Telat Sahur Karena Ketiduran, Ini Rahasia Tetap Kuat Puasa


Tidur siang selama 10 menit bisa menjaga mood dan energi bagi orang yang berpuasa telat sahur.

(0)
06 May 2021|Azelia Trifiana
Tidak perlu panik saat telat bangun untuk sahur, terapkan tips sehatTidak perlu panik saat telat bangun untuk sahur, terapkan tips sehat
Pasang alarm, sudah. Menu sahur pun sudah siap. Tapi apa jadinya jika telat sahur, masih kuatkah puasa? Tentu umat Muslim tetap wajib melakukan puasa jika telat bangun sahur. Untuk menyiasati agar tetap bertenaga sepanjang hari, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan.Lain ceritanya apabila seseorang punya kondisi medis tertentu yang membuatnya tak bisa memaksakan berpuasa. Selalu ada perkecualian bagi yang berada dalam kondisi ini.

Tips puasa jika telat bangun sahur

Ketika azan subuh berkumandang, artinya sahur sudah harus tuntas. Artinya, ketika telat sahur maka haram hukumannya untuk makan atau minum meski hanya seteguk.Lalu, apa yang bisa dilakukan apabila ini terjadi? Berikut beberapa strateginya:

1. Tidak panik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tidak panik. Tak perlu merasa bingung atau khawatir berlebihan serta mempertanyakan kenapa bisa tidak terbangun. Itu tidak ada gunanya bahkan justru menghabiskan energi. Segera tunaikan salat Subuh dan mulai aktivitas seperti biasa.

2. Cari sinar matahari

sinar matahari
Mulailah hari dengan mendapatkan sinar matahari sebanyak mungkin. Buka pintu, jendela, atau berjalan di sekitar rumah. Ini menjadi sinyal agar tubuh tetap bekerja sesuai dengan ritme sirkadian yang mengatur kapan terlelap dan terjaga.

3. Tidur siang

Apabila memungkinkan, curi waktu untuk tidur siang meski hanya 10 menit saja. Justru jangan terlalu lama karena bisa membuat tubuh terasa lesu. Tidur sejenak sangat efektif mengembalikan energi hingga membuat mood terasa lebih baik.

4. Aktivitas ringan

Mengingat tidak sempat sahur, ada baiknya memilih aktivitas ringan saja sepanjang hari. Hindari pekerjaan yang terlalu berat atau berintensitas tinggi. Sebisa mungkin, hemat energi hingga waktu berbuka puasa tiba.

5. Alihkan pikiran

Hati-hati jangan sampai terjebak memikirkan soal telat bangun sahur terus menerus. Ini hanya akan membuat fokus pikiran seakan menambah rasa lemas akibat lapar dan juga dahaga. Cari kesibukan lain dengan melakukan aktivitas atau hobi yang disukai. Tanpa terasa, waktu akan terus berjalan menginjak sore hari.

6. Mandi

mandi
Ingin mood membaik serta rasa lemas hilang seketika? Mandi dengan air dingin bisa jadi jawabannya. Bahkan, mandi saat subuh juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan infeksi kulit.

7. Serapi makna puasa

Untuk memperkuat kemantapan hati agar teguh berpuasa meski telat sahur, selalu serapi apa makna puasa. Sebenarnya puasa bukan semata-mata menahan haus dan dahaga sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari saja.Lebih jauh dari itu, puasa adalah latihan menahan hawa nafsu yang lebih banyak lagi. Mulai dari amarah hingga keinginan duniawi lain agar bisa menjadi sosok lebih dekat dengan Allah.

8. Menghindari cuaca terik

Anda juga bisa menghindari cuaca terik atau beraktivitas di bawah sinar matahari langsung agar tidak merasa lesu. Siasati dengan melakukan aktivitas di tempat teduh atau di dalam ruangan.

Tak kalah penting, selalu ingat bahwa berpuasa memberikan banyak sekali manfaat bukan hanya dari sisi agama saja. Ketika berpuasa, tubuh berada di fase autofagi yaitu “restart” tubuh untuk memakan sendiri sel-sel yang telah rusak.Proses membuang zat tidak berguna hingga melindungi sel hati ini memastikan kalori digunakan dengan sangat efisien. Mekanisme autofagi bisa terjadi biasanya pada orang yang menjalani diet atau berpuasa.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara sehat berpuasa dan pilihan menu yang tepat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips puasahidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/practical-tips-to-safely-fast-during-ramadan
Diakses pada 23 April 2021
Productive Muslim. https://productivemuslim.com/productive-ramadan-tip-5/
Diakses pada 23 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/fasting-benefits
Diakses pada 23 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait