Tekanan Darah Tinggi Menghantui? Coba Dulu Manfaat Buah Bit

Kandungan nitrat dan pigmen betalain dalam buah bit membuatnya bermanfaat bagi kesehatan
Buah bit dapat dikonsumsi langsung maupun diolah dalam masakan atau menjadi jus

Buah bit, buah berwarna ungu yang satu ini kaya akan manfaat bagi tubuh, terutama bagi mereka yang ingin memastikan tekanan darah selalu stabil. Tak heran jika manfaat buah bit sangat melimpah mengingat kandungan vitamin dan mineral yang tinggi di dalamnya.

Buah bit biasanya digunakan sebagai tambahan dalam masakan, dikonsumsi dalam bentuk buah, dan bisa diolah menjadi jus. Menariknya lagi, buah bit tak hanya menyehatkan tapi juga lezat.

8 Manfaat buah bit untuk kesehatan

Popularitas buah bit melejit setelah semakin banyak penelitian yang menegaskan banyaknya manfaat dari buah bit. Semakin sering Anda mengonsumsi buah bit, semakin besar pula kemungkinan terhindar dari penyakit-penyakit seperti diabetes, jantung, obesitas, hingga masalah tekanan darah tidak stabil.

Berikut ini 8 manfaat buah bit untuk kesehatan:

   1. Tekanan darah stabil

Tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah selalu menjadi persoalan yang bisa mengganggu aktivitas seseorang. Bukan tidak mungkin tekanan darah tinggi bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

Untungnya, penelitian telah menemukan bahwa manfaat buah bit bisa secara signifikan menurunkan tekanan darah hingga 4-10 mmHg hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Manfaat ini terjadi karena kandungan nitrat yang tinggi dalam buah bit. Dalam tubuh, nitrat akan dikonversi menjadi nitrat oksida, molekul yang membantu menurunkan tekanan darah

Meski demikian, efek penurunan tekanan darah ini hanya berlangsung sekitar enam jam saja. Itu sebabnya penderita tekanan darah tinggi diimbau mengonsumsi buah bit secara berkala.

   2. Sumber energi

Para atlet kerap mengonsumsi buah bit sebagai salah satu sumber energi mereka. Kandungan nitrat dalam buah bit membuat mitokondria, organel sel penghasil energi bisa bekerja semakin efektif. 

Dalam sebuah penelitian dengan responden 8 pria, mereka diminta mengonsumsi 500 ml jus buah bit setiap harinya selama 6 hari. Hasilnya, energi saat melakukan olahraga berintensitas tinggi meningkat hingga 15-25 persen.

Biasanya, meningkatnya energi ini berlangsung selama 2-3 jam sejak mengonsumsi buah bit. Itu juga yang kadang menjadi alasan mengapa para atlet seperti pesepeda meminum jus buah bit sebelum bertanding.

   3. Meredakan peradangan

Peradangan adalah sumber utama rasa nyeri pada tubuh. Selain itu, peradangan juga bisa berkaitan dengan banyak penyakit seperti gangguan pada jantung, obesitas, penyakit liver, hingga kanker.

Di sisi lain, ada buah bit yang mengandung pigmen betalain. Ini adalah pigmen yang bisa meredakan peradangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang menderita peradangan sendi dan mengonsumsi kapsul betalain dari ekstrak buah bit merasakan nyerinya mereda.

   4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Satu cangkir buah bit saja mengandung 3,4 gram serat sehingga sangat baik untuk pencernaan. Ketika masuk dalam tubuh, serat akan dicerna hingga sampai ke usus dan berinteraksi dengan bakteri baik di sana.

Untuk mencegah masalah pencernaan seperti konstipasi atau peradangan usus besar, ada baiknya Anda mengonsumsi buah bit secara berkala. Bonusnya lagi, serat juga bisa mengurangi risiko mengalami kanker usus, diabetes, dan penyakit jantung.

   5. Membantu kesehatan otak

Ketika seseorang beranjak tua, akan ada penurunan fungsi mental dan kognitif berkaitan dengan otak. Contohnya ketika seseorang menderita demensia. Hal ini bisa terjadi karena suplai oksigen dan aliran darah ke otak mengalami penurunan.

Namun menariknya, kandungan nitrat dalam buah bit lagi-lagi bisa membantu fungsi mental dan kognitif karena melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Terbukti dalam penelitian, buah bit melancarkan aliran darah ke bagian lobus depan otak yang berperan dalam pengambilan keputusan dan daya ingat. Tapi tentu saja, sebelum mencoba hal ini, Anda harus dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada pakarnya.

   6. Mencegah kanker 

Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan abnormal sel-sel dalam tubuh. Namun kandungan antioksidan dan anti-peradangan dalam buah bit terbukti bisa mencegah terjadinya kanker.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa pigmen betalain efektif mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara. Penelitian seputar manfaat buah bit untuk mencegah kanker terus berkembang hingga saat ini.

   7. Menurunkan berat badan

Ingin menurunkan berat badan dengan cara alami? Coba masukkan buah bit dalam menu Anda. Alasan utamanya tentu karena bit adalah buah yang tinggi kandungan air dan rendah kandungan kalorinya.

Meskipun kalorinya rendah, buah bit mengandung protein dan serat. Ini sangat penting untuk membantu Anda mencapai berat badan ideal. Tak hanya itu, buah kaya serat juga bisa membantu menekan nafsu makan karena muncul sensasi rasa kenyang.

   8. Kaya nutrisi

Manfaat buah bit yang terakhir tapi tak kalah penting adalah kaya akan nutrisi. Ada banyak sekali vitamin dan mineral dalam buah bit. Bahkan, bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.

Contohnya, dalam 100 gram buah bit saja, ada kalori, protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin B6, folat, magnesium, potasium, zat besi, fosfor, hingga mangan.

Di samping manfaat buah bit di atas, penting untuk selalu mengolah buah bit dengan cara yang tepat. Contohnya jus buah bit. Jika tidak diolah dengan tepat, kandungan nitrat bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang membuat jus terkontaminasi.

Jangan lupa selalu menjaga pola makan yang merupakan kunci mencegah datangnya penyakit. Meskipun manfaat buah bit sangat melimpah, akan lebih baik jika mengonsumsi banyak jenis sayuran, buah, dan makanan bernutrisi lain dalam menu harian Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-beets#section1
Diakses 17 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/277432.php
Diakses 17 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/beetroot
Diakses 17 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed