Mulai dari Sabuk Putih, Ini Teknik Taekwondo yang Harus Dikuasai Pemula


Taekwondo adalah olahraga beladiri asal Korea yang memiliki tiga teknik dasar, yaitu teknik memecahkan benda keras, rangkaian jurus, serta pertarungan. Salah satu jurusnya adalah kuda-kuda, yang begitu penting agar serangan tidak mudah terbaca orang lain.

(0)
17 Mar 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Taekwondo memiliki teknik gerakan dalam bertahan menghadapi lawan imajinerTaekwondo memiliki banyak jurus tendangan
Taekwondo adalah olahraga yang tidak asing lagi di Indonesia. Bahkan jenis beladiri ini sudah banyak dipelajari oleh anak-anak Sekolah Dasar. Nah, bagi Anda yang baru akan mulai berlatih seni beladiri dari Korea ini, ada baiknya mengetahui beberapa teknik taekwondo berikut.Teknik taekwondo sendiri terbagi menjadi teknik dasar, teknik menengah, dan teknik lanjut. Sebagai pemula, tentu saja Anda akan terlebih dahulu diajarkan teknik dasar dengan bentuk dan sasaran yang sederhana, misalnya melakukan tendangan dengan sasaran berupa alat yang diam.

Teknik-teknik taekwondo

Secara garis besar, terdapat 3 materi pokok yang akan diajarkan dalam teknik dasar taekwondo ini, yaitu:
  • Kyukpa (teknik pemecahan benda keras)

    Latihan teknik dengan memakai sasaran atau objek benda mati, seperti papan kayu, batu bata, genting, dan lain-lain. Teknik taekwondo ini bisa berupa tendangan, pukulan, sabetan, bahkan tusukan jari tangan.
  • Poomsae (rangkaian jurus)

    Teknik gerakan dasar dalam menyerang dan bertahan melawan lawan yang imajiner dengan mengikuti diagram tertentu.
  • Kyorugi (pertarungan)

    Praktik teknik gerakan dasar (poomsae) dengan melibatkan dua orang yang bertarung saling menggunakan teknik serangan dan teknik pertahanan diri yang telah dipelajarinya.
Ketiga teknik dasar taekwondo di atas sekaligus merupakan nomor-nomor lomba yang dipertandingkan di ajang internasional. Sementara itu pada praktiknya, terdapat banyak teknik dan jurus taekwondo yang terdapat di dalamnya. Apa saja gerakan-gerakan yang dimaksud?

Berbagai jurus dalam teknik taekwondo dasar

Jireugi adalah istilah pukulan dalam taekwondo
Dalam praktiknya, para taekwondoin harus menguasai beberapa jurus taekwondo dasar saat masih berada di sabuk putih, seperti:

1. Seogi (kuda-kuda)

Ada banyak sekali jenis sikap kuda-kuda dalam jurus taekwondo. Istilah taekwondo yang menggambarkan teknik yang satu ini misalnya Moa Seogi (kuda-kuda rapat), Naranhi Seogi (kuda-kuda sejajar), Ap Seogi (sikap jalan kecil), Juchum Seogi (kuda-kuda duduk), Ap Kubi (kuda-kuda panjang), Dwit Kubi (kuda-kuda L), Beom Seogi (kuda-kuda sikap harimau), dan Dwi Koa Seogi (kuda-kuda silang).Menurut Buku Jorpres yang diterbitkan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, lanqkah atau step juga termasuk salah satu teknik taekwondo ini. Yang dimaksud langkah adalah gerakan kaki tanpa melakukan tendangan maupun pukulan serta bertujuan mendekati menjauhi, menghindari, dan mengecoh iawan.Sepintas, teknik dasar taekwondo ini memang terlihat sederhana. Namun dalam sebuah pertandingan resmi, step sangat penting dimiliki oleh seorang taekwondoin agar kuda-kuda serangan tidak mudah dibaca oleh lawan.

2. Kyongkyok kisul (serangan)

Teknik serangan dalam jurus taekwondo terdiri dari serangan melalui Jireugi (pukulan), Chigi (sabetan), Chireugi (tusukan), dan Chagi (tendangan). Pada praktiknya, teknik-teknik itu pun terbagi lagi menjadi banyak bagian.Teknik tendangan misalnya, terdiri atas beragam jenis, seperti Ap Chagi (tendangan ke depan), Naeryo Chagi (tendangan mengayun atau cangkul), Dollyo Chagi (tendangan melingkar), Yeop Chagi (tendangan ke samping), Dwi Chagi (tendangan ke belakang), Milyo Chagi (tendangan sodok depan), Dwi Huryeo Chagi (tendangan balik dengan mengait), dan lain-lain.

3. Makki (tangkisan)

Teknik taekwondo dasar yang berupa tangkisan misalnya Arae Makki (tangkisan ke bawah), Eolgol Makki (tangkisan keatas), Momtong An Makki (tangkisan pengambilannya dari luar ke dalam), Momtong Bakat Makki (tangkisan dari dalam keluar), dan Sonnal Makki (tangkisan dengan pisau tangan).

4. Keup so (sasaran tubuh)

Dalam pertandingan resmi, tubuh taekwondoin memiliki nilai berbeda-beda. Sesuai dengan aturan bakunya, daerah sasaran yang diperbolehkan dalam pertandingan taekwondo adalah:
  • Badan

    Serangan ke area badan boleh dilakukan dengan tangan maupun kaki, tapi terbatas ke bagian tubuh yang dilindungi oleh body protector (kecuali area di sepanjang tulang belakang).
  • Muka

    Wajah taekwondoin juga termasuk area yang sah untuk diserang, kecuali daerah kepala bagian belakang. Serangan pun hanya boleh menggunakan kaki.
Agar cepat bisa dalam melakukan berbagai teknik taekwondo di atas, Anda perlu berlatih secara rutin. Anda bisa mendaftarkan diri ke klub taekwondo terdekat agar memulai latihan beladiri ini dari nol (sabuk putih) didampingi dengan pelatih profesional, baik sabeum, sabeumnim, master, atau grandmaster.
olahragatips olahragahidup sehat
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132305089/penelitian/Teknik+Dasar+Taekwondo.pdf
Diakses pada 5 Maret 2021
Universitas Negeri Semarang. http://blog.unnes.ac.id/mokho/teknik-dasar-taekwondo/
Diakses pada 5 Maret 2021
Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/50509/3/Fauzi_Hestu_Harmoni_22010112110043_LapKTI_Bab2.pdf
Diakses pada 5 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait