luther King Jr. Mengusung nilai-nilai idealisme yang bermakna, bisa jadi lingkaran pertemanannya tidak terlalu besar. Namun, orang-orang terdekatnya sangat mengenalnya dan bisa langgeng berteman dengan mereka.

Untuk karir, performa INFJ bisa sangat baik pada bidang yang membutuhkan kreativitasnya. Mengingat mereka menjunjung tinggi idealisme, maka pekerjaan yang selaras dengan ini sangat baik. Jenis karirnya bisa berupa seniman, musisi, konselor, psikolog, penulis, dan guru.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kepribadian INFJ serta lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalmenjaga kesehatanpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/infj-introverted-intuitive-feeling-judging-2795978
Diakses pada 27 November 2020
16 Personalities. https://www.16personalities.com/infj-personality
Diakses pada 27 November 2020
Human Metrics. http://www.humanmetrics.com/personality/infj
Diakses pada 27 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait