Tenggorokan Sakit saat Menelan? Ini Makanan yang Harus Anda Dihindari

Tenggorokan sakit saat menelan bisa jadi disebabkan akibat radang tenggorokan
Tenggorokan sakit saat menelan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari

Jika terjadi pembengkakan pada daerah tenggorokan, terutama di sekitar area mulut dan tenggorokan, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit saat menelan. Penyebab tenggorokan sakit saat menelan dapat dilihat dari gejalanya yang spesifik, misalnya apakah rasa sakit terasa tajam atau tumpul di sekitar rahang, tenggorokan, dada, atau area kerongkongan.

Tenggorokan sakit saat menelan mungkin hanya berdampak pada salah satu sisi tenggorokan saja dan dapat berubah saat penderitanya menarik napas dalam-dalam. Untuk mengetahui cara mengatasi tenggorokan sakit saat menelan, penderitanya perlu memahami terlebih dahulu berbagai hal yang menjadi penyebabnya.

Penyebab tenggorokan sakit saat menelan

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab tenggorokan sakit saat menelan yang paling sering terjadi:

  1. Pilek
  2. Flu
  3. Batuk kronis
  4. Radang Tenggorokan
  5. Asam lambung naik
  6. Radang amandel

Selain itu, berikut adalah beberapa kondisi lain yang berpeluang menyebabkan rasa sakit saat menelan:

  1. Infeksi akibat bakteri Streptococcus grup A, selain nyeri menelan juga terdapat pembesaran pada kelenjar getah bening di area leher.
  2. Luka pada tenggorokan
  3. Infeksi telinga
  4. Sehabis meminum obat yang terlalu besar
  5. Tersedak makanan dengan sisi yang tidak rata, seperti keripik kentang atau kerupuk

Meredakan Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Ketika tenggorokan terasa sakit dan ada pembengkakan (radang) pada bagian belakang tenggorokan, kondisi ini bisa oleh beberapa hal, seperti infeksi bakteri, virus, alergi, rokok dan polusi. Memiliki radang tenggorokan atau sakit tenggorokan dapat berakibat buruk pada kualitas hidup, misalnya menjadi sulit berbicara, enggan makan, dan rasa tidak nyaman saat bernapas.

Beberapa jenis makanan tertentu mampu membuat rasa sakit pada tenggorokan semakin parah. Untuk menghindarinya, berikut beberapa tips untuk membantu memilih makanan ketika menderita tenggorokan sakit saat menelan:

1. Makanan yang perlu dihindari

  • Makanan berlemak

Hindari mengonsumsi makanan berlemak, seperti produk olahan susu, daging merah, gorengan, dan kue dan sejenisnya. Berdasarkan ahli gizi, makanan tersebut tidak hanya menekan sistem kekebalan tubuh, melainkan juga sulit untuk dicerna oleh tubuh. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghindari makanan tersebut hingga gejala radang tenggorokan berkurang.

  • Makanan asam

Jeruk, tomat, jeruk nipis, anggur, dan makanan yang terlalu asam lainnya mampu mengiritasi permukaan tenggorokan sehingga memperparah radang tenggorokan. Sebaliknya, konsumsi buah-buahan yang bisa mengurangi rasa sakit menelan, seperti melon, kiwi, dan pisang.

  • Makanan pedas

Bahan makanan, seperti bubuk cabe, saus pedas, pala, kari, cengkeh dan merica dapat memperparah kondisi radang tenggorokan, Untuk pemberian bumbu, ganti bahan-bahan tersebut dengan yang lebih sesuai, misalnya jahe yang mampu meredakan radang tenggorokan. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa bawang putih juga bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan karena mampu membantu kecepatan penyembuhan saat pilek dan menjaga tubuh agar tidak mudah terkena pilek.

  • Makanan kering (gorengan)

Makanan kering, seperti gorengan, keripik, cemilan dan sayuran mentah dapat membuat tenggorokan semakin nyeri karena dapat melukai tenggorokan. Cobalah beberapa makanan yang lebih mudah untuk ditelan, seperti krim sup, telur, yogurt, keju, es krim, kentang tumbuk, smoothies, dan sereal yang dimasak.

[[artikel-terkait]]

2. Makanan yang dapat membantu

  • Makanan rendah lemak

Jika ingin makan daging, makanlah daging putih seperti daging ayam atau ikan. Konsumsi daging yang lembut sehingga mudah untuk dicerna oleh tubuh.

  • Madu dan lemon

Madu dan lemon baik dikonsumsi saat radang tenggorokan karena selain sehat, kedua makanan ini juga bisa meredakan sakit karena radang.

  • Smoothies/jus

Smoothies atau jus sayur-sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin dan mineral dapat mengurangi rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan.

  • Sup ayam

Sup ayam dengan berbagai kandungan vitamin mampu mempercepat penyembuhan. Selain itu, sup hangat juga membantu meredakan sakit tenggorokan. Jika Anda tidak menyukai sup ayam, maka dapat diganti dengan makanan berkuah hangat lainnya, suatu studi menjelaskan bahwa makanan hangat menjadi pilihan untuk meredakan nyeri tenggorokan.

  • Telur

Telur sangat baik untuk dikonsumsi karena bentuknya lunak dan mudah untuk dicerna. Selain itu, telur juga mengandung asam lemak yang baik dan protein, serta memiliki efek antimikroba, antioksidan, antikanker, antihipertensi dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322301.php
Diakses pada April 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/painful-swallowing#causes
Diakses pada April 2019

Pubmed. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8502755

Diakses pada Juni 2019

 

 

Artikel Terkait

Banner Telemed