Teh Hijau untuk Diet, Benarkah Handal untuk Berat Badan Ideal?

Teh hijau untuk diet patut dicoba untuk melengkapi langkah penurunan Anda
Teh hijau untuk diet patut dicoba untuk melengkapi langkah penurunan Anda

Teh hijau merupakan salah satu minuman paling menyehatkan dengan segudang manfaat. Salah satu potensi manfaat teh hijau adalah membantu mengendalikan berat badan – sehingga banyak dianjurkan untuk Anda yang ingin menjalani diet penurunan bobot. Bagaimana sains di balik teh hijau untuk diet?

Teh hijau untuk diet, ini sains di baliknya

Banyak riset telah mencari tahu manfaat ekstrak teh hijau untuk diet. Berikut ini beberapa kesimpulan yang mendukung klaim tersebut:

1. Teh hijau mengandung banyak senyawa bermanfaat

Kandungan teh hijau yang paling bersinar adalah beragam molekul antioksidan. Salah satu antioksidan tersebut yakni epigallocatechin gallate (EGCG) - yang tergolong ke dalam kelompok katekin. EGCG dilaporkan menjadi senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme di tubuh.

Penting untuk diketahui, riset terkait antioksidan dalam teh hijau untuk diet menggunakan ekstrak teh hijau – dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan terkonsentrasi.

2. Teh hijau merangsang hormon pembakar lemak

Untuk membakar lemak, tubuh harus memecahnya terlebih dahulu sebelum membawanya ke aliran darah. Studi pada hewan menemukan, senyawa dalam teh hijau membantu proses tersebut dengan merangsang hormon pembakar lemak, seperti hormon norepinefrin (noradrenalin).

Sebuah riset menyebutkan bahwa antioksidan EGCG dalam teh hijau berkontribusi dalam proses di atas, karena mampu menghambat aktivitas enzim ‘pengganggu’ hormon norepinefrin. Karena enzim tersebut dihambat, norepinefrin pun semakin optimal untuk meningkatkan pemecahan lemak.

3. Teh hijau membantu meningkatkan pembakaran lemak

Teh hijau dilaporkan membantu meningkatkan proses pembakaran lemak, terutama saat kita berolahraga. Misalnya, dalam sebuah studi yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition, dilaporkan bahwa pria yang mengonsumsi ekstrak teh hijau sebelum olahraga bisa membakar lemak 17% lebih tinggi – dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsinya.

Beberapa studi lain pun mengonfirmasikan hal ini. Molekul antioksidan dalam teh hijau, yakni EGCG, dapat meningkatkan pembakaran lemak di tubuh.

4. Teh hijau menaikkan laju metabolisme

Tubuh kita terus membakar kalori. Bahkan, saat kita tidur atau sekadar duduk, sel-sel di tubuh melakukan jutaan aktivitas yang membutuhkan energi. Beberapa riset menemukan bahwa metabolisme energi ini bisa ditingkatkan oleh ekstrak teh hijau atau suplemen EGCG.

teh hijau
Teh hijau membantu meningkatkan laju metabolisme

Banyak penelitian menyebutkan bahwa peningkatan metabolisme berkat ekstrak teh hijau tersebut bisa mencapai sekitar 3-4%. Ada pula beberapa penelitian yang menunjukkan peningkatan metabolisme hingga 8%.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua riset menunjukkan ekstrak teh hijau dapat meningkatkan metabolisme. Efek tersebut mungkin bersifat individual.

Teh hijau bisa dijadikan pelengkap untuk diet menurunkan berat badan

Perlu menjadi perhatian bahwa banyak riset terkait teh hijau untuk diet ‘masih’ menggunakan ekstrak atau suplemen. Dengan begitu, kadar kandungannya akan lebih tinggi dan terkonsentrasi. Hal ini belum tentu sama dengan teh hijau yang biasa kita sesap sehari-hari.

Selain itu, kita tentu tak bisa mengandalkan teh hijau saja untuk menurunkan berat badan. Bagaimanapun, berolahraga dan menjaga asupan kalori tetap menjadi cara yang utama untuk mengendalikan bobot Anda.

Cara minum teh hijau untuk diet

Mengonsumsi 2 atau 3 cangkir teh hijau hangat sehari akan cukup untuk membantu penurunan berat badan. Namun, jumlah pasti akan bervariasi bagi tiap-tiap individu – bergantung pada asupan kafein serta metabolisme alami tubuh.

Teh hijau cenderung dianggap aman untuk dikonsumsi. Namun, konsumsi kafein harus diperhatikan karena dapat menimbulkan masalah bagi beberapa orang. Misalnya, pada orang yang berisiko mengalami masalah jantung atau dengan tekanan darah tinggi.

Penting juga diketahui bahwa teh hijau merupakan minuman yang menyehatkan. Jadi, selain berpotensi untuk menurunkan berat badan, Anda juga akan mendapatkan manfaat kesehatan lain. Manfaat lain teh hijau termasuk menurunkan risiko penyakit, seperti kanker dan diabetes.

Catatan dari SehatQ

Teh hijau untuk diet bisa dijadikan pelengkap untuk mencapai berat badan yang Anda idamkan. Namun, cara utama untuk mencapai bobot ideal tetap melalui olahraga dan memerhatikan asupan kalori. Semoga berhasil!

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/green-tea-and-weight-loss
Diakses pada 29 April 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320540
Diakses pada 29 April 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10584049
Diakses pada 29 April 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12695345
Diakses pada 29 April 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18326618
Diakses pada 29 April 2020

Artikel Terkait