Mana yang Lebih Sehat Antara Tata Ruang Kantor Terbuka dan Tertutup?


Pemilihan tata ruang kantor terbuka atau tata ruang kantor memiliki pro dan kontra masing-masing. Tata ruang kantor juga dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.

0,0
04 Nov 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tata ruang kantor terbuka tidak selalu lebih baik dari ruang kantor yang tertutupTata ruang kantor terbuka punya sisi positif dan negatif untuk kesehatan
Pemilihan tata ruang kantor terbuka atau tata ruang kantor tertutup harus mempertimbangkan berbagai faktor. Keduanya memiliki pro dan kontranya sendiri. Selain berkaitan dengan produktivitas, interaksi, juga dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.
Jadi mana yang lebih baik antara tata ruang kantor terbuka atau tertutup? Mari kita simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Tata ruang kantor terbuka

Tata ruang kantor terbuka membuat komunikasi lebih lancar tapi lebih mudah menularkan penyakit
Tata ruang kantor terbuka membuat komunikasi lebih lancar
Tata ruang kantor terbuka tidak memiliki sekat yang memisahkan ruangan atau area berdinding. Karyawan akan bekerja di ruang terbuka yang luas, bersebelahan dengan rekan mereka. Meskipun demikian, biasanya masih ada area pertemuan khusus yang terpisah.

Kelebihan ruang kantor terbuka

Tata ruang kantor terbuka dimaksudkan untuk mempromosikan transparansi, kolaborasi, dan keterlibatan karyawan. Jenis tata ruang ini juga menawarkan efisiensi serta mendorong keinginan untuk bekerja sama.Kondisi ini menciptakan lingkungan kerja yang penuh inspirasi dan energik. Karyawan dapat bekerja bersama dan berdampingan serta mendorong keterlibatan, kerja tim, percakapan terbuka serta memfasilitasi inspirasi dan inovasi.Selain itu, tata ruang kantor terbuka jauh lebih hemat biaya karena dapat menampung lebih banyak karyawan, serta tidak perlu berinvestasi terlalu banyak pada furnitur. Mobilitas di tata ruang kantor terbuka lebih mudah untuk mengakses semua departemen.

Kekurangan tata ruang kantor terbuka

Di sisi lain, kekurangan tata ruang kantor terbuka juga cukup serius. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kebisingan

Biasanya, kebisingan seringkali menjadi masalah utama pada tata ruang kantor terbuka. Penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kebisingan ruang kantor terbuka dengan stres fisiologis. Kondisi ini dapat berdampak pada:Stres fisiologis yang meningkat secara kronis dapat berdampak merugikan kesehatan mental dan fisik. Karyawan yang terus-menerus mengalami kebisingan di kantor dapat mengalami stres dan perubahan suasana hati negatif yang lebih berat lagi.

2. Potensi memburuknya kesehatan fisik dan mental

Tata ruang kantor terbuka biasanya memiliki kepadatan yang lebih tinggi dari tata ruang kantor tertutup. Kondisi ini telah dikaitkan dengan stres kerja yang lebih tinggi serta ketidakpuasan karyawan.Karyawan yang bekerja di ruang kantor terbuka juga dinilai mengalami peningkatan emosi dan gangguan kognitif. Kemampuan bekerjanya secara mental juga menurun.Pada akhirnya, tidak hanya kesehatan mental karyawan yang akan terdampak, tapi juga kesehatan fisiknya.

3. Menyebarkan penyakit

Tata ruang kantor terbuka dapat memudahkan penularan penyakit antara satu karyawan dengan yang lainnya.Terutama karena karyawan bekerja berdekatan dan dapat saling mengakses dengan mudah. Risiko akan hal ini juga meningkat selama masa pandemi.New Zealand Medical Journal menyebutkan bahwa pada penelitian yang dilakukan di Denmark, pekerja yang bekreja di ruang kantor dengan latar terbuka lebih sering absen dengan alasan sakit dibandingkan dengan karyawan yang bekerja di ruangan dengan sekat-sekat. Penelitian ini dilakukan pada 14.969 orang.Baca Juga: Cara Mencegah Penularan Covid-19 Di Tempat Kerja

Tata Ruang Kantor Tertutup

Tata ruang kantor tertutup lebih baik untuk kesehatan mental
Tata ruang kantor tertutup lebih baik untuk kesehatan mental
Tata ruang kantor tertutup memiliki banyak area kerja tertutup dimana karyawan memiliki ruangan sendiri untuk bekerja secara mandiri.
  • Kelebihan tata ruang kantor tertutup

Kantor ruang tertutup memiliki gangguan lebih sedikit sehingga memungkinkan karyawan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Selain itu, privasi pada tata ruang kantor tertutup lebih optimal.Pada beberapa sektor, privasi bisa menjadi faktor yang sangat penting. Kondisi ruang tertutup juga mengurangi kemungkinan Anda bersitegang dengan rekan kantor sehingga memicu stress yang tidak diperlukan.
  • Kekurangan tata ruang kantor tertutup

Berbanding terbalik dengan kantor terbuka, pada kantor tertutup mungkin akan diperlukan upaya lebih untuk melakukan kolaborasi dan kerja sama. Selain itu, tentunya diperlukan biaya lebih tinggi, termasuk untuk furnitur.

Mana yang lebih baik antara tata ruang kantor terbuka vs tata ruang kantor tertutup?

Peneliti dari Universiti Teknologi Mara Cawangan Sarawak mengungkapkan dalam sebuah penelitian bahwa, karyawan yang bekerja di kantor dengan tata ruang terbuka atau open plan memiliki tingkat kepuasan dan persepsi positif yang berkaitan dengan prodiktivitas kerja paling rendah. Terutama dalam hal kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.Lebih jauh lagi, meskipun kelebihan dari tata ruang terbuka juga terbilang banyak, berbagai penelitian di atas telah menunjukkan bahwa dari segi kesehatan fisik dan mental, tata ruang kantor terbuka memiliki lebih banyak risiko negatif bagi karyawan.Di sisi lain, karyawan yang berada di kantor tertutup juga menunjukkan tingkat ketidakpuasan yang tinggi dalam aspek lain, seperti misalnya interaksi sosial dalam lingkungan kerja.Maka dari itu, untuk menentukan tata ruang kantor yang terbaik tidak bisa disamaratakan antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.Faktor-faktor seperti bidang pekerjaan, kebutuhan privasi, keterlibatan karyawan, serta cara kerja tim perlu menjadi pertimbangan. Dari sana, perusahaan dapat memutuskan apakah tata ruang kantor terbuka atau tata ruang kantor tertutup yang menjadi pilihan terbaik.
stresbpjs ketenagakerjaan
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/341059827_A_Comparative_Study_on_The_Impacts_of_Open_Plan_and_Closed_Office_Layout_Towards
Diakses 27 Oktober 2021
We Forum. https://www.weforum.org/agenda/2021/07/open-plan-office-noise-stress-mental-health-mood-work-employment-employees-welfare/
Diakses 27 Oktober 2021
New Zealand Medical Journal. https://journal.nzma.org.nz/journal-articles/office-design-and-health-a-systematic-review
Diakses 27 Oktober 2021
BT Office. https://www.btoffice.co.uk/open-vs-closed-plan-office/
Diakses 27 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait