logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Risiko Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan

open-summary

Buah bit tinggi kandungan nitrat dan pigmen betalain yang membuat manfaat buah bit begitu melimpah. Anda bisa mengonsumsinya sebagai campuran salad maupun dalam bentuk jus.


close-summary

4.2

(20)

8 Okt 2019

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Kandungan nitrat dan pigmen betalain dalam buah bit membuatnya bermanfaat bagi kesehatan

Buah bit dapat dikonsumsi langsung maupun diolah dalam masakan atau menjadi jus

Table of Content

  • Kandungan buat bit
  • Manfaat buah bit untuk kesehatan
  • Risiko bahaya mengonsumsi buah bit 
  • Cara mengonsumsi buat bit agar nutrisinya terjaga
  • Pesan dari SehatQ

Buah bit manfaatnya untuk kesehatan tubuh sangat banyak, terutama bagi mereka yang ingin memastikan tekanan darah selalu stabil. Tak heran jika manfaat buah bit sangat melimpah mengingat kandungan vitamin dan mineral yang tinggi di dalamnya.

Advertisement

Buah bit biasanya digunakan sebagai tambahan dalam masakan, dikonsumsi dalam bentuk buah, dan bisa diolah menjadi jus. Menariknya lagi, buah bit tak hanya menyehatkan tapi juga lezat.

Baca Juga

  • Mengenal Parsnip, Kerabat Wortel yang Tak Kalah Bermanfaat
  • Makan Sayuran Mentah Punya Manfaat dan Bahaya, Ini Penjelasannya
  • 10 Sayuran untuk Diet yang Cocok Turunkan Berat Badan

Kandungan buat bit

Ada banyak sekali vitamin dan mineral dalam buah bit. Bahkan, bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Contohnya, dalam 100 gram buah bit, kandungan nutrisinya adalah sebagai berikut:

  • Air: 87.6 gram
  • Protein: 1.6 gram
  • Lemak: 0.1 gram
  • Karbohidrat: 9.6 gram
  • Serat: 2.6 gram
  • Kalsium: 27 miligram
  • Fosfor: 43 miligram
  • Zat besi: 1 miligram 
  • Natrium:29 miligram
  • Kalium: 404.9 miligram
  • Tembaga: 0.20 miligram
  • Karoten: 20 microgram
  • Vitamin B1: 0.02 miligram

Selain kandungan di atas, nutrisi lainnya yang ada dalam buah bit adalah vitamin C, vitamin B6, folat, magnesium, potasium, hingga mangan.

Manfaat buah bit untuk kesehatan

Popularitas buah bit melejit setelah semakin banyak penelitian yang menegaskan banyaknya manfaat dari buah bit. Semakin sering Anda mengonsumsi buah bit, semakin besar pula kemungkinan terhindar dari penyakit-penyakit seperti diabetes, jantung, obesitas, hingga masalah tekanan darah tidak stabil.

Berikut ini 8 manfaat buah bit untuk kesehatan:

1. Tekanan darah stabil

Tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah selalu menjadi persoalan yang bisa mengganggu aktivitas seseorang. Bukan tidak mungkin tekanan darah tinggi bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

Untungnya, penelitian telah menemukan bahwa manfaat buah bit bisa secara signifikan menurunkan tekanan darah hingga 4-10 mmHg hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Manfaat ini terjadi karena kandungan nitrat yang tinggi dalam buah bit. Dalam tubuh, nitrat akan dikonversi menjadi nitrat oksida, molekul yang membantu menurunkan tekanan darah

Meski demikian, efek penurunan tekanan darah ini hanya berlangsung sekitar enam jam saja. Itu sebabnya penderita tekanan darah tinggi diimbau mengonsumsi buah bit secara berkala.

Baca juga: 8 Jus Buah yang Ampuh Atasi Tekanan Darah Tinggi

2. Sumber energi

Para atlet kerap mengonsumsi buah bit sebagai salah satu sumber energi mereka. Kandungan nitrat dalam buah bit membuat mitokondria, organel sel penghasil energi bisa bekerja semakin efektif. 

Dalam sebuah penelitian dengan responden 8 pria, mereka diminta mengonsumsi 500 ml jus buah bit setiap harinya selama 6 hari. Hasilnya, energi saat melakukan olahraga berintensitas tinggi meningkat hingga 15-25 persen.

Biasanya, meningkatnya energi ini berlangsung selama 2-3 jam sejak mengonsumsi buah bit. Itu juga yang kadang menjadi alasan mengapa para atlet seperti pesepeda meminum jus buah bit sebelum bertanding.

3. Meredakan peradangan

Peradangan adalah sumber utama rasa nyeri pada tubuh. Selain itu, peradangan juga bisa berkaitan dengan banyak penyakit seperti gangguan pada jantung, obesitas, penyakit liver, hingga kanker.

Di sisi lain, ada buah bit yang mengandung pigmen betalain. Ini adalah pigmen yang bisa meredakan peradangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang menderita peradangan sendi dan mengonsumsi kapsul betalain dari ekstrak buah bit merasakan nyerinya mereda.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Satu cangkir buah bit saja mengandung 3,4 gram serat sehingga sangat baik untuk pencernaan. Ketika masuk dalam tubuh, serat akan dicerna hingga sampai ke usus dan berinteraksi dengan bakteri baik di sana.

Untuk mencegah masalah pencernaan seperti konstipasi atau peradangan usus besar, ada baiknya Anda mengonsumsi buah bit secara berkala. Bonusnya lagi, serat juga bisa mengurangi risiko mengalami kanker usus, diabetes, dan penyakit jantung.

5. Membantu kesehatan otak

Ketika seseorang beranjak tua, akan ada penurunan fungsi mental dan kognitif berkaitan dengan otak. Contohnya ketika seseorang menderita demensia. Hal ini bisa terjadi karena suplai oksigen dan aliran darah ke otak mengalami penurunan.

Namun menariknya, kandungan nitrat dalam buah bit lagi-lagi bisa membantu fungsi mental dan kognitif karena melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Terbukti dalam penelitian, buah bit melancarkan aliran darah ke bagian lobus depan otak yang berperan dalam pengambilan keputusan dan daya ingat. Tapi tentu saja, sebelum mencoba hal ini, Anda harus dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada pakarnya.

6. Mencegah kanker 

Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan abnormal sel-sel dalam tubuh. Namun kandungan antioksidan dan anti-peradangan dalam buah bit terbukti bisa mencegah terjadinya kanker.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa pigmen betalain efektif mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara. Penelitian seputar manfaat buah bit untuk mencegah kanker terus berkembang hingga saat ini.

7. Menurunkan berat badan

Ingin menurunkan berat badan dengan cara alami? Coba masukkan buah bit dalam menu Anda. Alasan utamanya tentu karena bit adalah buah yang tinggi kandungan air dan rendah kandungan kalorinya.

Meskipun kalorinya rendah, buah bit mengandung protein dan serat. Ini sangat penting untuk membantu Anda mencapai berat badan ideal. Tak hanya itu, buah kaya serat juga bisa membantu menekan nafsu makan karena muncul sensasi rasa kenyang.

8. Mengatasi diabetes

Khasiat buah bit lainnya adalah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin karena tinggi kandungan antioksidan. Oleh sebab itu, buah bit diduga memberikan manfaat untuk mengatasi diabetes.

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa antioksidan dalam buah bit, yaitu asam alfa lipoat, yang dapat mengatasi gejala neuropati diabetes. Namun, untuk dosis konsumsinya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

9. Mencegah anemia

Buah bit juga mengandung vitamin B9 atau asam folat, potassium, magnesium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan. Karena kandungan nutrisi tersebut, khasiat buah bit lainnya adalah dapat membantu mencegah anemia, karena asam folat atau vitamin B9 di dalamnya sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Risiko bahaya mengonsumsi buah bit 

Mengonsumsi buah bit secara berlebihan bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan untuk beberapa orang. Adapun efek samping yang bisa ditimbulkan dari mengonsumsi bit adalah:

  • Risiko batu ginjal. Ini karena mengandung tinggi oksalat, zat yang mempunyai efek antinutrisi
  • Gangguan pencernaan. Ini karena mengandung FODMAP. Ini merupakan kelompok karbohidrat rantai pendek yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dan akhirnya menjadi makanan untuk bakteri di usus
  • Alergi. Dalam sebuah laporan yang dimuat dalam Clinical and Translational Allergy disebutkan bahwa uap dari bit yang dimasak dapat memicu asma dan rhinoconjunctivitis (reaksi alergi pada hidung dan mata), reaksi kulit, hidung tersumbat, tenggorokan terasa gatal, dan pengencangan otot-otot pada cabang batang tenggorokan
  • Urin dan feses berwarna merah. Bit mengandung pigmen alami yang memberikan warna ungu kemerahan. Setelah mengonsumsi bit, beberapa orang mungkin akan mengalami perubahan warna urine menjadi merah muda atau ungu. Kondisi ini disebut dengan beeturia

Cara mengonsumsi buat bit agar nutrisinya terjaga

Buah bit dapat dimakan langsung atau diolah dengan berbagai cara, seperti:

  • Direbus
  • Dipanggang
  • Dikukus
  • Dijus

Jika direbus, Anda bisa merebus buah bit selama kurang lebih 30 menit dalam air mendidih. Untuk mencegah warna merah pada buah bit luntur, Anda bisa merebus buah dengan batangnya, setidaknya hingga 5 cm. Selain itu, jangan mengupas kulit buah bit dan tambahkan sedikit cuka dalam air rebusan.

Jika ingin dikukus, Anda bisa membersihkan buat bit terlebih dahulu kemudian mengukusnya bersama dengan kulitnya selama kurang lebih 30 menit. Jika ingin mengupasnya, Anda bisa memasukkan buah yang sudah dikukus ke dalam air dingin, agar kulitnya mudah terlepas.

Kemudian jika ingin memanggang bit, Anda dapat memanggang buah bit dengan alumunium foil dan masukan ke dalam oven selama 40-60 menit. 

Buah bit juga bisa dikonsumsi sebagai jus. Namun, saat membuat jus buah bit, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak gula tambahan. Agar lebih sehat, Anda bisa menambahkan madu, kayu manis, atau mint untuk menambah cita rasa.

Baca juga: Pewarna rambut alami dari buah dan sayur, ada buah bit

Pesan dari SehatQ

Di samping manfaat buah bit di atas, penting untuk selalu mengolah buah bit dengan cara yang tepat. Contohnya jus buah bit. Jika tidak diolah dengan tepat, kandungan nitrat bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang membuat jus terkontaminasi.

Jangan lupa selalu menjaga pola makan yang merupakan kunci mencegah datangnya penyakit. Meskipun manfaat buah bit sangat melimpah, akan lebih baik jika mengonsumsi banyak jenis sayuran, buah, dan makanan bernutrisi lain dalam menu harian Anda.

Jika ingin berkonsultasi langsung dengan dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

makanan sehatmakanan dietsuperfooddiet sehattekanan darah tinggi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved