Termasuk Gejala Depresi, Rasa Putus Asa Perlu Segera Ditangani

(0)
24 Jun 2020|Salis Annisa
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Rasa putus asa termasuk gejala depresi yang tidak boleh dibiarkanIlustrasi seorang wanita yang tengah putus asa
Putus asa merupakan salah satu gejala dari depresi. Jika tidak diatasi dengan baik, perasaan ini tidak hanya dapat mengganggu aktivitas, tapi juga dapat mengarah kepada tindakan yang membahayakan diri.Putus asa bisa terjadi ketika seseorang merasa bahwa hidupnya kacau dan keadaan yang ia hadapi tidak dapat ia kendalikan. Pada kondisi ini, Anda mungkin akan sulit untuk berpikir jernih, tidak tahu apa yang perlu dilakukan, dan dibanjiri dengan emosi.Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, putus asa adalah salah satu dari gejala umum dari depresi. Adapun gejala lain yang mungkin muncul saat Anda mengalami depresi adalah sebagai berikut.
  • Tidak bersemangat menjalani hari
  • Hilang nafsu makan
  • Mudah tersinggung atau marah
  • Perubahan pola tidur, baik tidur terlalu lama atau insomnia
  • Tidak bertenaga
  • Timbulnya perilaku ceroboh
  • Mengalami masalah untuk berkonsentrasi
  • Timbul nyeri di beberapa bagian tubuh
  • Membenci diri sendiri.
Sebagai bagian dari depresi, kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat memicu beragam masalah yang berbahaya, seperti penyakit jantung koroner atau stroke hingga ancaman bunuh diri.

Cara mengatasi putus asa

Ketika mengalami putus asa, seseorang biasanya merasa kehilangan harapan, menderita, dan larut dalam kesedihan. Orang-orang yang mengalami masalah ini mungkin tetap dapat beraktivitas sebagaimana biasanya, namun mereka tidak merasakan adanya kebahagiaan dalam hidup.Agar kondisi ini tidak semakin larut, penting bagi Anda mengetahui berbagai cara yang bisa mengatasi masalah ini

1. Tenangkan diri Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menenangkan diri Anda. Salah satunya dengan melatih pernapasan. Hirup udara melalui hidung sambil menutup mata dan tahan selama lima detik, lalu buang perlahan melalui mulut Anda.

2. Lakukan sesuatu yang bisa menjernihkan pikiran Anda

Setelah pikiran Anda tenang, lakukanlah sesuatu untuk menjernihkan pikiran dan mengistirahatkan diri Anda sejenak. Contohnya keluar rumah, merenggangkan badan, memelihara binatang, atau kegiatan lainnya yang dapat membuat mood Anda sedikit lebih baik.

3. Jangan lari dari perasaan Anda

Cobalah untuk mengenali perasaan yang Anda rasakan dan beranikan diri untuk menghadapinya. Jangan lari dari masalah tersebut. Ingatlah bahwa masalah tidak akan berlalu jika Anda kabur begitu saja.

4. Bicarakan perasaan Anda dan ambil keputusan

Pada saat putus asa, Anda mungkin merasa tidak tahu harus berbuat apa. Meski begitu, cobalah untuk membicarakan hal ini kepada kerabat yang Anda percayai atau psikolog. Selain dapat membuat Anda merasa lebih lega, orang-orang tersebut mungkin dapat membantu Anda menemukan jalan keluar.Buatlah keputusan untuk membuat perubahan sesuai dengan keluar tersebut dan lakukan perubahan tersebut secara konsisten. Pasalnya, membuat komitmen dan menjaganya dapat membantu mengikis rasa putus asa yang Anda alami.

5. Terima hal yang tidak bisa Anda ubah

Ada beberapa kondisi yang mungkin bisa Anda ubah menjadi lebih baik, tapi ada pula yang tidak bisa ubah. Menerima kenyataan bahwa Anda tidak dapat melakukan apa pun terhadap hal tersebut juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa putus asa.Tuliskan beberapa hal di atas untuk membantu Anda mengingatnya kembali. Anda juga dapat mengingatkan diri mengenai hal ini secara rutin untuk membuat Anda semakin sadar dan menerima dengan kondisi saat ini.

6. Mulailah berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin. Pasalnya, olahraga dapat membantu Anda mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membuat suasana hati Anda membaik.Selain itu, olahraga juga memberikan manfaat jangka panjang bagi penderita depresi, di mana olahraga secara teratur dapat mendorong otak untuk menjadi lebih positif. Jadi, cobalah untuk menjadikan olahraga sebagai salah satu kegiatan harian Anda.Itulah beberapa hal mengenai putus asa dan cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Ingatlah bahwa selalu ada jalan keluar untuk masalah Anda, sekalipun ketika Anda merasa berada di jalan buntu.Mulailah dengan menenangkan pikiran Anda dan jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan. Jika ada beberapa yang tidak bisa Anda ubah, cobalah untuk menerima kenyataan dan jangan biarkan Anda kalah dengan perasaan putus asa tersebut.
depresi
Psychcentral
https://blogs.psychcentral.com/your-life/2016/05/10-steps-to-overcoming-frustration/
Diakses 14 Juni
Helpguide
https://www.helpguide.org/articles/depression/depression-symptoms-and-warning-signs.htm
Diakses 14 Juni
Webmd
https://www.webmd.com/depression/guide/untreated-depression-effects#1-2
diakses14 Juni
Health link bc
https://www.healthlinkbc.ca/health-topics/aa129092
Diakses 14 juni
Wellness Centre Australia
https://wellness-centre.com.au/despair-vs-depression-knowing-the-difference/
Diakses 14 Juni
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait