Tenggorokan Terasa Mengganjal? Jangan Anggap Sepele

Tidak semua tenggorokan terasa mengganjal indikasi penyakit serius
Tenggorokan terasa mengganjal merupakan indikasi penyakit tertentu

Saat bangun di pagi hari, tiba-tiba Anda merasa tenggorokan terasa mengganjal ketika menelan ludah. "Wah, jangan-jangan saya kena radang," begitu pikir Anda.

Akan tetapi, jangan menganggap sepele sensasi tenggorokan terasa mengganjal karena bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi dari cedera pita suara, berupa timbulnya nodul dan polip pita suara.

Tenggorokan terasa mengganjal bisa karena cedera pita suara

Sensasi tenggorokan terasa mengganjal bisa menjadi salah satu pertanda dari kemunculan nodul dan polip pita suara. Keduanya merupakan tonjolan yang muncul ketika terjadi cedera pada pita suara.

Nodul pita suara merupakan suatu benjolan serupa kapalan yang muncul pada bagian tengah lipatan pita suara dan timbul pada kedua pita suara. Sementara polip pita suara hanya muncul pada salah satu pita suara saja. 

Polip pita suara juga berwarna merah dan serupa dengan lepuhan serta memiliki ukuran yang lebih besar dari nodul pita suara. Keduanya dapat disebabkan oleh penggunaan pita suara secara berulang atau salah. 

Namun, polip pita suara bisa timbul karena penggunaan kotak suara secara berlebih dalam satu waktu, seperti berteriak atau menjerit. Selain sensasi tenggorokan yang mengganjal, penderita juga bisa mengalami rasa sakit di leher dan suara yang serak.

Bila tidak segera ditangani, nodul pita suara bisa makin membesar dan bertambah kaku. Anda akan mengalami kesulitan dalam berbicara dan hal tersebut akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Apa saja penyebab tenggorokan terasa mengganjal lainnya?

Terdapat berbagai penyebab dari sensasi tenggorokan terasa mengganjal atau yang dikenal sebagai sensasi globulus, mulai dari yang ringan sampai yang membutuhkan penanganan medis dengan segera. Berikut adalah beberapa penyebab tenggorokan terasa mengganjal.

  • GERD

GERD adalah suatu keadaan yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung. Meskipun ciri khas dari GERD adalah sensasi panas di dada (heartburn), tetapi GERD juga bisa menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal.

Rasa serak, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, batuk kering, napas yang berbau tidak sedap, rasa sakit di telinga, dan sensasi panas atau terbakar di mulut juga merupakan tanda-tanda lain yang bisa muncul karena GERD.

  • Reaksi emosional

Gangguan psikologis, seperti rasa cemas, stres, ataupun depresi bisa memicu sensasi tenggorokan terasa mengganjal. Bahkan hal-hal traumatis juga mampu menimbulkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal.

  • Berkurangnya koordinasi otot

Otot-otot leher yang tidak bisa bergerak dengan baik secara teratur dapat mengakibatkan otot yang tertekan dan membuat penderita kesulitan untuk menelan. Hal ini juga dapat menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal.

Sensasi tenggorokan terasa mengganjal akan makin terasa saat penderita mencoba untuk menelan air liur. Periksakanlah ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyebab dari otot-otot yang tidak berkoordinasi secara benar.

  • Lendir yang masuk ke tenggorokan akibat alergi

Normalnya, lendir tercampur dengan air liur dan tidak disadari oleh Anda, tetapi saat tubuh memproduksi lendir yang berlebih, maka Anda akan mulai menyadari keberadaan lendir yang tertelan tersebut.

Hal tersebut umumnya terjadi karena alergi, pilek, flu, dan kondisi medis lainnya yang meningkatkan produksi lendir dalam tubuh. Produksi lendir berlebih yang mengalir ke tenggorokan memicu sensasi tenggorokan terasa mengganjal dan batuk-batuk.

  • Kanker nasofaring

    Kanker nasofaring merupakan salah satu penyebab lain dari sensasi tenggorokan terasa mengganjal. Kanker ini menggerogoti daerah bagian atas tenggorokan yang berada di antara bagian belakang hidung dan bagian atas kerongkongan.

    Selain sensasi tenggorokan terasa mengganjal, gejala lain yang bisa dirasakan adalah kesulitan bernapas atau berbicara, kesulitan mendengar, sakit kepala, mimisan, adanya rasa sakit atau suara berdering di telinga.

    Segera konsultasikan ke dokter bila Anda mengalami gejala-gejala di atas agar segera diberikan penanganan yang cepat.

  • Laringitis

Laringitis adalah kondisi saat terjadi peradangan pada pita suara yang mengakibatkan suara serak atau kehilangan suara. 

Biasanya, laringitis yang kronis atau yang telah berlangsung selama lebih dari tiga minggu dapat menyebabkan sensasi tenggorokan terasa mengganjal. Selain itu, laringitis kronis juga mengakibatkan gejala-gejala lain.

Gejala lain yang bisa dialami oleh penderita adalah batuk yang terus muncul, sakit tenggorokan, produksi dahak yang berlebih, kehilangan suara, demam, dan kesulitan menelan.

Laringitis kronis dapat diakibatkan oleh infeksi, sinusitis yang kronis, terpapar zat kimia dan debu yang memicu iritasi, merokok, asam lambung, konsumsi alkohol berlebih, penggunaan suara secara berlebih, dan penggunaan medikasi inhaler steroid.

  • Kanker laring

Penyebab sensasi tenggorokan terasa mengganjal yang satu ini merupakan suatu kondisi serius yang membutuhkan penanganan medis dengan secepatnya. Ciri khas dari kanker laring suara serak yang tidak kunjung hilang dalam kurun waktu tiga minggu.

Selain itu, penderita juga dapat mengalami penurunan berat badan, kesulitan menelan, sesak napas, dan batuk. Meskipun demikian, gejala-gejala ini dapat diakibatkan oleh kondisi medis lainnya.

Oleh karenanya, kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan penyebab sensasi tenggorokan terasa mengganjal ataupun suara serak yang dialami.

Konsultasikan ke dokter

Bila Anda merasa bahwa sensasi tenggorokan terasa mengganjal yang dirasakan sangat mengganggu, jangan segan-segan untuk berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

American Family Physician. https://www.aafp.org/afp/1999/0901/p885.html
Diakses pada 15 Juli 2019

ASHA. https://www.asha.org/public/speech/disorders/Vocal-Cord-Nodules-and-Polyps/
Diakses pada 15 Juli 2019

Baishideng Publishing Group. https://www.wjgnet.com/1007-9327/full/v18/i20/2462.htm
Diakses pada 15 Juli 2019

Cancer Research UK. https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/laryngeal-cancer/symptoms
Diakses pada 15 Juli 2019

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15424-vocal-cord-lesions-nodules-polyps-and-cysts
Diakses pada 15 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/lump-in-throat
Diakses pada 15 Juli 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323208.php
Diakses pada 15 Juli 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320245.php
Diakses pada 15 Juli 2019

NIH. https://www.cancer.gov/types/head-and-neck/patient/adult/laryngeal-treatment-pdq
Diakses pada 15 Juli 2019

NIH. https://www.cancer.gov/types/head-and-neck/patient/adult/nasopharyngeal-treatment-pdq
Diakses pada 15 Juli 2019

UT Southwestern Medical Center. https://utswmed.org/conditions-treatments/vocal-cord-nodules-polyps-and-cysts/
Diakses pada 15 Juli 2019

WebMD. https://www.webmd.com/allergies/postnasal-drip#1
Diakses pada 15 Juli 2019

Banner Telemed