Flu Lebih Parah di Pria, Terapkan 6 Cara Mengatasi Flu Ini

Fakta menunjukkan influenza kerap kali lebih parah di pria, tetapi ada cara mengobati flu tanpa obat
Meski influenza lebih parah menyerang pria, tetapi ada cara mengobati flu tanpa obat

Flu atau influenza biasanya tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan obat flu ataupun cara mengatasi flu yang alami. Akan tetapi efek dari influenza yang menyebalkan, seperti demam, batuk, bersin dan sebagainya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

[[artikel-terkait]]

6 Cara mengatasi flu tanpa obat

Bersin-bersin karena flu umumnya tidak memerlukan bantuan dari dokter dan dapat diatasi sendiri di rumah. Daripada pergi ke apotek, Anda bisa mencoba terlebih dahulu bahan-bahan alami untuk mengatasi flu yang dialami.

campuran teh madu dan lemon

1. Campuran teh, madu, dan lemon

Saat sedang flu, Anda perlu mengonsumsi banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Salah satu minuman yang berfungsi tidak hanya sebagai pencegah dehidrasi, tetapi juga sebagai cara mengatasi flu adalah campuran teh, madu, dan lemon.

Madu dan lemon tidak hanya meningkatkan asupan vitamin, tetapi juga melegakan sakit tenggorokan dan batuk yang dialami.

2. Makanan yang mengandung beta-glucan

Beta-glucan merupakan zat gula yang bisa ditemukan di beberapa jamur, ganggang laut, tanaman, dan sebagainya. Kandungan beta-glucan bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun dan menangkal influenza, pilek, dan sebagainya.

Makanan-makanan yang mengandung beta-glucan adalah jelai (barley), gandum (oat), ragi, sereal, dan beberapa jamur.

3. Salep mentol atau minyak eukaliptus

Salep mentol dan minyak eukaliptus atau yang dikenal sebagai minyak kayu putih bisa membantu untuk melonggarkan penyumbatan di hidung Anda.

Caranya mudah, taruhlah minyak atau salep pada tisu atau kain, kemudian angkat tisu atau kain yang sudah dituangkan minyak atau salep di dekat mulut dan hidung Anda. Hiruplah aroma salep atau minyak dari tisu atau kain beberapa kali dalam sehari.

4. Probiotik

Probiotik yang ditemukan dalam yogurt tidak hanya berefek untuk melancarkan pencernaan, tetapi juga meningkatkan sistem imun tubuh. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi probiotik sebelum Anda terkena influenza.

Ketika ingin mengonsumsi produk yang mengandung probiotik, pastikan bahwa produk probiotik yang dipilih memiliki kandungan bakteri Bifidobacterium dan Lactobacillus. Konsumsi produk probiotik sesuai dengan takaran yang diberikan.

bawang putih

5. Bawang putih

Bawang putih yang menambah keharuman dan cita rasa masakan memiliki kandungan antivirus dan antibakteri yang dapat menjadi cara mengatasi flu.

Selain mencampurkan bawang putih dalam masakan, Anda bisa langsung memakannya secara mentah. Namun, jangan mengonsumsi bawang putih ketika Anda memiliki alergi bawang putih.

6. Buah beri

Tidak hanya vitamin C yang meningkatkan sistem imun, buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, juga mengandung polifenol yang memiliki kandungan antivirus. Hal ini membuat buah beri bisa digunakan sebagai cara mengatasi flu. 

Sudah pernahkah Anda mencoba makanan-makanan ini untuk menyembuhkan flu? Kalau belum, cobalah dan buktikan khasiatnya!

Influenza lebih parah di pria

Cara mengatasi flu secara cepat diperlukan oleh para kaum pria, karena gejala influenza pada pria lebih parah daripada wanita.

Penelitian di tahun 2017 yang berjudul The Science Behind "Man Flu" mendapati sebuah temuan menarik bahwa pria mengalami efek dari influenza lebih parah daripada wanita karena memiliki sistem imun terhadap virus yang menyerang pernapasan yang lebih lemah. Namun memang masih diperlukan studi lebih lanjut untuk meyakinkan hal ini.

Influenza pada pria tentunya dapat menghambat pekerjaan yang dilakukan dalam menafkahi keluarga, apalagi efek obat flu yang membuat kantuk mendorong para pria untuk mencari cara mengatasi flu yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meskipun demikian, mengistirahatkan badan saat sedang sakit adalah kunci dalam mengatasi flu. Oleh karenanya, jangan paksakan diri Anda untuk beraktivitas bila sedang terserang flu.

Cegah dan hentikan penularan flu!

Cara mengatasi flu paling baik adalah dengan mencegah terkena flu dan berpartisipasi dalam menghentikan penularan virus flu kepada di orang sekitar Anda. Mengikuti vaksinasi flu setiap tahunnya adalah salah satu cara mencegah flu paling utama. 

Pencegahan flu lainnya adalah dengan menghindari orang yang sedang mengidap flu serta menjaga kebersihan diri. Anda bisa menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan dengan sabun dan air, bila tidak ada sabun dan air, Anda dapat menggunakan hand-sanitizer.

Hindari juga menyentuh hidung, mulut, dan mata setelah menyentuh benda-benda lain untuk menghindari masuknya virus melalui mata, mulut, serta hidung. Selain itu, jagalah kebersihan tempat tinggal dan tempat kerja Anda.

Bila Anda terjangkit flu, hentikan penularannya dengan beristirahat di rumah serta menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk.

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed