Teripang Emas, Si Timun Laut dengan Segudang Manfaat Kesehatan

Teripang emas ternyata punya manfaat bagi kesehatan
Wujud teripang emas dalam lautan

Sumber protein yang berasal dari lautan bukan hanya ikan dan udang, namun juga dari biota laut lainnya seperti teripang emas. Nah, apakah Anda mengetahui apa saja manfaat teripang ini?

Teripang emas (Stichopus hermanii) adalah jenis teripang yang kaya akan antioksidan. Di dalamnya, terdapat glikosaminoglikan, seperti heparan sulfat dan chondroitin sulfat, yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Berselancarlah di dunia maya, maka Anda akan menemukan banyak suplemen yang mengandung teripang emas ini. Suplemen tersebut dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, mulai dari mengobati amandel hingga penyakit jantung. Benarkah demikian?

Kandungan dan manfaat teripang emas yang sebenarnya

Teripang merupakan binatang laut yang datang dari kelas Holothuroidea dan terdiri ratusan spesies, salah satunya teripang emas. Pada umumnya, teripang memiliki nilai gizi yang baik bagi manusia, seperti protein, niacin, riboflavin, chondroitin sulfate, cairan coelomic, asam palmitic, stearic, dan linoleic, squalene, hingga triterpenoid.

Berdasarkan kandungan tersebut, berikut beberapa manfaat teripang bagi kesehatan manusia:

  • Melawan sel kanker

Manfaat teripang ini diddapat dari kandungan triterpene diglikosida yang ditemukan dalam teripang emas asal Vietnam. Kandungan ini terbukti dapat melawan lima jenis sel kanker, di antaranya kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kulit.

Meskipun demikian, klaim tersebut masih berdasarkan penelitian awal di laboratorium. Penelitian lanjutan masih diperlukan untuk benar-benar memastikan potensi teripang emas yang dapat memiliki dampak besar bagi kesehatan manusia ini.

  • Menghambat pertumbuhan bakteri jahat

Beberapa tes di laboratorium memperlihatkan bahwa kandungan dalam teripang emas memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat, seperti E. coli, S. aureus, dan S. typhi. Ketiga bakteri ini dapat mengakibatkan munculnya masalah kesehatan tertentu pada tubuh manusia.

Penelitian lain juga menemukan bahwa konsumsi teripang emas dalam bentuk agar-agar juga dapat mengatasi Candida albicans. Jamur yang satu ini dapat mengakibatkan infeksi pada kulit, terutama saat sistem imun Anda tengah lemah.

  • Menyehatkan hati dan jantung

Manfaat teripang lainnya dipercaya dapat menurunkan tekanan darah yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada jantung. Berbeda dengan makan makanan laut yang biasanya membuat Anda khawatir kadar kolesterol meningkat, konsumsi teripang emas justru diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol total di dalam darah.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Konsumsi ekstrak teripang emas 40 persen terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka traumatis, terutama pada mulut. Kandungan pada teripang mampu meningkatkan produksi limfosit yang berperan penting dalam proses penymbuhan tersebut.

Perlu diingat bahwa manfaat teripang emas di atas baru sebatas klaim berdasarkan penelitian awal. Jika Anda memiliki keluhan terkait penyakit-penyakit di atas, pengobatan medis lewat dokter yang kompeten sebaiknya tetap menjadi pilihan utama Anda.

Jangan berlebihan saat mengonsumsi teripang emas

Mengingat kandungan gizinya yang tinggi, teripang emas memang berpotensi mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Namun, konsumsi makanan laut ini juga tidak boleh berlebihan karena dikhawatirkan menimbulkan masalah kesehatan, seperti:

  • Alergi, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat alergi makanan laut.
  • Pendarahan, pasalnya teripang mengandung zat antikoagulan yang dapat mengencerkan darah. Oleh karena itu, konsumsi teripang sebaiknya dihindari bila Anda tengah minum obat pengencer darah, contohnya yang mengandung warfarin atau clopidogrel

Mengingat dua risiko di atas, Anda sebaiknya menghindari minum suplemen teripang emas sebelum melakukan operasi besar. Ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak makan teripang maupun meminum suplemen yang mengandung timun laut ini karena efeknya untuk janin dan bayi belum diketahui.

Hentikan konsumsi teripang atau suplemennya jika Anda mengalami memar, mimisan, atau keluarnya darah yang tak kunjung berhenti. Meski suplemen teripang emas banyak dijual bebas, Anda sebaiknya tidak sembarang mengonsumsinya jika tidak ada indikasi medis apa pun, apalagi bila dokter Anda tidak menyarankannya.

Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/305197417_The_effects_of_golden_sea_cucumber_extract_Stichopus_hermanii_on_the_number_of_lymphocytes_during_the_healing_process_of_traumatic_ulcer_on_wistar_rat's_oral_mucous
Diakses pada 10 Maret 2020

Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-sea-cucumber-89613
Diakses pada 10 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sea-cucumber
Diakses pada 10 Maret 2020

Artikel Terkait