3 Teknik Senam Bibir yang Mudah Dilakukan


Bukan tubuh saja, senam bibir juga punya manfaat untuk melatih otot-otot yang ada di wajah. Ada banyak versi senam yang satu ini, salah satunya bisa dengan melakukan face yoga. Senam ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah,

0,0
26 Sep 2021|Azelia Trifiana
Bibir menjadi lebih berisiBibir menjadi lebih berisi
Bukan tubuh saja, senam bibir juga punya manfaat untuk melatih otot-otot yang ada di wajah. Ada banyak versi senam yang satu ini, salah satunya bisa dengan melakukan face yoga.Manfaatnya banyak, mulai dari membuat bibir lebih penuh, kecil, atau berpengaruh terhadap cara senyum. Jika dilakukan secara konsisten, maka area wajah yang rentan berkurang kolagennya akibat penuaan bisa lebih kencang.

Manfaat senam bibir dan wajah

Fokus utama dalam senam bibir dan juga senam wajah adalah mengaktifkan otot-otot sehingga lebih kuat. Sama sebenarnya seperti olahraga yang melatih otot perut, lengan, atau kaki. Makin sering dilatih, tentu dapat meningkatkan panas dan sirkulasi darah mikro di area-area itu.Hasilnya apabila dilakukan secara konsisten, maka akan membuat bibir jadi makin kencang. Bukan hanya itu, sirkulasi darah yang lancar juga akan membuat bibir tampak cerah dan tidak pucat.Namun perlu digarisbawahi bahwa senam semacam ini tidak bekerja untuk membuat kulit lebih tebal. Hanya ototnya saja yang lebih aktif dan juga kuat.

Teknik melakukan senam bibir

Bagi yang baru pertama kali melakukan senam bibir, bisa saja wajah terutama area sekitar bibir terasa lelah. Mirip sekali seperti ketika baru mulai berolahraga setelah lama vakum. Jangan risau, ini adalah hal yang normal. Ketika sudah terbiasa, akan terasa lebih mudah.Lalu, apa saja teknik melakukan senam bibir?

1. Fish lips

Seperti ikan, ini adalah teknik senam bibir dengan cara mengerucutkan keduanya. Di saat yang sama, isap kedua pipi. Sembari bibir masih mengerucut, tersenyum selebar-lebarnya. Biarkan bagian lain di wajah tetap rileks, contohnya area mata.Tahan gerakan ini selama 10 detik, lalu kembali rileks. Dalam sehari, gerakan fish lips ini bisa  diulangi dengan empat kali pengulangan.

2. The whistler

Gerakan senam the whistler ini dilakukan dengan membentuk huruf “O” dengan bibir, mirip seperti sedang bersiul. Lalu, coba tersenyum sekuat tenaga dengan menahan bibir tetap dalam posisi “O”.Tahan posisi ini selama 10 detik. Kemudian, ambil jeda untuk rileks. Gerakan ini bisa diulang sebanyak tiga kali repetisi.Pada repetisi berikutnya, pompa kedua pipi ke atas dan bawah sebanyak 12 kali. Ingat, bibir tetap berada dalam posisi huruf “O”, ya!

3. Facial yoga

Langkah pertama, hirup udara hingga mulut mengembang. Kemudian, pindahkan udara dari pipi kanan ke pipi kiri secara bergantian. Cara ini akan mengurangi garis-garis halus yang disebut marionette lines di sekitar mulut.Kemudian, kerucutkan kedua bibir seperti akan mencium. Lakukan selama 30-60 detik. Di saat yang sama, isap kedua pipi dan gerakkan bibir ke atas dan bawah. Tahan selama lima detik.

Kapan perubahan akan terasa?

Olahraga apapun yang melatih otot tentu perlu waktu hingga terlihat hasilnya. Tidak bisa instan. Apalagi, senam bibir merupakan cara alami tanpa ada intervensi seperti perawatan di klinik kecantikan atau operasi. Jadi, hasil akan terlihat apabila dilakukan secara konsisten.Rata-rata, perlu waktu tiga minggu apabila seseorang setiap harinya rutin mencoba senam wajah. Bukan hanya sekali saja, namun lengkap dengan repetisinya.Ada pula kekhawatiran bahwa senam bibir dan senam wajah akan membuat wajah keriput atau smile lines kian terlihat. Untuk menghindarinya, pastikan mata tetap rileks ketika melakukan gerakan-gerakan di atas.Fokuslah pada otot-otot yang ada di bibir dan sekitarnya, seperti pipi. Selain otot yang sedang bertugas ini, sebaiknya tetap rileks. Artinya, mata tak perlu terpejam rapat-rapat. Justru sebaiknya rileks saja seperti biasa.Wajar jika pada awalnya masih bingung otot mana yang digunakan untuk berlatih. Namun dengan membiasakan diri, akan makin terasa korelasi antara gerakan dan otot yang aktif.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar efektivitas yoga atau senam wajah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikan
Byrdie. https://www.byrdie.com/facial-exercise
Diakses pada 13 September 2021
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/1002752-make-lips-bigger-facial-yoga/
Diakses pada 13 September 2021
Foreo. https://www.foreo.com/mysa/facial-exercises-slim-face/
Diakses pada 13 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait