6 Teh Herbal yang Membantu Tidur Lebih Pulas


Selain membuat Anda lelah keesokan harinya, kesulitan tidur yang terlalu sering dapat berdampak negatif pada kesehatan. Cobalah mengonsumsi teh herbal sebelum tidur. Sejak dahulu herbal tea digunakan untuk membantu membuat tubuh menjadi rileks.

(0)
31 Mar 2021|Azelia Trifiana
Teh herbal dapat membantu tidur lebih rileksTeh herbal dapat membantu tidur lebih rileks
Ketika malam semakin larut namun mata sulit terlelap tentunya menjadi hal yang sangat mengganggu.Selain membuat Anda lelah keesokan harinya, kesulitan tidur yang terlalu sering dapat berdampak negatif pada kesehatan.Oleh karena itu, tak ada salahnya mencoba mengonsumsi teh herbal sebelum tidur. Sejak dahulu herbal tea digunakan untuk membantu membuat tubuh menjadi rileks.Ada 6 jenis teh herbal yang bisa Anda gunakan sebagai pengantar tidur. Apa saja? Ini dia.

Jenis teh herbal yang membantu Anda tidur nyenak

1. Teh chamomile

teh chamomile
Teh chamomile adalah salah satu minuman herbal yang dikenal berkhasiat untuk relaksasi. Bahkan digunakan juga sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan.Chamomile tea mengandung senyawa antioksidan yang disebut apigenin. Antioksidan ini memengaruhi reseptor di otak sehingga membuat Anda lebih rileks dan siap untuk tidur.Meski secara umum penelitian teh chamomile sebagai minuman yang dapat membantu seseorang lebih mudah untuk tidur masih sedikit dan lemah, tetapi beberapa penelitian menunjukkan hasil yang baik.Salah satu penelitian pada 60 orang tua di rumah jompo menunjukkan peningkatan kualitas tidur lebih baik setelah diberikan dosis ekstrak chamomile 400g setiap hari, dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkannya.Namun di sisi lain, sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak chamomile tidak memberikan pengaruh signifikan pada penderita insomnia kronis.Oleh kaena itu penelitian yang lebih lanjut masih perlu dilakukan.

2. Teh lavender

bunga lavender
Mungkin setelah chamomile, teh lavender adalah minuman herbal yang cukup dikenal oleh masyarakat.Sejak zaman dahulu, orang Yunani dan Romawi kuno menggunakan minuman dari bunga berwarna ungu ini sebagai penenang. Mereka juga menaburkan bunga lavender di bak mandi mereka atau menghirup aromanya.Saat ini, teh lavender dikonsumsi sebagai minuman relaksasi.Sebuah penelitian pada 67 wanita yang mengalami insomnia, mengalami perbaikan tidur dan detak jantung setelah menghirup aroma lavender selama 20 menit dalam waktu 12 minggu.Sama seperti teh chamomile, penelitian seputar manfaat teh lavender sebagai minuman yang mengatasi kesulitan tidur masih terbatas. Meski begitu, manfaat menghirup aroma lavender tetap dapat mengurangi rasa cemas Anda.

3. Teh passionflower

passionflower
Teh passionflower terbuat dari tanaman passiflora yang berasal dari benua Amerika.Sejak dulu, orang Indian menggunakan tanaman ini sebagai obat herbal untuk mengatasi luka, penyakit hati, hingga bisul dan mengatasi gangguan tidur.Penelitian juga membuktikan hal ini.Kombinasi teh passionflower dengan obat ambien (zolpidem) dapat meningkatkan kualitas tidur lebih baik dibandingkan kombinasi teh valerian root dengan obat ambien.

4. Akar valerian

akar valerian
Sama seperti beberapa teh herbal di atas, teh akar valerian atau yang lebih dikenal dengan nama valerian root sudah digunakan sejak dulu sebagai obat.Teh akar valerian merupakan teh herbal yang cukup populer di Eropa dan Amerika untuk membantu seseorang tertidur.Peneliti berpendapat bahwa teh akar valerian dapat merangsang peningkatan senyawa GABA dalam tubuh. Saat kadar GABA dalam tubuh meningkat, Anda jadi lebih mudah mengantuk.Di samping itu, teh akar valerian cukup aman dikonsumsi karena tidak menyebabkan kantuk berlebihan setelah mengonsumsinya.

5. Teh hijau

teh hijau
Selain dikenal karena manfaatnya dalam membantu program diet, teh hijau ternyata dapat membantu Anda tidur lebih mudah.Teh hijau mengandung asam amino yang disebut theanine. Senyawa ini memiliki manfaat mengurangi rasa cemas, mood yang lebih baik, hingga peningkatan fungsi otak.Tak ada salahnya mengonsumsi teh ini sebelum tidur. Selain mempermudah tidur Anda, mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat melindungi Anda dari tekanan darah tinggi dan penyakit kolesterol.

6. Teh licorice

licorice
Meski agak jarang ditemukan di Indonesia, teh licorice termasuk minuman herbal yang dapat mengurangi gangguan tidur Anda.Sebuah studi pada tahun 2013 menunjukkan bahwa mengonsumsi teh licorice dapat meningkatkan efek obat anti cemas. Saat cemas berkurang, Anda pun lebih mudah untuk tertidur.Namun pastikan Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya jika Anda sedang berada dalam pengobatan depresi dan gangguan kecemasan.

Catatan dari SehatQ

Beberapa teh di atas sudah dipercaya sejak dulu untuk mengatasi masalah tidur. Tak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya.Namun jika, kondisi gangguan tidur Anda tak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi pada dokter. Gangguan tidur juga bisa terjadi karena adanya gangguan pada kesehatan Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara aman memilih teh herbal untuk membantu tidur, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/teas-that-help-you-sleep
Diakses pada 16 Maret 2021
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/stress-busting-herbal-teas-89634
Diakses pada 16 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait