Teknik Pomodoro: Cara untuk Belajar dengan Efisien


Cara orang belajar tentu berbeda-beda, salah satu yang menarik adalah teknik belajar Pomodoro. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh Francesco Cirilo, seorang developer yang semasa kuliah kesulitan belajar dengan fokus. Berbekal timer dapur berbentuk tomat yang dimilikinya, ia merancang teknik belajar dengan interval waktu

(0)
26 May 2020|Azelia Trifiana
Teknik Pomodoro cocok untuk meningkatkan fokus belajar dan bekerjaTeknik belajar Pomodoro dapat meningkatkan fokus belajar
Cara orang belajar tentu berbeda-beda, salah satu yang menarik adalah teknik belajar Pomodoro. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh Francesco Cirilo, seorang developer yang semasa kuliah kesulitan belajar dengan fokus. Berbekal timer dapur berbentuk tomat yang dimilikinya, ia merancang teknik belajar dengan interval waktu.Teknik belajar Pomodoro menjadi populer karena membantu orang yang tidak bisa fokus dalam rentang waktu terlalu lama. Artinya, seseorang diberi kesempatan untuk beristirahat berkali-kali untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Bahkan, teknik belajar Pomodoro disebut bermanfaat untuk melatih fokus dan otak.

Mengenal teknik belajar Pomodoro

Metode dalam teknik belajar Pomodoro sangat sederhana. Ketika menghadapi tugas atau harus belajar cukup intens, maka rentang waktu belajar dipecah menjadi beberapa interval waktu yang disebut “Pomodoro”.Dengan teknik ini, otak dilatih untuk fokus dalam periode lebih singkat tanpa mengesampingkan produktivitas. Beberapa kelebihan teknik belajar Pomodoro adalah:

1. Melatih fokus

Idealnya, seseorang memang tidak bisa fokus dalam rentang waktu terlalu lama. Secara alami, fokus akan perlahan menurun setelah rentang waktu beberapa saat. Lewat teknik belajar Pomodoro, hal ini difasilitasi dengan baik. Artinya, otak dilatih terbiasa untuk fokus dalam rentang waktu yang lebih singkat.

2. Tetap produktif

Meskipun teknik belajar Pomodoro terlihat sering sekali memberikan waktu jeda atau istirahat, namun bukan berarti produktivitasnya menurun. Justru, fokus yang dicurahkan dalam waktu singkat itu berhasil menuntaskan tugas atau kebutuhan belajar sesuai target.

3. Sederhana

Bisa dibilang teknik belajar Pomodoro adalah metode yang paling sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. Hanya perlu timer tanpa buku, aplikasi, atau alat tambahan. Jadi, siapapun yang tertarik dengan teknik belajar Pomodoro bisa mencobanya kapan saja.

4. Melatih kedisiplinan

Perlu dicatat juga bahwa apabila seseorang terdistraksi dalam jeda waktu saat melakukan teknik belajar Pomodoro, artinya teknik ini harus diulang lagi dari awal. Contohnya jika saat jeda bertemu dengan orang lain dan berbincang hingga melewati batas waktu, atau sekadar menerima telepon hingga waktu istirahat berakhir.

5. Jaga kesehatan fisik dan mental

Memberikan jeda berkali-kali setiap 25 menit bekerja atau belajar juga memberi waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Saat jeda selama 5 menit, seseorang bisa melakukan peregangan tubuh atau stretching, minum, berbincang dengan orang lain, atau sekadar melihat hal lain di Internet yang menghibur.

Cara melakukan teknik belajar Pomodoro

Inti dari melakukan teknik belajar Pomodoro ada dalam 5 tahapa ini, yaitu:
  1. Pilih tugas yang akan diselesaikan
  2. Atur timer selama 25 menit
  3. Kerjakan tugas atau belajar hingga timer berbunyi, kemudian beri checklist di lembar kertas
  4. Ambil jeda istirahat sekitar 5 menit
  5. Setiap kali timer berbunyi 4 kali, jeda istirahat bisa lebih lama sekitar 15-30 menit
Waktu jeda istirahat setelah timer berbunyi 4 kali ini bisa berbeda antara satu orang dan lainnya. Tentukan saja berapa waktu istirahat yang diperlukan antara 15-30 menit agar kembali merasa berenergi dan siap mengerjakan tugas kembali selama 25 menit.Ulangi proses teknik belajar Pomodoro selama beberapa hari dan lihat hasilnya. Biasanya, orang yang sudah melakukan teknik belajar Pomodoro mengakui banyak tugas yang terselesaikan dengan seimbang.

Siap mencoba teknik belajar Pomodoro?

Meski terlihat sederhana, orang yang ingin melakukan teknik belajar Pomodoro harus benar-benar disiplin. Ketika berada dalam fase belajar atau mengerjakan tugas selama 25 menit, jangan ada distraksi sekecil apapun.Beberapa hal yang bisa dilakukan bagi yang baru mencoba melakukan teknik belajar Pomodoro adalah:
  • Sampaikan pada orang lain di sekitar atau yang kerap menghubungi bahwa Anda sedang mengerjakan tugas atau belajar saat ini
  • Negosiasikan kapan Anda bisa kembali menghubungi mereka
  • Jadwalkan follow-up yang tertunda selama sedang melakukan teknik belajar Pomodoro
  • Hubungi orang lain yang membutuhkan saat teknik belajar Pomodoro rampung
Begitu pentingnya fokus saat sedang melakukan teknik belajar Pomodoro, ketika ada distraksi di jeda istirahat selama 5 menit itu, Anda harus menentukan prioritas. Apakah meninggalkan distraksi dan kembali menekuni 25 menit teknik belajar Pomodoro atau mengakhiri teknik belajar Pomodoro dan meladeni distraksi tersebut.Siapa tahu, teknik belajar Pomodoro ini bisa membuat produktivitas Anda meningkat. Atau bagi orangtua, mungkin buah hati Anda bisa lebih fokus dengan mengadaptasi teknik belajar Pomodoro. Selamat mencoba!
tips parentingibu dan anakgaya parenting
Life Hacker. https://lifehacker.com/productivity-101-a-primer-to-the-pomodoro-technique-1598992730
Diakses 11 Mei 2020
The Muse. https://www.themuse.com/advice/take-it-from-someone-who-hates-productivity-hacksthe-pomodoro-technique-actually-works
Diakses 11 Mei 2020
Life Hack. https://www.lifehack.org/articles/productivity/the-pomodoro-technique-is-it-right-for-you.html
Diakses 11 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait