Teknik Dasar Pencak Silat Bagi Pemula, Ini Panduannya untuk Anda


Teknik dasar pencak silat ada beragam. Sebelum mempelajarinya secara langsung di padepokan, ada baiknya Anda membaca panduannya dalam artikel ini.

0,0
19 Nov 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Teknik dasar pencak silat antara lain adalah kuda-kudaTeknik dasar pencak silat ada tujuh
Teknik dasar pencak silat sebagai bela diri ternyata ada bermacam-macam. Teknik ini bisa dipelajari oleh semua kalangan, termasuk pemula sekalipun. Bagi Anda yang tertarik mempelajari seni bela diri asal Indonesia ini, ada baiknya mengetahui teknik dasarnya sebagai gambaran sebelum Anda memulai latihan sebenarnya.Pada dasarnya, pencak silat memiliki filosofi gerakan untuk pertahanan diri dari bahaya yang mengintai dan mungkin mengancam keselamatan Anda. Teknik dasar pencak silat sudah dilakukan oleh leluhur bangsa Indonesia dan kini banyak dipelajari oleh berbagai negara.Indonesia termasuk negara yang disegani dalam hal pencak silat sebagai cabang olahraga bela diri. Tak heran, karena para atlet pencak silat Tanah Air telah berhasil menyabet 14 medali emas di kejuaraan multiajang Asian Games 2018. Dengan kata lain, jumlah tersebut nyaris setengah dari perolehan emas Tim Merah-Putih yang kala itu mengoleksi total 30 medali emas.

Teknik dasar pencak silat

Pencak silat adalah jenis olahraga yang cocok dilakukan oleh semua orang, mulai dari pria atau wanita, anak-anak atau orang dewasa, termasuk orang yang ingin berlatih ilmu bela diri ataupun ingin meningkatkan massa otot. Teknik dasar pencak silat pun relatif bisa dipelajari oleh semua orang, seperti berikut ini.

1. Teknik kuda-kuda

Teknik kuda-kuda penting untuk menjaga keseimbangan
Kuda-kuda adalah teknik dasar pencak silat yang berpusat pada posisi kaki saat menapak tanah. Fungsinya ialah menjaga keseimbangan saat menyerang maupun bertahan dari serangan lawan.Teknik kuda-kuda ini sangat beragam, mulai dari kuda-kuda depan, tengah, belakang, samping, silang, maupun teknik kuda-kuda depan-belakang. Untuk mempelajari teknik ini dengan benar, Anda sebaiknya meminta bantuan pelatih agar tidak salah dalam menerapkan teknik yang paling dasar dari setiap gerakan pencak silat ini.

2. Teknik sikap pasang

Sikap pasang memerlukan kelenturan tubuh
Sikap pasang adalah teknik dasar pencak silat yang posisinya dikombinasikan dengan kuda-kuda. Sikap pasang ini membutuhkan fleksibilitas tubuh agar dapat cepat beradaptasi dengan situasi yang Anda hadapi, baik untuk bertahan maupun menyerang.

3. Teknik arah

Dalam teknik dasar pencak silat, teknik arah dikenal juga sebagai 8 penjuru mata angin. Salah satu alasannya karena teknik ini berhubungan dengan arah seorang pendekar pencak silat akan melangkah saat menyerang atau bertahan.

4. Teknik pola langkah

Pola langkah adalah gerakan kaki yang terpola secara taktis agar Anda mendapatkan posisi yang menguntungkan saat berhadapan dengan lawan. Pola langkah ini sendiri terdiri atas beberapa macam gerakan, yakni pola langkah lurus, zig-zag, langkah U dan S, segitiga, maupun segi empat.

5. Teknik tendangan

Teknik tendangan dalam pencak silat bukan hanya gerakan yang dilakukan oleh tulang kering dan telapak kaki, melainkan juga oleh lutut. Ada beberapa jenis tendangan yang menjadi teknik dasar pencak silat, yaitu tendangan lurus, sabit, tendangan T, jejak, dan tendangan belakang.

6. Teknik pukulan

Pukulan yang dikenal dalam teknik dasar pencak silat terdiri atas 4 jenis, yakni pukulan lurus, pukulan tegal, pukulan bandul, dan melingkar. Gerakan pukulan ini bisa digunakan untuk menyerang lawan maupun bertahan dari serangan musuh.

7. Teknik tangkisan

Ini adalah teknik dasar pencak silat yang penting untuk bertahan dari serangan lawan. Ada 3 jenis teknik tangkisan dalam olahraga ini, yaitu tangkisan luar, tangkisan atas, dan tangkisan bawah.

8. Teknik guntingan

Teknik dasar pencak silat ini dilakukan untuk menjatuhkan atau merobohkan lawan. Seperti namanya, teknik ini dilakukan dengan ‘menggunting’ atau menjepit kaki lawan dengan kedua kaki Anda. Dalam pencak silat, teknik guntingan bisa berupa gunting depan, samping, belakang, maupun guntingan atas.

Ciri khas olahraga pencak silat

Sebelum mempelajari teknik dasar pencak silat, Anda terlebih dahulu perlu mengetahui karakteristik dari olahraga ini sendiri. Secara umum, pencak silat adalah olahraga yang melatih seluruh bagian tubuh dari ujung jari tangan dan kaki sampai kepala, tidak memerlukan senjata apapun, dan bisa dilakukan hanya dengan tangan kosong.Sementara itu, ciri khas yang membedakan pencak silat dengan olahraga bela diri lainnya adalah:
  • Sikap tenang
  • Tidak bertumpu pada kekuatan Anda, melainkan kelentukan, kelincahan, kecepatan, dan ketepatan
  • Menggunakan prinsip berat badan
  • Memanfaatkan setiap serangan dan tenaga lawan
  • Mengeluarkan tenaga sendiri sesedikit mungkin, tapi efek gerakannya cukup berbahaya bagi lawan

Catatan dari SehatQ

Teknik dasar pencak silat memang bisa Anda lihat di berbagai situs daring maupun buku bacaan. Kendati demikian, pemula sebaiknya tetap belajar di padepokan pencak silat dengan bimbingan pelatih yang kompeten untuk menghindari kesalahan gerakan yang mungkin mengakibatkan Anda cedera.Untuk mengetahui cara mengantisipasi maupun mengatasinya risiko cedera akibat melakukan teknik dasar pencak silat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragamenjaga kesehatan
Semantic Scholar. https://pdfs.semanticscholar.org/31aa/4d37aff84ebe71fc9b830e6889ad91d63b06.pdf
Diakses pada 8 November 2020
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132308480/penelitian/pencak-silat-upload.pdf
Diakses pada 8 November 2020
Humas PHRI Jabar. https://humas.phri-jabar.or.id/read/travel-ideas/2020/09/19/8-teknik-dasar-pencak-silat-olahraga-bela-diri-asli-indonesia/
Diakses pada 8 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait