Terkandung Dalam Buah-buahan Sitrus, Intip Manfaat Senyawa Hesperidin Ini

(0)
26 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hesperidin adalah senyawa bioflavonoid yang terkandung dalam buah sitrus seperti jerukJeruk, lemon, dan jeruk nipis mengandung senyawa antioksidan yang disebut hesperidin
Jika mengonsumsi buah sitrus seperti jeruk, nutrisi yang mungkin paling Anda cari adalah vitamin C. Padahal, buah sitrus juga mengandung senyawa lain yang diyakini bermanfaat untuk kesehatan, seperti hesperidin. Kenali manfaat hesperidin yang juga tersedia dalam bentuk suplemen.

Mengenal apa itu hesperidin

Hesperidin adalah senyawa alami bioflavonoid yang khas terkandung dalam buah-buahan sitrus. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan anti-peradangan sehingga diyakini dapat bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa buah yang mengandung hesperidin termasuk jeruk, lemon, grapefruit, dan tangerin. Senyawa ini juga tersedia dalam bentuk suplemen yang bisa Anda konsumsi. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum konsumsi suplemen hesperidin.

Manfaat hesperidin untuk kesehatan

Sebagai senyawa yang alami terkandung dalam buah-buah sitrus, hesperidin menawarkan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Memelihara kesehatan jantung

Konsumsi buah-buah sitrus telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Terkait efek hesperidin, senyawa ini berpotensi untuk memelihara kesehatan jantung – walau hasil riset yang ditemukan masih bercampur.Misalnya, sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan, konsumsi harian jus jeruk atau minuman hesperidin membantu menurunkan tekanan darah diastolik dan meningkatkan fungsi endothelium (selaput yang melapisi bagian dalam jantung dan pembuluh darah).  Tak hanya itu, suplemen hesperidin juga diyakini bermanfaat untuk orang yang menderita serangan jantung.Studi-studi lanjutan diperlukan untuk menguatkan manfaat hesperidin untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pasalnya, riset lain melaporkan dosis single hesperidin tidak ditemukan mengurangi penanda risiko penyakit jantung.

2. Menjaga fungsi kognitif pada orang usia lanjut

Mengonsumsi hesperidin secara rutin akan menjaga fungsi kognitif lansia
Hesperidin bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif pada lansia
Rutin konsumsi  sumber bioflavonoid seperti hesperidin diyakini membantu menjaga fungsi kognitif pada orang usia lanjut. Dalam sebuah riset yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, fungsi kognitif responden menjadi meningkat secara signifikan setelah delapan minggu konsumsi jus yang kaya bioflavonoid -  dibandingkan dengan delapan minggu konsumsi rendah bioflavonoid.

3. Berpotensi untuk meredakan ambeien

Suplemen kombinasi bioflavonoid diyakini dapat membantu menangani hemoroid atau ambeien. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2015, sebanyak 134 responden penderita hemoroid akut dibagi menjadi dua kelompok; kelompok pertama ditangani dengan kombinasi bioflavonoid (hesperidin/diosmin/troxerutin) dan kelompok kedua ditangani secara plasebo selama 12 hari.Responden yang mengonsumsi bioflavonoid berhasil mengalami penurunan gejala seperti rasa sakit dan perdarahan. Pasien yang mengalami pembengkakan dan trombosis juga berkurang dengan signifikan.

Peringatan dan efek samping dari konsumsi suplemen hesperidin

Hesperidin berisiko menimbulkan efek samping tertentu. Efek samping tersebut, misalnya:Terkait interaksi obat, suplemen hesperidin berisiko berinteraksi dengan obat-obatan seperti obat tekanan darah dan calcium channel blocker. Suplemen senyawa ini juga berisiko berinteraksi dengan obat antikoagulan dan antiplatelet karena dapat memengaruhi pembekuan darah dan meningkatkan risiko perdarahan. Pasien yang menderita penyakit perdarahan harus menghindari konsumsi suplemen hesperidin. Begitu pula dengan pasien yang hendak atau baru saja menjalani operasi dalam kurun waktu 2 minggu, suplemen hesperidin juga tak bisa dikonsumsi.Pada akhirnya, seperti suplemen lain, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen hesperidin. Konsumsi hesperidin dari sumber aslinya seperti buah sitrus tentu jauh lebih baik dibandingkan suplemen.

Catatan dari SehatQ

Hesperidin adalah senyawa bioflavonoid yang terkandung dalam buah-buahan sitrus. Senyawa ini menawarkan beberapa manfaat kesehatan sehingga tersedia dalam bentuk suplemen. Namun, seperti anjuran dalam konsumsi suplemen, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya.
jus jeruksuplemenperadanganantioksidan
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/hesperidin
Diakses pada 13 Agustus 2020
Springer Link. https://link.springer.com/article/10.1007/s10151-015-1302-9
Diakses pada 13 Agustus 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/what-you-need-to-know-about-hesperidin-89462
Diakses pada 13 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait