logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Macam-macam Tata Krama yang Penting untuk Dimiliki Sejak Dini

open-summary

Macam-macam tata krama yang penting untuk dimiliki di dalam kehidupan sehari-hari di antaranya mengucapkan 'tolong' dan 'terima kasih, menyapa orang lain, hingga berbicara dengan lembut.


close-summary

0

1 Nov 2021

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Mengajarkan tata krama pada anak sejak dini sangatlah penting untuk perkembangan sosialnya.

Tata krama sudah harus diajarkan pada anak sejak usia dini.

Table of Content

  • Apa itu tata krama?
  • 13 tata krama yang penting untuk dijadikan kebiasaan
  • Manfaat tata krama yang baik

Bersikap hormat dan sopan santun terhadap orang di sekitar disebut sebagai tata krama. Perilaku baik ini dapat menciptakan kesan positif dan membuat orang lain merasa nyaman berada di sekitar kita.

Advertisement

Artikel ini akan membahas seputar arti tata krama sekaligus contohnya yang perlu dimiliki di dalam kehidupan sehari-hari kita.

Apa itu tata krama?

Secara umum, pengertian tata krama adalah 'alat' penting yang bisa digunakan untuk bersosialisasi dan bersikap baik di tengah masyarakat.

Sementara itu, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti tata krama adalah adat sopan santun atau basa-basi.

Tata krama juga bisa diartikan sebagai perilaku yang dapat merefleksikan sikap dari seseorang.

13 tata krama yang penting untuk dijadikan kebiasaan

Mulai dari mengucapkan terima kasih, menyapa orang di sekitar, hingga memanggil orang yang lebih tua dengan sopan. Berikut adalah sederet tata krama yang penting untuk dimiliki di dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengucapkan 'tolong' dan 'terima kasih'

Ajarkan anak tata krama dalam berbicara 'tolong' dan 'terima kasih'
Ajarkan anak tata krama berbicara 'tolong' dan 'terima kasih'

Mengucapkan 'tolong' saat membutuhkan pertolongan dan mengatakan 'terima kasih' setelah dibantu merupakan salah satu fondasi utama dari tata krama yang baik.

Biasakan untuk selalu mengucapkan ‘terima kasih’ saat Anda dibantu oleh seseorang. Misalnya, saat Anda makan ke restoran. Ucapkan 'tolong' saat ingin memesan makanan dan ucapkan 'terima kasih' saat makanan sudah diantar.

Ini merupakan salah satu alasan mengapa tata krama menjadi penting untuk diterapkan di masyarakat. Sebab, orang yang sudah menolong kita dapat merasa dihargai.

Anda juga bisa mengajarkan bentuk tata krama ini kepada anak sejak kecil untuk membentuk pribadi yang baik.

2. Menyapa orang lain dengan sopan

Menyapa orang lain, terutama kerabat dan keluarga, adalah tata krama yang sebaiknya dijadikan kebiasaan. Cobalah untuk menatap mata, wajah, dan menjabat tangan orang yang disapa.

Pada anak-anak, Anda bisa mengajarkannya untuk bersikap sopan dan ramah terhadap orang lain ketika bertemu. Minta anak untuk memanggil orang lain dengan sebutan yang baik.

3. Gunakan sebutan yang baik saat menyapa orangtua

Mengajarkan tata krama pada anak adalah hal yang sangat penting
Memperkenalkan tata krama sejak dini sangatlah penting

Contoh tata krama yang penting untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari adalah menggunakan sebutan baik saat menyapa orang yang lebih tua.

Saat menyapa orang yang lebih tua, biasakan untuk menyapa dengan sebutan yang sopan. Misalnya, saat Anda ingin berbicara dengan atasan yang lebih tua di kantor.

Gunakan panggilan yang baik, seperti ‘bapak’ atau ‘ibu’. Sebab, memanggil orang yang lebih tua dengan namanya secara langsung dianggap tidak sopan.

Tidak hanya orang dewasa, menyapa orang yang lebih tua dengan sopan juga perlu diterapkan oleh anak. Misalnya, saat si kecil ingin menyapa guru.

Tata krama di sekolah ini dapat membuat anak mengerti pentingnya memiliki sopan santun terhadap guru di lingkungan sekolah.

4. Bersikap baik di meja makan

Contoh tata krama di rumah yang penting untuk dijadikan kebiasaan oleh anak dan anggota keluarga lain adalah bersikap baik di meja makan.

Tata krama ini dapat dipraktikkan dengan membersihkan tangan dan wajah sebelum duduk di meja makan, jangan melahap makanan sampai semua orang siap makan, hingga menutup mulut saat sedang mengunyah.

5. Jangan gunakan gawai semaunya

Anak zaman sekarang biasanya sudah diberikan ponsel dan berbagai macam gawai (gadget) lainnya oleh orangtua. Meskipun diberikan kebebasan untuk bermain gawai, ada baiknya Anda juga meminta mereka untuk tidak memainkan gawai semaunya.

Larang anak untuk membawa gawai ke meja makan di saat seluruh anggota keluarganya sedang makan. Contoh tata krama di rumah ini dapat mengajarkan anak agar tidak ketergantungan dengan gawai.

Jangan hanya melarang saja, orangtua juga perlu mencontohkan perilaku ini pada anak supaya bisa ditiru.

6. Berbicara dengan lembut

Contoh penerapan tata krama dalam bersikap adalah berbicara dengan lemah lembut dan sopan, baik di lingkungan sosial maupun di rumah.

Bukan hanya orang dewasa saja, tata krama berbicara ini juga penting untuk dipraktikkan oleh anak-anak sejak dini. Biasakan untuk tidak mengucapkan kata-kata kasar saat sedang berkomunikasi dengan orang lain.

Misalnya, ketika Anda merasa tidak setuju dengan pernyataan orang lain, cobalah untuk mengutarakan ketidaksetujuan tersebut dengan kata-kata yang halus dan sopan.

7. Sabar saat berbicara

Tata krama berbicara yang tak kalah penting adalah sabar saat ingin mengutarakan sesuatu kepada orang lain.

Terkadang, mungkin Anda ingin mengutarakan perasaan dan opini dengan cepat tanpa menunggu giliran. Hal ini dianggap kurang baik.

Biasakan untuk bersabar dan mulai berbicara saat giliran Anda sudah tiba. Jangan sampai Anda memotong pembicaraan orang lain sebelum mereka selesai berbicara.

8. Jangan lupakan sikap adil dan sportivitas

Bersikap adil dan sportif saat berkompetisi merupakan tata krama yang perlu dimiliki siapa saja, termasuk anak-anak.

Misalnya, saat anak sedang mengikuti perlombaan di sekolah. Mintalah ia untuk bersikap sportif jika kalah dan terima dengan lapang dada. Ajarkan pula untuk tidak sombong ketika menang.

9. Mematuhi peraturan di rumah orang lain

Ada kalanya Anda diundang main ke rumah kerabat atau rekan kerja. Pada situasi ini, cobalah patuhi setiap peraturan yang ada di rumah teman Anda dan jangan bertindak semaunya.

Anak kecil juga perlu memahami tata krama ini. Sebab, pada masa kanak-kanak, kemungkinan besar ia akan sering diundang untuk main ke rumah temannya.

Ajarkan ia untuk bisa mematuhi peraturan di rumah temannya. Jangan sampai ia menganggap bahwa peraturan di rumah Anda dan rumah temannya sama.

Pastikan anak menyapa orangtua temannya dengan baik dan menggunakan intonasi suara yang lembut. Saat ada temannya yang main ke rumah Anda, ajarkan anak untuk memperlakukan tamu dengan sopan dan santun.

10. Menawarkan tempat duduk

Jika Anda atau anak sedang berada di tempat umum, seperti di dalam transportasi atau restoran, cobalah tawarkan tempat duduk ke orang-orang yang lebih membutuhkannya, seperti ibu hamil, orang lanjut usia (lansia), atau mereka yang sedang sakit.

Contoh tata krama di masyarakat ini dapat membuat Anda atau anak belajar untuk menghargai dan bisa disukai oleh banyak orang.

11. Pergi ke luar saat mengangkat telepon

tata krama
Tata krama saat menerima telepon.

Ketika Anda atau anak sedang menjawab telepon, cobalah untuk pergi ke luar ruangan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar orang-orang di sekitar Anda tidak terganggu dengan perbincangan yang sedang Anda lakukan dengan orang di telepon.

Contoh tata krama di rumah atau di ruang publik ini diharapkan bisa membuat orang-orang di sekitar Anda tidak terganggu. Selain itu, privasi Anda dalam berkomunikasi lewat telepon genggam pun dapat terjaga.

12. Tatap mata lawan bicara

Salah satu contoh penerapan tata krama dalam berkomunikasi lisan adalah menatap mata dari lawan bicara Anda. Selain bisa menangkap apa yang diutarakan oleh lawan bicara, hal ini juga dilakukan untuk menjaga sopan santun.

Jangan sampai Anda sibuk dengan urusan lain ketika sedang berbicara dengan orang lain. Singkirkan dulu telepon genggam atau gawai lain supaya Anda bisa fokus dan benar-benar memahami apa yang dibicarakan oleh lawan bicara.

13. Menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk

Contoh tata krama di masyarakat yang penting untuk diterapkan adalah menutup mulut dan hidung saat Anda sedang bersin atau batuk, terutama pada masa pandemi ini.

Selain menunjukkan rasa hormat Anda terhadap orang di sekitar, tata krama ini juga bisa mencegah orang lain tertular penyakit yang dapat ditularkan melalui droplet.

Manfaat tata krama yang baik

tata krama
Tata krama yang baik di tempat kerja.

Mempraktikkan tata krama yang baik di kehidupan sehari-hari dianggap memiliki sejumlah manfaat, di antaranya:

  • Disukai banyak orang

Memperlakukan orang lain dengan hormat, rasa empati, serta kebaikan dianggap dapat membuat Anda disukai banyak orang.

Pasalnya, tata krama yang baik dapat membantu Anda untuk membangun hubungan yang lebih positif dengan orang lain.

  • Mendapatkan kebahagiaan

Memiliki tata krama yang positif dipercaya dapat membuat Anda lebih bahagia. Sebab, perilaku sopan santun yang Anda tunjukan dapat dibalas dengan senyuman, pujian, atau bahkan perbincangan yang menyenangkan dengan orang lain. Hal ini dapat mengundang perasaan bahagia di dalam diri.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Bertata krama yang baik dapat membuat Anda atau anak merasa percaya diri saat masuk ke dalam lingkungan sosial. Sebab, Anda memiliki kemampuan untuk berperilaku dengan cara yang diterima masyarakat.

Kepercayaan diri yang meningkat ini juga dianggap bisa membuat Anda lebih leluasa dalam mengekspresikan diri secara positif.

  • Membuka peluang

Tata krama dapat membantu Anda membuka banyak peluang di dalam kehidupan. Contohnya, ketika Anda berperilaku baik di hadapan rekan kerja dan atasan. Hal ini bisa membuat Anda semakin dipercaya di kantor.

Baca Juga

Baca Juga

  • Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Pasta Gigi Anak
  • Penyebab Kanker Darah pada Anak Beserta Gejalanya
  • Mengenal Mindful Parenting, Pola Asuh yang Bisa Perkuat Hubungan dengan Anak

Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Advertisement

tips parentingkesehatan anakgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved