Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur Bisa Disebabkan 5 Penyakit Ini

(0)
25 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Telapak kaki sakit saat bangun tidur bisa disebabkan oleh fraktur stres.Telapak kaki sakit saat bangun tidur jangan diremehkan, segera minta pertolongan medis.
Telapak kaki sakit saat bangun tidur, mungkin akan terasa mengganggu ketika beranjak dari kasur. Perlu diketahui, telapak kaki sakit saat bangun tidur memiliki beberapa penyebab yang tidak boleh dianggap remeh.Ternyata, ada beberapa penyebab telapak kaki saat bangun tidur yang bisa menimbulkan rasa nyeri sepanjang hari.Jika tak mau hal itu terjadi, ada baiknya kenali berbagai macam penyebab telapak kaki sakit saat bangun tidur ini.

Telapak kaki sakit saat bangun tidur, apa penyebabnya?

Telapak kaki sakit saat bangun tidur mungkin tidak akan langsung terasa, saat Anda membuka mata. Bisa saja rasa nyerinya baru muncul, saat Anda menapakkan kaki di lantai.Jika dibiarkan begitu saja, rasa nyerinya bisa bertahan selama seharian penuh. Tentunya, hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.Namun jangan panik, mengetahui penyebab telapak kaki sakit saat bangun tidur, bisa membantu Anda mencari pengobatan terbaik. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Achilles tendinitis

Tendon achilles adalah pita jaringan yang menghubungkan otot betis ke tulang tumit. Pita jaringan ini dapat meradang dan menyebabkan achilles tendinitis.Achilles tendinitis mengakibatkan telapak kaki kaku dan terasa nyeri. Di pagi hari, gejalanya bisa semakin parah karena sirkulasi darah ke bagian tumit kaki terbatas saat tidur.Jika memang telapak kaki sakit saat bangun tidur disebabkan oleh achilles tendinitis, maka Anda bisa merasakan rasa nyerinya sepanjang hari.

2. Plantar fasciitis

Plantar fasciitis adalah kondisi peradangan pada pita jaringan yang membentang di bagian bawah kaki dan menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki. Plantar fasciitis menjadi salah satu penyebab umum telapak kaki sakit saat bangun tidur.Penderita plantar fasciitis akan merasakan nyeri ketika melangkahkan kaki pertama kali di pagi hari, setelah beranjak dari tempat tidur. Seiring berjalannya waktu, rasa nyerinya akan berkurang. Namun, rasa sakitnya bisa muncul lagi saat Anda berdiri dari posisi duduk atau berdiri dalam waktu yang lama.Plantar fasciitis lebih umum dirasakan oleh para atlet maupun pelari. Mereka yang memiliki berat badan berlebih juga berisiko mengidap plantar fasciitis.

3. Retak kecil pada tulang kaki (fraktur stres)

Telapak kaki sakit saat bangun tidur juga bisa disebabkan adanya retakan kecil pada tulang kaki. Kondisi ini disebut fraktur stres.Fraktur stres dapat disebabkan oleh penggunaan bagian kaki yang berlebihan, atau aktivitas fisik yang intens.Rasa nyerinya memang tidak langsung terasa. Setelah beberapa hari, rasa sakitnya akan semakin parah. Pembengkakan kaki juga mungkin terjadi.Segera berkonsultasi dengan dokter sebelum retakan kecil pada tulang kaki itu semakin parah. Jadi, Anda bisa memperoleh pertolongan medis segera. 

4. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah kondisi yang membuat sendi menjadi nyeri, kaku, dan bengkak. Umumnya, rheumatoid arthritis dapat dirasakan di tangan, pergelangan tangan, dan kaki.Ternyata, penderita rheumatoid arthritis lebih berisiko mengidap plantar fasciitis. Itulah sebabnya, telapak kaki sakit saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh rheumatoid arthritis.Menurut medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri, rheumatoid arthritis bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius lagi, bahkan melebihi telapak kaki sakit saat bangun tidur.“Rheumatoid artritis (RA) bukan hanya nyeri sendi biasa, karena peradangan ini tidak hanya terjadi lokal di sendi, melainkan juga ke seluruh tubuh. Jadi harus ditangani dengan serius,” katanya.Komplikasi yang bisa terjadi di lokal sendi misalnya pembengkakan, infeksi, bahkan tertekannya saraf sehingga menyebabkan carpal tunnel syndrome.

5. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme menyebabkan kelenjar tiroid di dalam tubuh Anda kehilangan fungsinya dalam memproduksi hormon tiroid yang cukup.Mengapa telapak kaki sakit saat bangun tidur dapat disebabkan oleh hipotiroidisme? Sebab, kekurangan hormon tiroid mampu mengakibatkan peradangan dan pembengkakan kaki.Ditambah lagi, hipotiroidisme juga bisa menyebabkan tarsal tunnel syndrome, sehingga saraf di kaki terjepit dan terasa nyeri.

Telapak kaki sakit saat bangun tidur bisa diatasi dengan cara ini

Pijat kaki
Telapak kaki sakit saat bangun tidur
Ketika telapak kaki sakit saat bangun tidur, Anda disarankan untuk langsung memeriksakannya di dokter. Namun, ada beberapa pertolongan pertama sebelum Anda mengunjungi dokter.
  • Mengompres dengan es batu

Tuangkan air ke dalam botol minum, kemudian simpan di dalam kulkas (freezer) semalaman hingga beku. Di pagi harinya, selimuti botol minum itu dengan kain bersih, dan kompreskan di bagian telapak kaki yang sakit.
  • Memijat kaki

Memijat telapak kaki dari bagian jari hingga ke tumit, dengan bola tenis atau tangan, dapat mengatasi ketegangan saraf yang mungkin menyebabkan telapak kaki sakit saat bangun tidur.
  • Merendam kaki

Merendam kaki di air hangat juga bisa dilakukan untuk mengatasi telapak kaki sakit saat bangun tidur. Beberapa orang merasakan “keajaiban” dengan merendamkan kaki mereka di dalam bak berisikan air hangat.Coba juga tuangkan garam magnesium sulfat, yang diyakini bisa menambah efek baik dari air hangat untuk kaki yang sakit.Jangan jadikan pertolongan pertama ini sebagai perawatan utama. Segera berkonsultasi dengan dokter, yang bisa mendiagnosis penyebab telapak kaki sakit saat bangun tidur, secara akurat.

Cara mencegah telapak kaki sakit saat bangun tidur

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kata-kata mutiara ini memang seringkali diremehkan, tapi perasaan menyesal akan datang saat penyakit sudah menyerang.Ada berbagai cara untuk mencegah telapak kaki sakit saat bangun tidur atau secara umum, meliputi:
  • Menghindari obesitas, karena menjaga berat badan yang ideal bisa mencegah tekanan berlebih pada kaki
  • Menjalani gaya hidup sehat
  • Tidak menggunakan sepatu berhak tinggi
  • Ganti sepatu lari setiap 643-804 kilometer
  • Selalu melakukan stretching atau peregangan, sebelum atau sesudah melakukan olahraga
Jika telapak kaki sakit saat bangun tidur tidak kunjung hilang setelah beberapa minggu, tidak ada alasan bagi Anda untuk menunda-nunda kunjungan ke dokter. Apalagi jika kondisi ini sampai mengganggu aktivitas Anda.Selain itu, jika telapak kaki sakit saat bangun tidur ditemani gejala seperti pembengkakan kaki dan mengganggu kemampuan Anda dalam berjalan, segera cari pertolongan medis.
penyakitkakipenyakit kakiartritis rheumatoid
Healthline. https://www.healthline.com/health/heel-pain-in-the-morning
Diakses pada 11 Juni 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/plantar-fasciitis/symptoms-causes/syc-20354846
Diakses pada 11 Juni 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/rheumatoid-arthritis/
Diakses pada 11 Juni 2020
Web MD. https://www.webmd.com/women/hypothyroidism-underactive-thyroid-symptoms-causes-treatments#1
Diakses pada 11 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sore-feet-remedies#summary
Diakses pada 11 Juni 2020
 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait