Bisa dari Air Liur, Telusuri Cara Cek Golongan Darah

Cek golongan darah dapat dilakukan di laboratorium
Cek golongan darah dapat didapatkan dengan memeriksa sampel darah

Anda pasti pernah mendengar tentang golongan darah. Golongan darah seperti A, B, O, dan AB tentunya sudah tidak asing lagi. Setiap orang memiliki satu dari empat tipe darah ini. Namun, untuk mengetahuinya, Anda membutuhkan tes golongan darah.

Mengetahui golongan darah Anda atau keluarga Anda sangat penting. Ini akan membantu Anda saat ingin menerima transfusi darah atau donor darah dengan tepat. Ini karena transfusi harus dilakukan atau diterima oleh orang dengan golongan darah sama agar memperkecil kemungkinan terjadi reaksi.

Cek golongan darah diperlukan untuk mengetahui jenis darah yang bisa diberikan untuk Anda atau yang diperlukan saat Anda kekurangan darah dan membutuhkan transfusi darah. Lantas, bagaimana cara mengecek golongan darah?

Tes untuk cek golongan darah

Tes untuk mengecek golongan darah umumnya dilakukan dengan tes darah. Petugas akan mengambil sampel darah Anda diambil melalui jarum suntik di lengan atau tangan.

Tes tersebut meliputi mencampurkan darah dengan dua macam antibodi, yaitu antibodi yang berlawanan dengan golongan darah A dan yang berlawanan dengan golongan darah B.

Setelahnya, petugas laboratorium akan memeriksa apakah sel darah melekat dengan satu sama lainnya atau tidak. Jika melekat, berarti sampel darah Anda bereaksi dengan salah satu antibodi yang diberikan.

Untuk mengecek golongan darah kembali, petugas laboratorium akan mengambil bagian cairan dari darah yang tidak memiliki sel darah atau serum. Serum akan dicampurkan pada darah yang bergolongan darah A dan B.

Golongan darah akan diketahui melalui spesifiikasi berikut ini:

  • Golongan darah A memiliki antigen A dan antibodi B.
  • Golongan darah B memiliki antigen B dan antibodi A.
  • Golongan darah O tidak memiliki antigen apapun, tetapi mempunyai antibodi A dan B.
  • Golongan darah AB memiliki antigen A dan B, tetapi tidak mempunyai antibodi A ataupun B.

Selain mengecek golongan darah, petugas laboratorium akan memeriksa rhesus atau Rh yang dimiliki. Memiliki Rh positif berarti akan memiliki sel protein di permukaan sel darah merah. Namun, jika Anda memiliki Rh negatif berarti Anda tidak mempunyai sel protein tersebut.

 

Mengetahui Rh hampir serupa dengan proses mengecek golongan darah. Sampel darah Anda akan dicampurkan dengan serum anti-Rh. Jika sel darah Anda melekat satu sama lainnya, berarti Anda memiliki golongan darah dengan tipe Rh positif.

Apakah ada persiapan tertentu sebelum mengecek golongan darah?

Umumnya, tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan untuk mengecek golongan darah, tetapi saat jarum disuntikkan ke bagian tubuh, Anda mungkin akan merasa nyeri atau seperti disengat.

Setelahnya, akan ada memar ringan atau sensasi berdenyut pada area suntikan yang bersifat sementara. Anda juga mungkin akan disuntik secara berulang jika pembuluh darah sulit untuk dideteksi.

Hampir tidak ada risiko yang akan dialami ketika menjalani pengecekan golongan darah. Walaupun jarang terjadi, terdapat beberapa efek samping yang bisa terjadi saat Anda mengikuti pemeriksaan golongan darah, yaitu:

  • Pendarahan berlebih.
  • Pingsan atau pusing.
  • Infeksi.
  • Hematoma atau penumpukan darah di bawah kulit.

Apakah tes pengecekan golongan darah bisa dilakukan di luar laboratorium?

Sebenarnya, pengecekan golongan darah dapat dilakukan di luar laboratorium. Berbeda dengan pengambilan darah melalui jarum suntik. Anda hanya diminta untuk menusukkan jari ke jarum kecil dan meletakkan tetesan darah ke kartu khusus.

Setelahnya, darah yang diletakkan di kartu khusus akan diobservasi dan diperiksa sesuai dengan panduan yang diberikan. Umumnya, mengecek golongan darah melalui metode ini bisa ditemukan saat melakukan donor darah.

Bisakah mengecek golongan darah tanpa media darah?

Mengecek golongan darah biasanya dilakukan dengan tes darah, uniknya Anda juga bisa mengetahui golongan darah melalui cairan tubuh lainnya, seperti keringat, dahak, ataupun air liur. Namun, tidak semuanya bisa mengetahui golongan darahnya melalui cairan tubuh selain darah.

Orang-orang yang bisa mengecek golongan darah selain melalui media darah juga mengeluarkan antigennya melalui cairan tubuh lainnya. Oleh karenanya, orang-orang tersebut bisa mengetahui golongan darah melalui pemeriksaan tes cairan tubuh.

Anda bisa mengecek golongan darah melalui air liur. Akan tetapi, Anda perlu memeriksa diri apakah antigen yang dimiliki dikeluarkan oleh cairan tubuh lainnya selain darah. Tidak hanya itu, tes air liur umumnya lebih mahal dari pada tes darah di laboratorium.

Jika ingin mengecek golongan darah, Anda bisa mengunjungi laboratorium terdekat atau memeriksannya secara gratis melalui kegiatan donor darah.

Healthline. healthline.com/health/how-to-find-out-your-blood-type
Diakses pada 20 Januari 2020

MedlinePlus. https://medlineplus.gov/ency/article/003345.htm
Diakses pada 20 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/blood-types-what-to-know#1
Diakses pada 20 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed