Temukan 9 Manfaat Jintan Putih untuk Kesehatan

(0)
08 Jul 2020|Marco Anthony
Jintan putih sering digunakan sebagai bumbu
Jintan putih adalah salah satu bumbu Nusantara yang dapat dipadukan ke dalam berbagai masakan, seperti ayam goreng, kuah, dan jenis hidangan lainnya. Selain di Indonesia, jintan putih atau cumin juga digunakan di belahan dunia lainnya, seperti di Cina dan India.

Apa saja manfaat jintan putih?

Jintan putih memberikan cita rasa seperti kacang yang pedas dan hangat. Namun, jintan putih tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan aroma serta rasa dalam makanan tetapi juga dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan Anda.

1. Menurunkan berat badan

Selain menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur, Anda dapat membumbui masakan dengan jintan putih untuk membantu menurunkan berat badan, tingkat insulin,  dan kadar lemak dalam tubuh Anda.

2. Mengatasi stres

Saat sedang mengalami stres, Anda bisa mencoba memasukkan jintan putih ke dalam makanan Anda! Jintan putih dapat menurunkan respon stres dalam tubuh dan menanggulangi stres melalui senyawa antioksidannya.Selain itu, studi pada tikus  juga mendapati bahwa ekstrak jintan putih dapat meningkatkan fungsi memori di otak.

3. Baik untuk pencernaan

Jintan putih mampu melancarkan pencernaan dengan meningkatkan produksi enzim pencernaan serta empedu yang berperan dalam mencerna lemak dan nutrisi. Tak heran jika jintan putih sejak dahulu digunakan untuk melancarkan pencernaan.

4. Mengandung antibakteri

Tidak hanya bawang putih, bumbu dapur jintan putih juga memiliki senyawa antibakteri megalomicin yang dapat mengurangi risiko Anda terkena infeksi bakteri saat sedang mengonsumsi makanan.

5. Membantu menjaga diabetes

Jintan putih ditemukan dapat membantu menjaga  kadar diabetes pada orang-orang dengan berat badan berlebih.Bahkan, jintan putih bisa menghambat pembentukan AGE (advanced glycation end products) pada penderita diabetes yang dapat merusak organ tubuh, seperti mata dan ginjal.

6. Menurunkan kolesterol

Kolesterol yang tinggi tentunya berbahaya bagi kesehatan karena dapat meningkatakn risiko Anda terkena penyakit jantung. Jintan putih diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol LDL yang jahat dan menaikkan kadar kolesterol HDL yang baik.Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami manfaat jintan putih yang satu ini.

7. Mengurangi sindrom iritasi usus besar

Sindrom iritasi usus besar memiliki gejala yang sangat mengganggu, seperti kembung dan sakit perut. Untungnya, jintan putih dipercaya mampu mengurangi gejala dari sindrom iritasi usus besar, seperti sembelit dan diare.

8. Sumber zat besi

Sering kekurangan zat besi? Tambahkan jintan putih dalam masakan sebagai salah satu satu penambah asupan zat besi Anda. Satu sendok teh jintan saja sudah dapat memenuhi 17,5 persen kebutuhan harian zat besi orang dewasa.

9. Kaya antioksidan

Jangan salah, jintan putih mengandung beragam antioksidan yang berfungsi dalam menangkal dan mencegah kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Beberapa senyawa antioksidan dalam jintan putih adalah fenol dan flavonoid. 

Efek samping jintan putih

Jintan putih sangat bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi dalam takaran yang sewajarnya. Sebaiknya konsumsi jintan putih kurang dari satu gram atau satu sendok teh per harinya.Beberapa efek samping yang mungkin bisa dialami saat mengonsumsi jintan putih adalah pusing, sakit perut, mual, serta peningkatan risiko mengalami dermatitis, perdarahan, dan komplikasi pada pernapasan.Meskipun jarang terjadi, tetapi alergi jintan putih dapat dialami oleh beberapa orang. Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi jintan putih, hentikan memakannya atau konsultasikan ke dokter.Penderita diabetes, gangguan pernapasan, masalah pada pencernaan, orang yang sedang mengonsumsi suplemen atau obat-obatan tertentu, dan ibu yang sedang hamil dan menyusui perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jintan putih. 

Catatan dari SehatQ

Jintan putih merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat ditambah untuk menimbulkan cita rasa hangat dan pedas. Jintan putih juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, seperti melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan.Namun, Anda harus selalu berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi jintan putih jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau mengonsumsi suplemen atau obat-obatan tertentu, seperti antiobiotik dan obat antiradang.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-benefits-of-cumin
Diakses pada 25 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319562
Diakses pada 25 Juni 2020
NCBI. ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25766448
Diakses pada 25 Juni 2020
Taylor & Francis Online. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.3109/13880209.2010.541923
Diakses pada 25 Juni 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/cumin-benefits-side-effects-and-preparations-4178787
Diakses pada 25 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait