Inilah Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan yang Ampuh dan Efektif

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan dapat dilakukan dengan olahraga dan menyusui.
Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Masalah perut yang melebar setelah melahirkan banyak dikeluhkan oleh para ibu. Apalagi jika melihat para artis yang umumnya kembali langsing dengan begitu cepat setelah melahirkan, kadang membuat iri banyak orang.

Lain halnya dengan rahim yang akan mengecil sendiri, butuh usaha ekstra dalam mengecilkan perut setelah melahirkan agar kembali ke bentuk semula. Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut pascamelahirkan yang efektif?

Apakah perut akan mengecil setelah melahirkan?

Butuh waktu bagi tubuh, terutama perut, untuk kembali ke ukuran semula setelah melahirkan. Seiring berjalannya waktu, perubahan hormon pascamelahirkan akan membuat ukuran perut berkurang. Hormon ini adalah oksitosin.

Setelah melahirkan, hormon oksitosin akan keluar untuk mengecilkan ukuran rahim sehingga perut akan ikut mengecil. Hormon ini muncul ketika ibu menyusui bayinya dan ketika ia sedang dekat dengan sang bayi.

Banyaknya lemak juga akan terbakar setiap kali Anda berolahraga dan menyusui, apalagi jika proses menyusui dilakukan secara eksklusif. Semua proses ini memakan waktu yang cukup banyak.

Oleh sebab itu, Anda harus bersabar dalam menunggu prosesnya. Mengecilnya perut setelah melahirkan juga bergantung pada beberapa faktor, di antaranya:

  • Bentuk dan ukuran tubuh sebelum kehamilan
  • Kenaikan berat badan selama kehamilan
  • Seberapa aktif ibu bergerak
  • Genetik.

Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan cepat. Apa saja, ya?

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengecilkan perut setelah melahirkan, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Berikut beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa Anda coba:

1. Jangan lakukan diet

Mungkin terdengar aneh, tetapi melakukan diet justru dapat menambah berat badan pascakehamilan. Pada dasarnya, ibu menyusui membutuhkan asupan banyak nutrisi untuk mencukupi kebutuhan ASI harian bayi. Rasa lapar akibat diet justru akan menimbulkan stres yang akan meningkatkan nafsu makan.

Akibatnya, berat badan akan bertambah jika Anda memenuhi hasrat tersebut. Solusinya, konsumsi makanan dalam porsi dan gizi seimbang. Siapkan camilan sebagai penunda lapar dan penambah energi sepanjang hari. Potongan apel, wortel, atau biskuit gandum bisa jadi pilihan tepat.

2. Penuhi kebutuhan nutrisi harian

Ibu yang baru saja melahirkan atau ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi tinggi. Konsumsi makanan padat nutrisi namun rendah lemak dan kalori, seperti:

  • Ikan salmon, tuna, atau sarden. Ketiga jenis ikan ini kaya akan DHA dan asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk menunjang perkembangan otak dan sistem saraf bayi.
  • Susu dan yogurt. Kalsium yang terkandung di dalamnya sangat penting untuk menjaga tulang tetap kuat.
  • Daging tanpa lemak, ayam, dan kacang-kacangan rendah lemak yang kaya serat serta protein. Jenis makanan ini akan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Menyusui

Salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan adalah dengan menyusui. Menyusui dapat membakar sebanyak 200-500 kalori setiap harinya. Selain itu, kekebalan tubuh bayi juga akan meningkat ketika mendapatkan asupan ASI eksklusif.

4. Minum banyak air

Minum air putih secara teratur sebanyak 8 gelas per hari akan menghindarkan Anda dari bahaya dehidrasi. Selain itu, minum air juga dapat memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak pun dapat berjalan optimal. Ini merupakan cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang tergolong sangat aman dan murah.

5. Berolahraga

Berolahraga menjadi salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang harus dilakukan. Beberapa jenis olahraga, seperti senam aerobik dan angkat beban ringan, berperan penting dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Selain efektif untuk membakar kalori, olahraga juga membantu menjaga otot dan tulang tetap kuat. Bagi Anda yang melahirkan secara caesar, konsultasikan kepada dokter terkait jenis olahraga yang boleh dilakukan.

6. Istirahat dengan cukup

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ibu yang tidur selama lima jam atau kurang setiap malam cenderung sulit menurunkan berat badan daripada yang tidur selama tujuh jam. Jadi, manfaatkan setiap kesempatan istirahat yang Anda miliki untuk mendapatkan cukup tidur.

7. Menggunakan korset

Menggunakan korset dianggap dapat membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Sayangnya, hal ini belum dapat dibuktikan secara medis. Namun, jika korset bisa membantu meringankan rasa nyeri pascapersalinan sehingga ibu dapat bergerak lebih aktif, maka ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Penggunaan korset setelah melahirkan bukan suatu kewajiban. Bahkan wanita melahirkan secara caesar justru tidak diperbolehkan menggunakan korset dulu karena dapat menghambat aliran darah sehingga penyembuhan luka lebih lama.

Kenakanlah korset jika Anda memang merasa nyaman dan perut terasa mengecil setelah mengenakannya. Akan tetapi, sebaiknya mintalah saran dokter mengenai penggunaan korset yang aman bagi Anda.

8. Meminta bantuan

Tidak ada salahnya untuk meminta dokter gizi atau ahli diet untuk membantu Anda mengecilkan perut setelah melahirkan. Dokter biasanya akan membantu menyusun pola makan ideal, merekomendasikan jenis olahraga terbaik, hingga memberikan target berat badan ideal.

Ketika Anda berusaha mengecilkan perut setelah melahirkan, jangan sampai waktu Anda merawat bayi jadi terganggu. Ingatlah untuk tetap memprioritaskan kebutuhan bayi Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/8-tips-for-losing-weight-after-pregnancy
Diakses pada Oktober 2018

Medlineplus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000586.htm
Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait