Teh Daun Sirsak, Minuman yang Diklaim Dapat Obati Kanker

(0)
29 Jul 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak klaim manfaat teh daun sirsak tapi belum ada buktinya secara ilmiahTeh daun sirsak diklaim punya banyak manfaat
Teh daun sirsak berasal dari daun pohon sirsak (Annona muricata L.) yang termasuk famili Annonaceae. Daun sirsak berbentuk lonjong seperti telur (elips) dan berukuran antara 5-15 cm. Sirsak, baik buah dan daunnya, tidak hanya dimanfaatkan untuk konsumsi, tapi juga sebagai pengobatan tradisional untuk peradangan, nyeri, infeksi, diabetes dan sebagainya.Khusus untuk teh daun sirsak, teh ini diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, yang paling menjadi sorotan adalah klaim bahwa teh ini mampu mengobati kanker. Benarkah demikian?

Manfaat teh daun sirsak bagi kesehatan

Teh daun sirsak diklaim memiliki potensi untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Memiliki sifat antikanker

Salah satu klaim terbesar dari manfaat teh daun sirsak adalah pengobatan kanker. Teh daun sirsak atau teh sirsak dipercaya banyak orang dapat mengobati, mencegah, bahkan hingga menyembuhkan kanker. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada bukti yang sahih mengenai klaim ini.Memang ada beberapa studi yang menjelaskan bahwa sirsak memiliki potensi antikanker, tapi penelitian-penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan.

2. Sebagai penenang

Di Hindia Barat, daun sirsak umumnya digunakan sebagai pengobatan sedatif, yakni zat yang dapat membantu menenangkan diri, membuat rileks, dan memudahkan tidur.Sementara di Antillen Belanda, sebuah negara kecil di kepulauan Karibia, daun sirsak direbus atau dibuat menjadi minuman seperti teh yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Masyarakat di sana bahkan memercayai jika menaruh daun sirsak di bawah bantal dapat membuat seseorang cepat tidur.Meski manfaat ini dipercayai banyak orang, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan kesahihan manfaat daun sirsak sebagai penenang dan memudahkan tidur.

3. Sebagai obat herbal

Berbagai praktisi pengobatan herbal menggunakan buah dan daun sirsak untuk mengobati penyakit-penyakit yang berkaitan dengan lambung, demam, infeksi parasit, tekanan darah tinggi, serta peradangan di sendi dan otot.Namun, lagi-lagi belum ada bukti ilmiah yang bisa mendukung manfaat teh daun sirsak atau ekstrak daun sirsak ini.

4. Meringankan gejala fibromyalgia

Dikutip dari Science Daily, Ana María Quilez dari tim peneliti tanaman obat dari Departemen Farmakologi di University of Seville, mengungkapkan bahwa diet yang dilengkapi dengan air ekstrak daun sirsak dapat meringankan gejala yang berhubungan dengan fibromyalgia, seperti rasa sakit kronis, kecemasan dan depresi. Hal ini mampu meningkatkan kualitas kehidupan pasien fibromyalgia.

Risiko konsumsi teh daun sirsak

Konsumsi teh daun sirsak atau ekstrak daun sirsak secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan atau toksisitas hati dan ginjal. Selain itu, salah satu efek samping yang cukup berbahaya adalah gangguan pergerakan dan myeloneuropathy, yakni sebuah kondisi dengan gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson.Di samping efek sampingnya, Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi teh daun sirsak atau ekstrak daun sirsak jika dalam kondisi berikut:
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan yang berkaitan dengan tekanan darah
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan diabetes
  • Sedang menjalani studi yang berkaitan dengan pencitraan nuklir.
Satu hal yang juga perlu Anda perhatikan juga adalah belum ada manfaat yang terbukti secara ilmiah dari teh daun sirsak. Tidak masalah jika Anda ingin mencoba mengonsumsinya, namun jangan secara berlebihan agar tidak menyebabkan efek samping di atas.Oleh karena itu, ada baiknya sebelum mengonsumsi teh daun sirsak, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan. Khususnya, jika Anda memiliki kondisi medis, seperti gangguan ginjal dan hati, diabetes, hipertensi, sedang hamil atau menyusui.
herbalbuah dan sayuran
Very Well Fit.
https://www.verywellfit.com/soursop-tea-benefits-and-side-effects-4163737
Diakses 15 Juli 2020
Science Daily.
https://www.sciencedaily.com/releases/2018/11/181128114947.htm
Diakses 15 Juli 2020
Huffington Post.
https://www.huffpost.com/entry/soursop-sleep_b_2674521
Diakses 15 Juli 2020
Prevention.
https://www.prevention.com/food-nutrition/a23895920/soursop-benefits/
Diakses 15 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait