Tenggorokan Gatal Terus-Menerus? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

(0)
23 Oct 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tenggorokan gatal terus-menerus bisa disebabkan oleh dehidrasiTenggorokan gatal terus-menerus membuat tidak nyaman
Tenggorokan gatal merupakan kondisi umum yang sering dialami banyak orang. Namun, jika kondisi ini terus-menerus terjadi, tentu Anda bisa merasa terganggu dan tidak nyaman. Tenggorokan gatal terus-menerus dapat disebabkan oleh reaksi alergi atau tanda awal infeksi virus dan bakteri. Gatal di tenggorokan kadang bisa muncul dengan disertai gejala-gejala lain yang mengganggu. Namun, masalah ini umumnya dapat diatasi dengan perawatan sederhana dan pengobatan rumahan sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Penyebab tenggorokan gatal terus-menerus

Berikut adalah sejumlah kemungkinan penyebab tenggorokan gatal terus-menerus yang mungkin terjadi:

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk. Kondisi ini umumnya terjadi saat cuaca panas, setelah berolahraga, atau selama sakit. Dehidrasi dapat menyebabkan tenggorokan kering karena mulut dan tenggorokan tidak memiliki cukup air liur sehingga menimbulkan rasa gatal di tenggorokan. 

2. Asam lambung naik

Tenggorokan gatal terus-menerus dapat terjadi karena naiknya kembali asam lambung dari perut ke kerongkongan (refluks). Sebagian penderita asam lambung kronis bahkan mengalami masalah tenggorokan.Meski tenggorokan gatal jarang menjadi satu-satunya gejala asam lambung naik, orang yang memiliki kondisi silent reflux mungkin hanya merasakan tenggorokan gatal kronis sebagai gejalanya.

3. Alergi makanan

Alergi pada makanan tertentu bisa membuat tenggorokan gatal
Alergi makanan terjadi ketika tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap makanan tertentu yang Anda konsumsi seolah-olah akan membahayakan tubuh. Makanan pemicu alergi umumnya meliputi kacang tanah, telur, kerang, gandum, dan susu.Reaksi alergi biasanya berkembang dalam beberapa menit atau jam setelah mengonsumsi makanan pemicu. Gejala alergi yang terjadi biasanya tergolong ringan, seperti tenggorokan atau mulut gatal. Namun, ada pula gejala yang bisa mengancam nyawa.

4. Rhinitis alergi

Rhinitis alergi atau hay fever adalah peradangan pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab tenggorokan gatal yang paling umum.Rhinitis alergi terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap alergen (pemicu alergi), misalnya serbuk sari, bulu hewan peliharaan, debu, asap rokok, atau asap knalpot.Kemudian, tubuh melepaskan histamin sehingga menyebabkan timbulnya berbagai gejala, seperti tenggorokan gatal, hidung tersumbat, bersin-bersin, mata gatal atau berair, dan lainnya.

5. Alergi obat

Sebagian orang punya alergi terhadap obat-obatan tertentu, seperti penisilin dan antibiotik lainnya. Tingkat keparahan alergi ini berkisar dari ringan hingga yang mengancam jiwa. Alergi obat bisa ditandai dengan tenggorokan gatal terus-menerus yang dimulai setelah mengonsumsi obat baru.

6. Infeksi bakteri dan virus

Radang tenggorokan atau tonsilitis bakteri dapat diawali dengan tenggorokan gatal, kemudian berlanjut ke sakit tenggorokan yang parah. Di sisi lain, virus seperti flu juga bisa menyebabkan tenggorokan terasa gatal. Jika terkena flu, Anda pun bisa mengalami sakit tenggorokan yang disertai dengan demam, nyeri tubuh, dan rasa tidak nyaman di dada.

7. Efek samping obat

Beberapa obat dapat menyebabkan efek samping berupa batuk kering dan tenggorokan gatal. Contohnya, orang yang menggunakan ACE inhibitor untuk tekanan darah tinggi mungkin merasakan efek samping tersebut. Efek samping ini bahkan dapat langsung muncul setelah mengonsumsi obat.

Cara mengatasi tenggorokan gatal terus-menerus

Berikut berbagai cara mengatasi tenggorokan gatal terus-menerus yang bisa dilakukan di rumah:

1. Minum lebih banyak air putih

Minum air putih dapat membantu mengatasi tenggorokan kering sehingga menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Minumlah 2 liter perhari atau 8 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan mencegah sakit tenggorokan

2. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa membantu meredakan gatal tenggorokan. Anda hanya perlu menambahkan ½ sdt garam ke dalam 240 ml air hangat. Berkumurlah selama 10 detik, lalu muntahkan dan jangan menelannya. Dalam sehari, ulangi metode ini sebanyak 2-3 kali.

3. Minum air jahe hangat

Air jahe bisa membantu menenangkan tenggorokan
Minum air jahe hangat yang ditambahkan lemon dan madu dipercaya dapat mengatasi gatal tenggorokan. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat di dalam cangkir, kemudian masukkan sedikit parutan jahe segar.Selanjutnya, tambahkan 1 sdm madu dan air perasan dari 2 irisan lemon. Aduk minuman tersebut dan minumlah secara perlahan. 

4. Minum susu dan kunyit

Siapkan panci kecil di atas api sedang, lalu campurkan 1 sdt kunyit dengan 250 ml susu. Didihkan kemudian tuang ke dalam cangkir. Biarkan minuman tersebut dingin hingga suhu yang nyaman untuk diminum. Minumlah setiap malam sampai gatal tenggorokan menghilang.

5. Menggunakan pelega atau semprotan tenggorokan

Menggunakan pelega atau semprotan tenggorokan juga dapat membantu meredakan tenggorokan yang gatal. Produk-produk ini umumnya mengandung bahan aktif, seperti benzokain, minyak eucalyptus, dan menthol, yang bisa memberi efek menenangkan pada tenggorokan.

6. Mengonsumsi antihistamin

Jika gatal tenggorokan berkaitan dengan alergi, antihistamin dapat membantu memblokir respons tubuh yang berlebihan. Anda dapat membeli antihistamin yang dijual bebas tanpa resep di apotek.Apabila tenggorokan gatal tak kunjung membaik atau malah semakin memburuk, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar tenggorokan gatal terus-menerus, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
radang tenggorokansakit tenggorokaninfeksi tenggorokanpenyakit tenggorokan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317066#prevention
Diakses pada 12 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-throat-remedy#treatment
Diakses pada 12 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/itchy-throat#treatment
Diakses pada 12 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait