Teori Vygotsky, Belajar Harus di Lingkungan yang Seimbang


Menurut psikolog asal Rusia Lev Vygotsky, situasi belajar yang tepat akan menentukan bagaimana anak menyerap ilmu dari sekitarnya. Dalam teori Vygotsky, konsep ini disebut dengan Zone of Proximal Development atau ZPD.

(0)
17 Nov 2020|Azelia Trifiana
anak belajarTeori Lev Vygotsky masih digunakan pada pendidikan anak hingga saat ini
Menurut psikolog asal Rusia Lev Vygotsky, situasi belajar yang tepat akan menentukan bagaimana anak menyerap ilmu dari sekitarnya. Dalam teori Vygotsky, konsep ini disebut dengan Zone of Proximal Development atau ZPD. Konsep ini turut berperan dalam dunia pendidikan hingga kini.Tak hanya pada anak-anak, orang dewasa pun perlu situasi yang tepat untuk bisa menyerap informasi dengan baik. Tepat dalam hal ini berarti tidak terlalu nyaman, dan tidak pula terlalu menantang. Seimbang menjadi kuncinya.

Teori perkembangan kognitif Vygotsky

Area antara situasi yang nyaman dan tidak inilah yang disebut zone of proximal development. Jika suasananya terlalu nyaman atau comfort zone, pada akhirnya seseorang bisa kehilangan ketertarikan dan tidak belajar.Sebaliknya apabila situasi terlalu tidak kondusif, akan membuat individu itu merasa frustrasi. Pada akhirnya, mereka pun rentan menyerah.Idealnya, untuk bisa belajar dengan optimal, suasana harus seimbang antara kedua hal tersebut. Dengan demikian, seseorang perlu bantuan atau belajar lebih keras untuk bisa memahami sebuah konsep atau menuntaskan tugas.Artinya, individu itu tidak akan merasa bosan maupun frustrasi. Justru, mereka merasa tertantang dengan skala yang tepat.

Pentingnya lingkungan belajar terstruktur

Orangtua dapat mendampingi anak saat belajar
Mendampingi anak saat belajar
Masih dari teori belajar Vygotsky, dikemukakan bahwa anak tidak akan berkembang apabila lingkungan belajarnya tidak terstruktur. Bahkan, meski anak secara alami merupakan sosok dengan rasa ingin tahu luar biasa.Ketika diadaptasi ke dunia akademis, ini bisa menjadi panduan bagi para guru. Apabila mereka memberikan tugas yang terlalu rumit kepada murid, belum tentu akan membuat mereka menjadi pintar.Ada faktor lain yang tak kalah krusial seperti sudah jelaskah panduan dari guru hingga pembelajaran di kelas sebelumnya.Lebih jauh lagi, komponen kunci dari zone of proximal development adalah anak-anak bisa belajar aspek kognitif dari orang lain melalui dialog. Artinya, peran bahasa dan kemampuan berkomunikasi sangat penting.

Scaffolding, panduan untuk anak

Untuk memahami lebih mudah tentang teori dari Vygotsky, digagaslah konsep scaffolding. Secara umum scaffolding dipahami sebagai suatu pijakan atau penopang struktur bangunan ketika sedang diperbaiki. Sifat dari scaffolding tidaklah permanen dan bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.Teknik ini sendiri sebenarnya mengacu pada pendampingan orangtua atau guru terhadap anak. Orangtua dan guru dapat memberikan bantuan penuh ketika anak berada dalam tahap awal pembelajaran. Kemudian secara  bertahap mengurangi bantuan agar anak dapat belajar dan mengeksplorasi apa yang dipelajari secara mandiri.Hal yang sama berlaku ketika anak diminta memahami sebuah konsep. Jika anak tampak kesulitan, tak ada salahnya memberikan dukungan atau bantuan secukupnya.Pun ketika anak merasa apa yang dipelajari terlalu mudah, maka tantangannya bisa ditambah untuk memancing anak mau terus belajar.Konsep scaffolding ini baru dikembangkan jauh setelah Vygotsky meninggal dunia. Namun hingga kini, konsep ini dianggap masih relevan untuk memastikan anak menyerap informasi atau ilmu dengan optimal dalam sebuah lingkungan pembelajaran.

Teori belajar Vygotsky banyak diaplikasikan dalam lembaga pembelajaran atau sekolah. Tentunya, teori ini bisa memberikan banyak manfaat apabila penerapannya sesuai. Anak yang mendapat stimulus sesuai dengan kebutuhan mereka tentu bisa lebih mudah menyerap informasi baru.Untuk berdiskusi lebih lanjut bagaimana mengoptimalkan pembelajaran anak yang punya kemampuan berbeda-beda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentingibu dan anakgaya parenting
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/zone-of-proximal-development-1449200
Diakses pada 3 November 2020
Simply Psychology. https://www.simplypsychology.org/Zone-of-Proximal-Development.html
Diakses pada 3 November 2020
Learning Theories. https://www.learning-theories.com/vygotskys-social-learning-theory.html
Diakses pada 3 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait