Telur Ikan Baik untuk Kesehatan, Ini 9 Manfaatnya

(0)
23 Sep 2020|Marco Anthony
Nikmati berbagai manfaat dari telur ikanTelur ikan selain lezat juga bermanfaat
Selain daging ikan, telur ikan juga merupakan bagian yang bisa dijadikan makanan. Tekstur dan rasanya yang unik membuat telur ikan memiliki penggemarnya sendiri. Namun, tahukah Anda kalau telur ikan memiliki manfaat bagi kesehatan?Telur ikan dapat meringankan radang sendi dan menjaga kesehatan mata. Penasaran dengan manfaat lainnya?

Manfaat telur ikan yang menyehatkan

Meskipun berukuran kecil, telur ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat telur ikan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menjaga kesehatan mata

Senyawa DHA dan EPA yang terkandung dalam telur ikan diketahui mampu membantu perkembangan mata di bayi dan menjaga fungsi retina mata pada anak-anak dan orang dewasa.

2. Kaya omega-3

Telur ikan terkenal sebagai salah satu sumber asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk kesehatan otak dan jantung. Konsumsi asam lemak omega-3 dapat menurunkan kemungkinan Anda mengalami penyakit kronis, seperti penyakit jantung mengurangi tekanan darah tinggi.Tekanan darah tinggi atau hipertensi sangatlah berbahaya karena dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit jantung.Untungnya, asam lemak omega-3 dalam telur ikan dapat mengurangi risiko pembentukan plak dalam pembuluh darah dan peradangan dalam tubuh, melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah.

3. Sumber protein

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, telur ikan dapat menjadi salah satu alternatif sumber protein yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi asupan protein harian Anda.Telur ikan juga merupakan salah satu protein yang mengandung sembilan asam amino esensial yang lengkap.Sekitar 28 gram telur ikan sudah dapat memberikan sebanyak enam gram protein untuk tubuh Anda atau kurang lebih sama dengan protein yang terkandung dalam satu telur besar.

4. Baik untuk otak

Selain asam lemak omega-3, ada juga asam lemak EPA, DPA, dan DHA di dalam telur ikan yang sangat baik untuk kesehatan otak. Ketiga senyawa ini membantu mencegah penurunan kognitif dan meningkatkan perbaikan di sel otak.

5. Mengandung selenium

Tidak hanya kaya asam lemak yang baik untuk tubuh, telur ikan juga memiliki kandungan antioksidan selenium yang dapat menangkal radikal bebas dan berperan penting dalam daya tahan tubuh dan organ tiroid.

6. Memiliki vitamin B-12

Telur ikan juga memiliki kandungan vitamin B-12 yang berperan untuk metabolisme, produksi energi dalam tubuh, dan kesehatan saraf. Vitamin B-12 juga merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk saraf dan otak.

7. Meringankan radang sendi

Radang sendi atau rheumatoid arthritis merupakan gangguan autoimun yang dapat menyebabkan rasa nyeri di persendian. Telur ikan yang kaya asam lemak omega-3 diyakini mampu mengurangi gejala dari radang sendi.

8. Pilihan hidangan laut rendah merkuri

Suka seafood tapi takut merkuri? Anda bisa memilih telur ikan sebagai hidangan laut rendah merkuri untuk dikonsumsi. Dibandingkan dengan bagian organ dalam dan daging ikan, telur ikan memiliki kadar merkuri yang paling rendah. 

Bahaya telur ikan

Meskipun telur ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi Anda perlu waspada sebelum mengonsumsinya. Telur ikan memiliki kandungan sodium dan kolesterol yang tinggi, karenanya produk laut ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebih.Selain itu, telur ikan juga mengandung senyawa purin yang tinggi dan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat atau orang-orang yang rentan mengalami asam urat. Bagi Anda yang memiliki alergi ikan atau seafood, Anda tentunya perlu menjauhi telur ikan.

Catatan dari SehatQ

Telur ikan memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi telur ikan jika Anda menderita kondisi medis tertentu, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan asam urat.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/masago
Diakses pada 30 Maret 2020
 Livestrong. https://www.livestrong.com/article/344232-fish-egg-nutrition/
Diakses pada 9 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/rheumatoid-arthritis/symptoms-causes/syc-20353648
Diakses pada 9 September 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/fish-egg-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4163031
Diakses pada 9 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait