Ini Cara Mengobati Eksim yang Mudah Dilakukan di Rumah

(0)
30 Jul 2019|Armita Rahardini
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengobati eksim salah satunya adalah memakai salep pelembapSelain muncul ruam, penyakit kulit eksim juga bisa terasa gatal
Sampai sekarang, penyebab penyakit kulit eksim belum diketahui secara pasti. Jenis eksim yang paling sering terjadi adalah eksim atopik, yang dikenal juga dengan istilah dermatitis atopik.Gejala eksim atopik umumnya berupa kulit gatal dan iritasi. Meski mirip, gejala eksim atopik bukanlah reaksi alergi. Faktor keturunan dan pengaruh lingkungan kerap dituding sebagai pemicunya. 

Cara menangani penyakit kulit eksim yang kambuh

Penyakit kulit eksim tidak bisa disembuhkan secara total. Gejala-gejalanya bisa menghilang, tapi suatu saat bisa kambuh kembali bila ada pemicunya.Saat kambuh, cara-cara berikut ini mungkin bisa Anda lakukan di rumah sebagai tindakan penanganan:
Mandi membersihkan kulit dan dapat mencegah eksim muncul

1. Mandi

Memang ada yang mengatakan bahwa sering mandi justru membuat kulit kering. Ada juga yang mengemukakan bahwa mandi akan menjaga kelembapan kulit karena mencegah penguapan kandungan air di kulit. Untuk penderita penyakit eksim kulit, disarankan untuk mandi setidaknya satu kali dalam sehari. Manfaat mandi adalah membersihkan kulit dari pemuci alergi (alergen) dan bahan iritan kulit, sekaligus menghidrasi kulit.

2. Perhatikan produk perawatan yang digunakan

Meski mandi sangat dianjurkan bagi pengidap eksim, perhatikan juga sabun yang digunakan. Pilihlah sabun mandi dengan kandungan kimia yang ringan atau sabun dari bahan aktif alami. Dengan ini, sabun tidak menimbulkan iritasi atau menjadi pemicu kemunculan eksim. Demikian pula dengan pelembap yang digunakan. Pastikan produk ini tidak mengandung bahan kimia yang keras maupun parfum.Usapkan losion atau krim pelembap pada kulit segera setelah keluar dari kamar mandi. Berdasarkan beberapa penelitian, kelembapan kulit akan lebih terjaga jika pelembap digunakan saat kulit masih agak basah sehabis mandi. Apa alasannya?Pasalnya, losion dan krim pelembap akan membantu dalam menyimpan air di kulit. Walau begitu, tetap rajin-rajinlah mengoleskan pelembap kulit sepanjang hari untuk menjaga tingkat hidrasinya.
Mengoleskan minyak membantu melembabkan kulit saat eksim terjadi

3. Mengoleskan minyak alami sebagai pelembap

Beberapa minyak alami atau minyak esensial memiliki khasiat menjaga kelembapan kulit, serta mengurangi gatal. Oleh sebab itu, minyak ini cukup efektif digunakan untuk meredakan gejala eksim. Beberapa jenis minyak alami yang bisa Anda gunakan meliputi:
  • Minyak kelapa, terutama jenis murni (virgin coconut oil). Oleskan langsung ke area yang terkena penyakit kulit eksim untuk melembapkan kulit yang kering.
  • Minyak bunga matahari yang berkhasiat meningkatkan kemampuan lapisan pelindung kulit serta mengurangi peradangan dan kemerahan kulit. Penggunaannya sama seperti minyak kelapa, yaitu dioleskan ke ruam kulit.
  • Cardiospermum. Ekstrak tanaman ini biasanya tersedia dalam bentuk gel, dan bisa mengurangi peradangan, rasa gatal, serta bakteri yang ada di permukaan kulit.

4. Mengubah pola makan

Beberapa makanan diketahui dapat memicu kambuhnya penyakit eksim. Misalnya saja seperti telur dan susu sapi yang dapat memicu gejala eksim. Memang konsumsi keduanya tidak dapat dihentikan begitu saja karena dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalsium, kalori, dan protein pada tubuh.Terutama pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jadi, jika eksim terjadi biasanya orangtua perlu berkonsultasi dengan dokter gizi mengenai pola makan yang baik untuk anaknya agar tidak memicu penyebab eksimnya untuk kambuh kembali. 

5. Mengenakan perban atau penutup kulit

Dalam beberapa kasus eksim, dokter mungkin akan menyarankan pasien untuk menutupi area kulit yang terinfeksi dengan perban medis, kain, atau penutup kulit yang dapat membuat area tersebut terjaga kelembapannya.Perban dan penutup kulit ini dapat dibarengi dengan penggunaan kortikosteroid atau pelembap untuk mencegah kulit tidak sengaja tergaruk atau tergores. Sehingga, bagian kulit tersebut menjadi lebih cepat sembuh dari eksim.Selain melakukan perawatan di atas, penderita penyakit kulit eksim juga mesti berusaha mengenali apa yang menjadi pemicu eksimnya kambuh. Setelah terdeteksi, pemicu tersebut harus dihindari sebisa mungkin. Bila perlu, konsultasikan juga ke dokter agar penanganan bisa lebih optimal.
penyakit kulitruam kulitdermatitiseksim atopik
WebMD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/eczema-causes#1
Diakses pada 17 Juli 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323493.php
Diakses pada 17 Juli 2019
National Eczema Association. https://nationaleczema.org/alternative-treatments/
Diakses pada 17 Juli 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait