Teh Rosemary, Minuman Herbal dengan Khasiat Super Lengkap


Teh rosemary memiliki aroma yang dapat menenangkan. Di samping itu, mengonsumsinya dapat memberikan manfaat yang menyehatkan bagi tubuh.

(0)
03 Apr 2021|Azelia Trifiana
Teh rosemary memiliki aroma yang dapat menenangkanTeh rosemary memiliki aroma yang dapat menenangkan
Berasal dari family yang sama dengan mint, oregano, dan basil, rosemary adalah tanaman herbal dengan beragam khasiat. Tanamannya saja sudah wangi, itu pula yang menjadi ciri khasnya ketika diolah menjadi teh rosemary. Belum lagi, potensi manfaatnya yang datang dari antioksidan di dalamnya.Meski demikian, orang yang mengonsumsi obat tertentu seperti pengencer darah, diuretik, dan lithium sebaiknya waspadai risiko interaksinya. Ada kemungkinan efek teh ini bisa menyebabkan kinerja obat menjadi terlalu kuat ke tubuh.

Manfaat teh rosemary

Beberapa manfaat mengonsumsi teh herbal dari Rosmarinus officinalis di antaranya:

1. Kaya antioksidan

Tanaman herbal seperti rosemary mengandung zat antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan. Tak hanya itu, teh dari rosemary juga mengandung zat anti-peradangan dan antimikroba. Ini berkaitan erat dengan adanya zat polifenol berupa asam rosmarinik dan asam karnosik.Sementara untuk khasiat antimikroba, ini dapat melawan infeksi. Itulah mengapa, daun rosemary banyak digunakan dalam pengobatan alternatif. Selaras dengan khasiat antibakteri ini, ada pula manfaat mempercepat penyembuhan luka.

2. Mencegah kanker

Ada banyak studi yang menemukan hubungan antara asam rosmarinik dan asam karnosik dalam rosemary terhadap sel kanker. Kedua zat asam itu memiliki kandungan antitumor yang bisa mencegah penyebaran sel kanker leukemia, kanker payudara, dan kanker prostat.

3. Potensi turunkan gula darah

Banyak jenis minuman herbal yang aman dikonsumsi oleh mereka yang menjaga kadar gula darahnya, seperti penderita diabetes. Salah satunya adalah teh rosemary yang justru berpotensi menurunkan kadar gula darah. Bahkan, hal ini menjadi potensi menjanjikan untuk membantu penderita diabetes.Ada pula temuan bahwa asam karnosik dan asam rosmarinik dalam rosemary memiliki efek seperti halnya insulin terhadap gula darah. Artinya, penyerapan glukosa ke sel otot kian optimal sehingga kadar gula darah bisa menurun. Namun, masih perlu penelitian lebih banyak lagi seputar hal ini.4. Baik untuk mood dan daya ingatSebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi 500 miligram rosemary sebanyak 2 kali sehari selama 1 bulan bisa mengurangi kecemasan secara signifikan. Di saat yang sama, kualitas tidur dan daya ingat pun menjadi lebih baik. Studi ini dilakukan dengan partisipan mahasiswa.Tak hanya itu, studi selama 2 bulan terhadap 66 pegawai industrial juga menunjukkan hasil serupa. Mengonsumsi 4 gram rosemary yang diseduh dalam 150 gram air setiap harinya, secara signifikan mengurangi burn out karena pekerjaan.Lebih jauh lagi, minyak rosemary juga bisa memberikan stimulasi pada aktivitas otak dan membuat mood lebih terjaga. Kemungkinan, ini terjadi karena rosemary bisa menjaga keseimbangan bakteri pencernaan serta mengurangi peradangan di hippocampus, bagian otak yang berkaitan dengan emosi dan daya ingat.

5. Baik untuk kesehatan otak

Beberapa studi laboratorium menemukan bahwa komponen dalam teh rosemary bisa melindungi kesehatan otak. Pengaruhnya adalah dengan mencegah kematian sel-sel otak.Bahkan, kandungan dalam zat herbal ini juga mendukung pemulihan dari kondisi pemicu kerusakan otak seperti stroke. Ada pula penelitian lain yang menunjukkan bahwa rosemary bisa mencegah dampak negatif dari penuaan terhadap otak, utamanya dari penyakit Alzheimer.

6. Potensi melindungi kesehatan mata

Meski masih perlu penelitian lebih lanjut, ada bukti bahwa zat dalam teh rosemary bisa berdampak positif bagi kesehatan mata. Ekstrak rosemary dapat mencegah degenerasi makula atau penurunan fungsi penglihatan karena faktor usia.Namun, sebagian besar studi ini menggunakan ekstrak yang telah terkonsentrasi. Artinya, sulit menentukan apa dampak hanya dari tehnya saja sekaligus berapa takarannya.

7. Potensi melebatkan rambut

Beberapa orang mengklaim bahwa penggunaan teh rosemary untuk keramas dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Ada pula klaim lain bahwa minyak atau ekstrak rosemary bisa mencegah kerontokan apabila diaplikasikan ke kulit kepala.Meski demikian, masih perlu penelitian lebih jauh untuk membuktikan manfaat yang satu ini.

Reaksi dan efek samping

Terlepas dari manfaat yang ditawarkan teh herbal ini, orang yang sedang mengonsumsi pengobatan lain sebaiknya hati-hati betul dengan risiko interaksi obat. Utamanya bagi mereka yang mengonsumsi obat jenis:
  • Antikoagulan (obat pengencer darah)
  • ACE inihibitor (obat penurun darah tinggi)
  • Diuretik (membuang kelebihan cairan)
  • Obat lithium (untuk depresi dan gangguan psikologis lain)
Mengonsumsi rosemary bisa menimbulkan efek yang serupa dengan obat-obat di atas seperti meningkatkan frekuensi buang air kecil, mengencerkan darah, hingga menurunkan tekanan darah.

Tak hanya itu, efek diuretik dari rosemary juga bisa menyebabkan kadar lithium dalam tubuh berlebihan hingga menjadi beracun. Jadi, sebaiknya perhatikan betul apa ada kemungkinan interaksi dengan obat yang sedang dikonsumsi atau tidak.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar efek samping mengonsumsi teh herbal ini, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/rosemary-tea
Diakses pada 18 Maret 2021
Complementary Therapies in Clinical Practice. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29389474/
Diakses pada 18 Maret 2021
Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4525344/
Diakses pada 18 Maret 2021
Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4749867/
Diakses pada 18 Maret 2021
Bioscience, Biotechnology. And Biochemistry. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17827696/
Diakses pada 18 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait