Terapi Uap untuk Batuk, Meredakan Tapi Bukan Menyembuhkan


Terapi dengan cara steam inhalation adalah salah satu cara mengatasi infeksi sinus atau demam yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, Anda harus tau cara melakukannya dengan benar.

(0)
11 Jan 2021|Azelia Trifiana
Terapi uap dapat membantu meredakan batukTerapi uap dapat membantu meredakan batuk
Terapi dengan cara steam inhalation adalah salah satu cara mengatasi infeksi sinus atau demam yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, Anda tetap harus tahu betul bagaimana cara melakukannya.

Apa itu terapi uap?

Disebut juga steam therapy, terapi ini dilakukan dengan cara menghirup uap air. Udara yang lembap dan hangat ini kemudian bekerja untuk mengencerkan lendir yang ada di saluran pernapasan, tenggorokan, hingga paru-paru.Dengan demikian, terapi semacam ini bisa meredakan gejala yang muncul akibat meradangnya pembuluh darah di saluran pernapasan.Namun perlu diingat bahwa terapi uap bukanlah obat dari infeksi akibat virus atau bakteri. Hanya saja, steam inhalation ini bisa menjadi pilihan untuk meredakan gejala dan membuat tubuh terasa lebih baik.

Manfaat melakukan terapi uap

perempuan terkena flu
Terapi uap dapat meredakan gejala sinus
Beberapa manfaat dari melakukan terapi uap di rumah adalah:
  • Redakan iritasi

Batuk atau hidung berair bisa terjadi karena ada peradangan di pembuluh darah sinus. Infeksi saluran pernapasan atas akut turut berkontribusi menyebabkan pembuluh darah mengalami iritasi.Ketika menghirup uap air yang lembap dan hangat, iritasi ini bisa mereda. Tak hanya itu, pembuluh darah di saluran pernapasan yang bengkak juga bisa membaik.
  • Mengencerkan dahak

Menghirup uap air juga bisa membantu mengencerkan lendir di sinus sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dengan demikian, pernapasan pun bisa menjadi normal kembali meski hanya untuk sementara. Ini bisa terasa sangat membantu terutama ketika tubuh sedang melawan virus.
  • Redakan gejala sinus kronis

Ada uji coba klinis yang meneliti pengaruh terapi uap dalam mengobati gejala sinus kronis. Meski demikian, studi ini tidak melihat bahwa steam inhalation bermanfaat untuk semua gejala infeksi sinus, tapi lebih kepada sakit kepala saja.Dari hasil uji klinis yang acak, beberapa gejala lain yang mereda setelah melakukan terapi uap seperti hidung berair, iritasi tenggorokan, masalah pernapasan, dan tentunya batuk.

Cara melakukan terapi uap

Sebelum melakukan terapi uap, siapkan peralatan seperti:
  • Baskom besar
  • Air dan alat untuk memanaskan
  • Handuk
Kemudian, tahapannya adalah:
  1. Panaskan air hingga mendidih
  2. Tuang air panas ke baskom secara hati-hati
  3. Tudungkan handuk di belakang kepala
  4. Nyalakan timer
  5. Perlahan turunkan kepala ke arah air panas hingga berjarak sekitar 20-25 cm
  6. Secara perlahan tarik napas panjang lewat hidung
  7. Ketika melakukan terapi uap, pejamkan mata agar tidak ada kontak langsung
Sesi terapi uap idealnya tidak lebih dari 15 menit. Namun, tak ada salahnya mengulang terapi ini 2-3 kali setiap harinya untuk meredakan batuk atau gejala lain yang muncul.

Aman melakukan terapi uap

Inhalasi uap adalah cara yang aman jika dilakukan sesuai prosedur. Namun, selalu ada kemungkinan terjadi cedera jika kurang waspada.Oleh sebab itu, pastikan selalu berhati-hati dan tidak kontak langsung dengan air panas. Selain itu, lakukan terapi uap di ruangan yang tidak ada akses kepada anak-anak atau hewan peliharaan karena khawatir menyenggol baskom berisi air panas.Lebih jauh lagi, beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko terkena air panas adalah:
  • Pastikan baskom ditempatkan di bidang datar dan tidak mudah jatuh
  • Jangan memiringkan atau menggoyangkan baskom
  • Terapi uap tidak disarankan untuk anak-anak karena risiko menyentuh air panas
Untuk menyiasati terapi serupa untuk anak-anak, bisa dengan meminta anak duduk di kamar mandi ketika orangtua mandi air hangat. Ini bisa memberikan efek serupa seperti terapi inhalasi uap.

Sama seperti terapi rumahan lainnya, ada kemungkinan memberikan efek yang berbeda antara satu orang dan lainnya. Ini sangat normal.Lagi-lagi perlu diingat bahwa terapi uap bukanlah obat untuk batuk dewasa atau keluhan lain akibat infeksi virus atau bakteri. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang penanganan yang tepat untuk keluhan batuk, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
sinusitishidung tersumbathidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/steam-inhalation
Diakses pada 25 Desember 2020
British Journal of General Practice. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3381273/
Diakses pada 25 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/cold-and-flu/qa/how-do-i-use-steam-for-congestion
Diakses pada 25 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait