Mengenal Segudang Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan

(0)
17 Jul 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat teh daun kelor untuk kesehatanManfaat teh daun kelor sangatlah beragam, salah satunya bantu turunkan berat badan
Sudah sejak lama daun kelor atau yang bisa juga disebut sebagai daun moringa, digunakan sebagai bahan herbal untuk menyembuhkan penyakit. Daun ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya sebagai teh daun kelor.Teh daun kelor dibuat dari daun kelor yang dikeringkan kemudian diseduh dengan air panas. Karena pada dasarnya daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga saat Anda mengonsumsinya dalam bentuk teh, berbagai khasiat tersebut pun bisa Anda dapatkan.

Manfaat teh daun kelor untuk tubuh

Berikut ini berbagai potensi manfaat teh daun kelor untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mengontrol diabetes

Daun kelor mengandung protein yang strukturnya mirip dengan insulin, sehingga dianggap berpotensi untuk bantu kontrol kondisi diabetes.Selain itu, menurut penelitian juga kandungan lain yang ada di dalam daun ini disebut dapat membuat pengolahan gula di tubuh berjalan dengan lebih baik dan akan memengaruhi cara tubuh memproduksi insulin.Dengan produksi insulin yang seimbang dan tubuh bisa dengan baik menggunakannya, kadar gula darah pun bisa kembali seimbang.

2. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi teh daun kelor dapat melancarkan metabolisme, memicu pembakaran kalori, menyeimbangkan kadar gula darah, dan sekaligus mengingkatkan energi. Semua kemampuan ini tentu dapat mendukung proses penurunan berat badan Anda.

3. Meningkatkan energi

Mengonsumsi teh daun kelor di pagi hari bisa meningkatkan energi Anda. Minuman ini juga dapat dijadikan alternatif kopi untuk Anda yang tidak dapat mengonsumsi kafein terlalu banyak.

4. Baik untuk kulit

Kandungan vitamin C dan bioflavonoid yang kaya pada daun kelor membuat tanaman ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi teh daun kelor secara teratur dinilai bisa mencegah keriput, meningkatkan kelembapan kulit, mengobati jerawat, dan membuat Anda terlihat lebih muda.

5. Meredakan kram menstruasi

Mengonsumsi teh daun kelor dapat meredakan kram menstruasi dan gejala-gejala lain yang sering timbul sebelum saat haid seperti mual, kembung, mood swing, hingga migrain. Manfaat ini didapatkan dari kandungan analgesik atau antinyeri yang ada di dalam daun kelor.

6. Menyehatkan rambut

Teh daun kelor adalah minuman yang kaya akan kandungan zat besi, vitamin C, vitamin B kompleks, dan asam amino. Semua komponen ini membuat rambut sehat dan indah dengan mencegah timbulnya ketombe maupun minyak berlebih di rambut.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Teh daun kelor baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi Anda dari virus-virus penyebab flu maupun gejala flu. Manfaat ini didapatkan juga dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya.

8. Menyehatkan jantung

Daun kelor juga mengandung kalium, sehingga dapat berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah. Dengan menurunnya tekanan darah, maka risiko terjadinya penyakit jantung pun akan menurun.

9. Menyehatkan pencernaan

Saat Anda mengalami sakit perut, diare, maupun sembelit, mengonsumsi teh daun kelor bisa menjadi pilihan untuk membuat perut terasa lebih nyaman. Sebab, daun kelor memiliki kandungan antibakteri yang bisa menyeimbangkan kadar flora di saluran pencernaan. Saat kadar flora seimbang, maka kerja saluran pencernaan bisa lebih efisien.

10. Mengatasi lemah syahwat

Lemah syahwat atau disfungsi ereksi bisa terjadi saat aliran darah ke area penis mengalami gangguan atau tidak lancar. Sementara itu pada uji coba yang dilakukan menggunakan hewan uji, ekstrak daun kelor terbukti dapat melancarkan aliran darah tersebut.

11. Meningkatkan kesuburan pria

Melalui penelitian yang dilakukan pada hewan uji, kandungan antioksidan yang ada di dalam daun kelor terbukti dapat menjaga sperma dari kerusakan, sehingga kualitasnya tetap terjaga.Menurut penelitian dari NCBI, mengonsumsi teh daun kelor juga dapat membantu mengobati prostat karena kaya akan antioksidan.

12. Baik untuk otak

Antioksidan yang Anda dapatkan saat mengonsumsi teh daun kelor, akan membantu meredakan stres dan peradangan yang terjadi di jaringan-jaringan otak, sehingga daya ingat bisa meningkat.

13. Menyeimbangkan hormon di tubuh

Teh daun kelor juga dinilai dapat menyeimbangkan hormon di tubuh, sehingga bisa bantu redakan komplikasi yang mungkin muncul ketika masuk masa menopause. Keseimbangan kadar hormon di tubuh juga akan menurunkan kemungkinan terjadinya gangguan kelenjar tiroid dan cegah hipertiroidisme.

14. Mempercepat proses penyembuhan

Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C dalam daun kelor juga dapat percepat penyembuhan karena kemampuannya dalam membantu pembentukan sel baru di tubuh.Vitamin C juga akan memicu produksi kolagen dan mempercepat waktu pembekuan darah.

15. Berpotensi mencegah kanker

Mengonsumsi ekstrak daun kelor dinilai dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas dan membuat obat kemoterapi bekerja dengan lebih baik.Meski begitu, Anda sebaiknya tidak serta merta mengonsumsinya jika tengah menjalani pengobatan kanker. Diskusikan terlebih dahulu pada dokter yang merawat agar tidak muncul efek samping yang justru akan memperparah kondisi.Beberapa manfaat teh daun kelor yang telah disebutkan, baru diujikan pada hewan di laboratorium dan belum pernah diujikan pada manusia.Sehingga, meski konsumsi daun kelor hingga saat ini masih dianggap aman, Anda sebaiknya tidak menjadikannya sebagai bahan pengobatan utama. Tetaplah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Cara membuat teh daun kelor sendiri

Membuat teh daun kelor tidaklah sulit. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti madu atau lemon untuk menambah rasa sekaligus manfaat minuman ini.Berikut ini bahan dan cara untuk Anda yang ingin mencoba membuatnya di rumah.

• Bahan

  • Daun kelor 3-4 batang
  • Satu gelas air panas
  • Perasan air lemon secukupnya
  • Madu secukupnya

• Cara membuat

  • Ambil 3-4 batang daun kelor, pilih yang sudah tua
  • Keringkan daun tersebut secara alami dengan dijemur maupun dengan alat
  • Haluskan daun kelor beserta batangnya yang sudah kering dengan blender
  • Tuang bubuk daun kelor ke cangkir dan tambahkan air panas
  • Tunggu kurang lebih 5 menit hingga berubah warna
  • Tambahkan madu dan lemon
Untuk mengeringkan daun kelor, Anda dapat menggantungnya di tempat tertutup yang kering dan sejuk. Penjemuran biasanya akan memakan waktu 10-14 hari, sehingga jika ingin membuat teh daun kelor, sebaiknya lakukan dengan kuantitas banyak sekaligus.Daun kelor kering yang tersisa dari pembuatan teh bisa disimpan di dalam wadah kedap udara yang kering dan tinggal diambil saat Anda ingin membuat olahan lainnya.

Teh daun kelor adalah minuman sehat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Meski begitu, minuman ini sebaiknya tidak dijadikan obat tunggal atau obat herbal untuk menyembuhkan penyakit tertentu.Saat sakit, Anda tetap perlu memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Sebab, teh daun kelor hanya dapat bertindak sebagai pendukung perawatan.Pastikan Anda tidak mengonsumsi ekstrak akar ataupun akar dari daun kelor karena kandungannya tidak aman bila dikonsumsi. Akarnya memiliki kandungan spirochin yang merupakan zat beracun bagi tubuh.
herbaltehtanaman obat
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/health-benefits-moringa
Diakses pada 3 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/moringa-benefits-for-men
Diakses pada 3 Juli 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/moringa-tea.html
Diakses pada 3 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5968293/
Diakses pada 18 September 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6950081/
Diakses pada 18 September 2020
Rx List. https://www.rxlist.com/moringa/supplements.htm
Diakses pada 18 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait