Teknik Servis dalam Bulu Tangkis, Penggemar Badminton Wajib Tahu


Servis dalam badminton merupakan pukulan awal untuk memulai pertandingan. Servis dalam badminton umumnya dilakukan dengan teknik backhand dan forehand. Menguasai macam-macam servis dalam bulu tangkis bisa sangat menentukan kualitas permainan.

0,0
macam-macam servis bulu tangkisMenguasai macam-macam servis dalam bulu tangkis menentukan kualitas permainan
Bagi penggemar badminton, mengenal macam-macam servis dalam bulu tangkis menjadi wajib untuk diketahui. Apalagi bulu tangkis merupakan cabang olahraga permainan pemersatu bangsa yang cukup populer di Indonesia. Terlebih, euforia kemenangan ganda putri Indonesia di kancah Olmipiade Tokyo 2020, masih panas-panasnya. Simak pemaparan tentang macam-macam servis dalam bulu tangkis beserta persiapan yang wajib dilakukan berikut ini!

Macam-macam servis dalam bulu tangkis

Badminton merupakan salah satu olahraga permainan yang digemari berbagai kalangan. Servis merupakan salah satu tekniknya.Servis adalah pukulan awal dalam permainan bulu tangkis untuk menerbangkan kok (shuttlecock). Pukulan ini adalah pembuka permainan. Teknik servis sangat penting dan perlu dikuasai oleh pemain bulu tangkis. Teknik ini akan selalu digunakan dalam pola pertahanan maupun penyerangan. Penguasaan macam-macam servis dalam bulu tangkis yang tepat dan akurat sangat menentukan kualitas permainan bulu tangkis hingga menentukan kemenangan. Pada umumnya, servis bulu tangkis dilakukan pada sebelah kanan badan (forehand) dan pada sebelah kiri badan (backhand) dengan cara berikut:
  • Berdiri tegak dengan kaki salah satu kaki berada di depan kaki yang lain
  • Pegang kok dengan ibu jari dan telunjuk serta angkat ke depan setinggi bahu
  • Ayunkan raket dengan tangan kanan bersamaan dengan tangan kiri melepas kok
Macam-macam servis dalam bulu tangkis diuraikan sebagai berikut.

1. Servis panjang

Servis panjang (long service) adalah pukulan servis dengan cara memukul kok setinggi-tingginya, lalu jatuh di garis belakang bidang lapangan lawan. Jenis servis panjang ini biasanya digunakan dalam permainan tunggal.Jenis servis ini jelas membutuhkan banyak tenaga. Selain itu, pemain harus mengayunkan raket dari arah belakang ke depan dengan sempurna. Jenis servis panjang ini sangat tepat dilakukan saat lawan kehabisan tenaga. Dengan begitu, ia terpaksa mengeluarkan banyak tenaga untuk mengejar shuttlecock.

2. Servis pendek 

Servis pendek (short service) adalah pukulan yang mengarahkan kok sedekat mungkin dengan area depan garis serang pemain lawan. Pada jenis servis ini, kok melaju tipis melewati net dan jatuh dekat dengan net sehingga membuat lawan mengembalikan kok naik ke atas.Dengan servis pendek, lawan tidak bisa melakukan serangan dan dipaksa berada pada posisi bertahan.Servis pendek ini hanya memerlukan sedikit tenaga dengan gerak pergelangan tangan yang menentukan arah kok. Jenis servis ini biasanya dilakukan dengan jenis pukulan backhand.Meski begitu, jika perhitungan meleset, kok bisa jatuh di depan garis lawan dan dianggap out sehingga memberikan poin untuk lawan. Teknik servis ini menjadi salah satu yang digunakan oleh pasangan ganda putri China saat melawan Indonesia, dan memberikan poin untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

3. Servis datar 

Servis datar (drive service) adalah pukulan keras, cepat, dan mendatar sehingga membuat kok melewati net secara sejajar dengan lantai. Jenis servis ini biasanya digunakan untuk menipu lawan dan dilakukan dalam permainan ganda. 

4. Servis setengah tinggi (flick service)

Servis setengah tinggi (flick service) adalah pukulan servis yang dilakukan dengan cara cambukan (smash). Flick service merupakan gabungan dari servis panjang dan servis pendek. Gerakan pukulan dilakukan dengan cara servis seperti biasa, kemudian setelah raket menyentuh kok, dengan cepat pukulan dicambukkan.

Apa saja persiapan sebelum badminton yang perlu dilakukan?

Tidak hanya demi performa yang berkualitas, gerakan permainan badminton yang tepat juga turut memberikan manfaat lain, seperti melatih koordinasi tangan dan mata, kekuatan otot, dan kelincahan. Gerakan permainan badminton termasuk servis bulu tangkis tidaklah mudah, terutama bagi pemula. Perlu persiapan dan latihan yang sungguh-sungguh agar otot lengan dan kaki terlatih dengan baik. Cedera olahraga saat latihan maupun pertandingan sangat mungkin terjadi, termasuk pada olahraga bulu tangkis. Beberapa jenis cedera yang biasanya terjadi, seperti cedera bahu, siku, pergelangan tangan, lutut, dan pergelangan kaki. Untuk olahraga badminton, cedera tungkai bawah mungkin lebih sering terjadi karena perubahan posisi dan arah yang cepat.Untuk meminimalkan risiko cedera, berikut beberapa persiapan yang perlu dilakukan:
  • Pemanasan sebelum olahraga
  • Pendinginan setelah olahraga 
  • Fasilitas olahraga yang memadai, seperti lapangan yang nyaman, perlengkapan bulu tangkis yang lengkap dan sesuai standar 
  • Pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman
  • Pastikan Anda terhidrasi dengan cukup sebelum, saat, dan setelah berolahraga
  • Pastikan kondisi kesehatan Anda baik sebelum olahraga
  • Pastikan Anda memahami teknik dan cara bermain yang baik 
Setelah mengetahui macam-macam servis dalam bulu tangkis, tidak ada salahnya Anda praktikkan dalam latihan. Pastikan kondisi kesehatan Anda dalam kondisi bugar sebelum latihan. Jika terjadi cedera, Anda bisa berkonsultasi menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahragacedera otottips olahragahidup sehat
The Badminton Bible. https://www.badmintonbible.com/shots/serve-and-return/serve/types
Diakses pada 2 Agustus 2021
Kementerian Kesehatan Malaysia. http://www.myhealth.gov.my/en/safety-tips-badminton/
Diakses pada 2 Agustus 2021
Sports Rec. https://www.sportsrec.com/6662749/badminton-drills-lead-up-games
Diakses pada 2 Agustus 2021
Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/13912/1/jurnal.pdf
Diakses pada 2 Agustus 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/8789/3/BAB%20II.pdf
Diakses pada 2 Agustus 2021
Sports Rec. https://www.sportsrec.com/6662749/badminton-drills-lead-up-games
Diakses pada 2 Agustus 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/33520019.pdf
Diakses pada 2 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait