Teknik Dasar Permainan Softball, Cocok untuk Pemula


Selain memukul dan melempar, teknik dasar permainan softball yang perlu Anda kuasai adalah berlari dan melempar bola.

0,0
teknik dasar permainan softballTerdapat enam teknik dasar permainan softball
Meskipun kurang populer di Indonesia, softball atau sofbol merupakan cabang olahraga permainan yang menarik untuk dilakukan. Olahraga beregu ini membutuhkan ketangkasan, konsentrasi, dan kerja tim yang baik. Kenali lebih jauh teknik dasar permainan softball dan manfaatnya bagi kesehatan berikut ini. 

Teknik dasar olahraga softball

Pada dasarnya, softball merupakan olahraga beregu yang dilakukan untuk menyerang dan bertahan dari grup lawan. Dalam hal ini, pemain harus melatih fisik, teknik, taktik, dan mental.Permainan ini mirip dengan olahraga baseball. Sebelum mulai bermain atau berlatih, Anda harus mengetahui beberapa teknik dasar permainan softball berikut ini.

1. Memukul (batting/hitting)

Memukul bisa menjadi bagian paling menyenangkan dalam permainan softball. Untuk mendapatkan nilai dalam sofbol, pemain harus memiliki kemampuan memukul bola.Seorang pemukul membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang baik, waktu reaksi yang cepat, kepercayaan diri, dan teknik yang tepat.Untuk menjadi batter atau pemukul, berikut prinsip yang harus Anda perhatikan:
  • Cara memegang tongkat (grip)
  • Cara berdiri (stance)
  • Cara melangkahkan atau menggeserkan kaki (stride)
  • Cara mengayunkan alat pemukul 
  • Gerakan lanjutan (follow through)
Ada 2 teknik dasar memukul dalam permainan softball, yaitu memukul bola dengan ayunan (swing) dan memukul bola tanpa ayunan atau menahan bola pitcher (bunt).

2. Menangkap (catching)

Menangkap merupakan salah satu keterampilan defensif (bertahan) dalam permainan softball. Menangkap bola dilakukan untuk menguasai bola dengan tangan memakai glove, dari hasil pukulan atau lemparan teman. Seorang catcher atau penangkap bola tidak hanya harus tepat. Ia harus mampu dengan segera bersiap melempar bola kembali. Terdapat 2 teknik menangkap bola dalam permainan softball, yakni menangkap bola lambung (fly ball) dan bola gulir (ground ball).

3. Melempar (throwing/pitching)

Selain menangkap, melempar juga termasuk keterampilan defensif dalam permainan softball. Kemampuan menangkap dan melempar yang tepat dan cepat akan menyulitkan pelari yang mencoba maju ke pangkalan selanjutnya. Seorang pitcher atau pelempar harus memperhatikan unsur kecepatan dan ketepatan. Tidak hanya itu, seorang pitcher harus mengetahui cara memegang bola dan teknik melempar.Ada 3 teknik lemparan dalam permainan softball, yaitu lemparan atas, lemparan samping, dan lemparan bawah.

4. Berlari (base running)

Lari menjadi salah satu faktor penting dalam permainan softball. Pemain harus memiliki kemampuan, kecakapan, kelincahan, dan kecepatan lari untuk mencapai base dengan selamat.Berlari pada permainan softball tidak hanya harus cepat, tetapi juga cerdas. Seorang pelari base yang baik harus mengetahui dan memahami situasi permainan.Seorang pelari juga perlu memperkirakan waktu untuk lari ke base selanjutnya. 

5. Meluncur (sliding)

Meluncur biasanya dilakukan oleh pelari (base runner) yang membaca situasi untuk melakukan stealing. Tindakan ini diambil oleh base runner yang berusaha maju ke base di depannya saat pitcher mulai melempar bola. Sliding biasanya dilakukan dengan jarak 2-3 meter dari base di depannya. Terdapat 3 jenis teknik sliding dalam permainan softball, yaitu sliding lurus (le straight leg slide), meluncur mengait (hook slide), dan meluncur kepala lebih dulu (first head slide).

6. Menjaga (fielding)

Fielding merupakan kemampuan gerak dasar softball untuk pertahanan. Teknik ini membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi sebelum bola datang atau sebelum bola dipukul oleh batter.Pada posisi ini, seorang pemain harus mampu mengantisipasi segala kemungkinan arah datangnya bola. 

Manfaat olahraga softball bagi kesehatan

Sebagaimana jenis olahraga beregu lainnya, softball juga memberi manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga sofbol bagi kesehatan:

1. Menguatkan otot

Teknik dasar permainan softball, seperti memukul, melempar, dan berlari melibatkan semua bagian otot tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat berlari dari olahraga ini. Kekuatan genggaman juga bisa jadi salah satu manfaatnya.Jika dilakukan dengan benar dan konsisten, hal ini bisa menguatkan otot tubuh, termasuk tangan dan kaki

2. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Bermain softball membutuhkan konsentrasi dan fokus, baik saat memukul, menangkap, melempar, berlari, hingga meluncur. Gerakan-gerakan ini dapat melatih koordinasi mata dan alat gerak lain, serta keseimbangan tubuh. Anda juga bisa melatih fokus dan konsentrasi.

3. Meningkatkan kebugaran

Permainan softball termasuk olahraga yang memiliki durasi lama dalam satu kali permainan. Dengan gerakan-gerakan di dalamnya tentu hal ini dapat meningkatkan kebugaran.

4. Meningkatkan kerja tim dan sportivitas

Softball merupakan olahraga beregu yang membutuhkan strategi dan kerja sama tim. Hal ini dapat meningkatkan sportivitas dan teamwork di dalamnya.

5. Meningkatkan hubungan sosial

Sebagaimana olahraga beregu lainnya, sofbol membuat Anda bertemu dengan banyak pemain dan pelatih sehingga dapat meningkatkan hubungan sosial.

6. Menjaga kesehatan mental

Serupa dengan manfaat olahraga lainnya, bermain sofbol juga dapat berdampak positif bagi kesehatan mental. Salah satunya karena ada hubungan sosial yang terbangun.Selain itu, saat berolahraga, tubuh Anda akan mengeluarkan hormon kebahagiaan yang baik untuk kesehatan mental.Itulah beberapa teknik dasar dan manfaat kesehatan dari permainan softball yang sayang untuk dilewatkan. Mengetahui teknik bermain dan berlatih dengan profesional menjadi kunci meningkatkan performa permainan Anda. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya. Menjaga kondisi fisik dalam kondisi bugar dan cukup minum juga bisa meminimalkan Anda dari risiko cedera olahraga.Jika masih ada pertanyaan seputar teknik dasar permainan softball atau hal-hal lain untuk menghindari cedera, Anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kesehatan olahrga.Anda juga bisa melakukan konsultasi online dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
olahragatips olahragaolahraga anak
Universitas Negeri Jakarta. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/artikel/Pengembangan_model_latihan_fielding_cabang_olahraga_softball_usia_SMA.pdf
Diakses pada 6 Agustus 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131655987/penelitian/Kemampuan+Teknik+dasar+bermain+softball.pdf
Diakses pada 6 Agustus 2021
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/youth-sports-profile-baseball-and-softball-1257472
Diakses pada 6 Agustus 2021
Web MD. https://www.webmd.com/men/features/exercise-benefits
Diakses pada 6 Agustus 2021
Softball Australia. http://assets.softball.org.au/dl/sal/Coaching/Resources/FUNdamentals/FUNdamental%20Skills.pdf
Diakses pada 6 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait