Terapkan Cara-Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami ini!

pola hidup sehat membantu menurunkan kolesterol
Menurunkan kolesterol secara alami dengan pola hidup sehat

Kolesterol penting bagi tubuh, tetapi kolesterol yang tinggi sering disangkutpautkan dengan penyakit jantung, salah satunya adalah serangan jantung. Namun, bagaimana tingkat kolesterol yang tinggi memicu serangan jantung?

Kaitan kadar kolesterol tinggi dan serangan jantung

Serangan jantung timbul karena terhalangnya peredaran darah yang mengandung oksigen ke jantung. Terhalangnya aliran darah diakibatkan oleh penumpukan kolesterol dan zat-zat lainnya di pembuluh darah arteri.

Salah satu hal yang memicu penumpukan tersebut adalah kadar kolesterol yang tinggi yang pada akhirnya menempel pada dinding pembuluh darah arteri dan menyebabkan terhalang dan terhambatnya aliran darah.

Penyumbatan tersebut mengurangi asupan oksigen dan darah ke jantung yang menimbulkan gejala sakit di dada. Pada akhirnya jika suplai oksigen dan darah ke jantung benar-benar terpotong, maka serangan jantung akan dirasakan.

Meski demikian, kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh. Kadar kolesterol total yang dianggap normal adalah dibawah 200 mg/dL dan kolesterol baik (LDL) di atas 60 mg/dL/

Pola makan sehat sebagai dasar dari cara menurunkan kolesterol secara alami

Tubuh memproduksi sendiri kolesterol yang dibutuhkan, sebenarnya tidak dibutuhkan kolesterol dari makanan terlalu banyak. Karenanya, pola makan sehat berupa tidak mengonsumsi lemak trans dan mengurangi lemak tersaturasi akan mampu memberikan efek yang signifikan sebagai cara menurunkan kolesterol secara alami.

Lemak trans berpotensi meningkatkan kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh. Lemak trans bisa dijumpai dalam margarin, kue kering, dan cemilan-cemilan di supermarket. Serupa dengan lemak trans, lemak tersaturasi juga mampu menimbulkan kenaikan kolesterol dalam tubuh.

Lemak tersaturasi umumnya ditemukan pada daging merah dan produk susu yang tinggi lemak. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi lemak tidak tersaturasi yang menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, salah satu contoh lemak tidak tersaturasi adalah asam lemak omega-3.

Beberapa makanan yang tinggi lemak tidak tersaturasi adalah kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, salmon, dan sebagainya. Selain fokus ke makanan yang mengandung lemak tidak tersaturasi, Anda juga perlu mengonsumsi serat yang larut dalam air.

Serat yang larut dalam air mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Anda dapat menemukan serat yang larut dalam air pada kacang merah, apel, pir, oatmeal, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Cara menurunkan kolesterol secara alami lainnya

Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi mampu mencegah Anda dari serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Pola makan sehat juga perlu didukung dengan pergantian pola hidup sehat lainnya, berupa:

  • Turunkan berat badan

Suatu penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa penurunan berat badan jangka panjang mempengaruhi metabolisme tubuh terhadap kolesterol. Penurunan berat badan meningkatkan penyerapan kolesterol baik dan mencegah pembentukan kolesterol jahat.

Pantau kalori Anda dan bakar kalori berlebih dengan menambah aktivitas sehari-hari, seperti menggunakan tangga dan bukan lift ataupun berjalan kaki menuju rumah, dan sebagainya.

  • Berolahraga

Berolahraga tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Tidak hanya berpengaruh terhadap tingkat kolesterol, olahraga juga meningkatkan kesehatan fisik.

Olahraga yang direkomendasikan adalah 30 menit per hari sebanyak lima kali dalam seminggu atau 20 menit per hari sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk olahraga yang berat.

Sebelum memulai olahraga, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter. Tidak sempat berolahraga? Tingkatkan saja aktivitas fisik yang dilakukan, seperti bersepeda ke kantor, memarkir mobil di tempat yang agak jauh, atau berjalan-jalan saat waktu istirahat kantor.

  • Berhenti merokok

Merokok tidak hanya merusak kesehatan, tetapi tar dalam rokok dapat menyebabkan kolesterol dalam tubuh sulit untuk diedarkan oleh darah ke organ hati. Hal ini mempercepat penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Risiko penyakit jantung dan kerusakan akibat rokok bisa dicegah dan dihentikan dengan mulai berhenti merokok.

  • Batasi konsumsi alkohol

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi alkohol yang tidak berlebihan mampu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Melalui penelitian tersebut, ditemukan bahwa alkohol membantu meningkatkan peredaran kolesterol ke organ hati untuk dimetabolisme, karenanya kolesterol pada dinding pembuluh darah bisa dilepas untuk dibawa ke organ hati.

Akan tetapi, konsumsi alkohol yang berlebih meningkatkan risiko stroke, tekanan darah tinggi, dan gagal jantung. Sebaiknya konsumsi maksimal dua minuman beralkohol untuk pria dan satu minuman beralkohol untuk wanita.

American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/fats/saturated-fats
Diakses pada 31 Mei 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lower-cholesterol#section9
Diakses pada 31 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/reduce-cholesterol/art-20045935
Diakses pada 31 Mei 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-attack/symptoms-causes/syc-20373106
Diakses pada 31 Mei 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11734581
Diakses pada 31 Mei 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21940598
Diakses pada 31 Mei 2019

WebMD. https://www.webmd.com/heart-disease/guide/heart-disease-lower-cholesterol-risk#1
Diakses pada 31 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed