Terapi Warna untuk Meredakan Sakit, Bagaimana Caranya?


Terapi warna adalah salah satu cara untuk meredakan stres, meningkatkan suasana hati hingga mengurangi nyeri. Terapi ini mulai banyak digunakan, tapi masih butuh lebih banyak penelitian untuk membuktikan efektivitasnya.

(0)
10 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Terapi warna dapat membantu meredakan stres dan berbagai penyakit lainnyaTerapi warna bisa membantu meredakan stres
Terapi warna atau yang bisa juga disebut sebagai chromotherapy adalah suatu cara menyembuhkan penyakit menggunakan spektrum warna dari radiasi elektromagnetik. Terapi ini antara lain dilakukan dengan menggunakan gelombang warna hijau untuk meredakan nyeri.Selain itu, terapi tersebut juga dinilai bisa membantu meredakan stres maupun tekanan mental lainnya, seperti gangguan tidur dan gangguan suasana hati.

Lebih jauh tentang terapi warna

Terapi sinar biru pada bayi prematur adalah salah satu contoh terapi warna
Salah satu contoh terapi warna adalah penggunaan sinar biru
Terapi warna sebenarnya bukanlah praktik baru. Kepercayaan bahwa warna-warna tertentu bisa menyembuhkan, sudah ada sejak zaman dahulu kala di Mesir kuno, Yunani, Cina, hingga India.Kini, terapi warna memang belum menjadi metode pengobatan yang utama. Namun di beberapa kesempatan, penggunaan warna atau cahaya untuk membantu meredakan penyakit-penyakit tertentu sudah mulai digunakan.Contohnya adalah penggunaan sinar biru pada bayi-bayi baru lahir yang mengalami penyakit kuning atau jaundice. Terapi sinar juga dipakai pada pengidap seasonal affective disorder, sejenis depresi yang marak muncul setiap musim gugur dan musim dingin.Sinar biru alami dari matahari bisa memberikan banyak manfaat saat siang hari, karena dapat meningkatkan suasana hati serta fokus pikiran.Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa spektrum warna hijau bisa membantu meredakan nyeri akut dan kronis. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat tersebut secara klinis.

Cara sederhana melakukan terapi warna

Sinar biru dari gadget perlu dimatikan untuk melakukan terapi warna
Mematikan pancaran sinar biru dari ponsel jadi terapi warna sederhana
Meski penelitian yang dilakukan mengenai terapi warna masih terbatas, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan warna-warna tertentu untuk membantu mengurangi stres ataupun meningkatkan suasana hati.Berikut ini, beberapa cara sederhana untuk melakukan terapi warna.

1. Matikan sinar biru dari ponsel dan gadget

Sinar biru yang terpancar dari layar ponsel maupun gawai lainnya, bisa membuat siklus tidur berantakan sehingga menjadikan Anda sulit mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.Maka dari itu, salah satu langkah terapi warna yang paling sederhana adalah mematikan setelah sinar biru di ponsel Anda beberapa jam sebelum waktu tidur.Anda juga bisa menggunakan lapisan pelindung di layar ponsel, komputer, ataupun laptop yang bisa mengurangi paparan sinar tersebut secara langsung.

2. Ganti warna lampu tidur

Selain sinar biru, sinar warna lain juga bisa memengaruhi siklus tidur atau ritme sirkadian seseorang. Untuk Anda yang siklus tidurnya sering terganggu, mengganti warna lampu tidur menjadi warna dengan spektrum merah mungkin dapat membantu.

3. Dapatkan pemandangan biru dan hijau alami

Berdiam diri di dalam ruangan terlalu lama bisa membuat kita kesulitan untuk fokus. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan terapi warna alami dengan berjalan ke luar ruangan untuk mendapatkan sinar biru alami dari matahari.Selain itu, warna hijau dari pohon dan tanaman-tanaman lain juga akan membantu mengembalikan fokus dan menurunkan kadar stres.

4. Ubah dekorasi kamar dengan warna-warna kesukaan

Kamar tidur merupakan tempat istirahat utama bagi banyak orang. Oleh karena itu, mengubah dekorasi dan warnanya menjadi sesuai dengan kesukaan Anda, akan membuat waktu istirahat menjadi lebih berkualitas.Biasanya, warna-warna yang disarankan untuk menghiasi kamar tidur adalah warna yang terkesan tenang dan seimbang. Sementara warna-warna terang lebih direkomendasikan untuk ruang makan, dapur, maupun ruangan lain yang digunakan untuk bersosialisasi.

5. Bereksperimen dengan warna

Terapi warna bisa dilakukan dengan berbagai cara, sehingga Anda bisa bereksperimen sesuka hati. Mengubah warna rambut menjadi sesuatu yang baru dan disenangi, atau menggunakan cat kuku pun bisa menjadi salah satu cara terapi yang meningkatkan suasana hati.Melakukan terapi warna bisa membantu meringankan stres, membuat suasana hati menjadi lebih baik, dan bahkan meredakan nyeri. Meski begitu, karena terapi ini masih membutuhkan banyak penelitian lebih lanjut, Anda sebaiknya tidak menggunakannya sebagai pilihan pengobatan utama.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang kelebihan dan kekurangan terapi warna dari sisi medis, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalstresgadget
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/the-mood-boosting-benefits-of-color-therapy
Diakses pada 27 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1297510/
Diakses pada 27 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait