logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

Mengenal Program PHBS di Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19

open-summary

Program PHBS di sekolah memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan anak selama pandemi Covid-19. Terdapat beberapa contoh PHBS yang bisa diterapkan oleh siswa-siswi, di antaranya mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, mengonsumsi jajanan sehat, olahraga teratur, hingga memberantas jentik nyamuk.


close-summary

3

(6)

19 Jan 2022

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

PHBS DI SEKOLAH

PHBS di sekolah dapat membuat anak terbiasa melakukan perilaku bersih.

Table of Content

  • Apa yang dimaksud dengan PHBS di sekolah?
  • Manfaat PHBS di sekolah
  • 7 indikator PHBS di sekolah yang dapat diterapkan

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sarana pendidikan sudah sejak lama digaungkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan. Namun, PHBS di sekolah kini terasa semakin krusial mengingat anak-anak akan segera kembali bersekolah di masa new normal pandemi virus corona.

Advertisement

Apa yang dimaksud dengan PHBS di sekolah?

PHBS adalah semua perilaku kesehatan masyarakat yang dilakukan atas kesadaran pribadi. Hal-hal yang diterapkan pada PHBS tergantung dari lingkupnya, misalnya di lingkungan tempat tinggal, sekolah, perkantoran, dan lain-lain.

Pengertian PHBS di sekolah adalah pelaksanaan prosedur kesehatan tertentu dengan memberdayakan guru, siswa, serta masyarakat di lingkungan sekolah. Mereka diharapkan melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah dan lingkungan di sekitar sekolah yang sehat.

Meski demikian, tujuan PHBS secara umum adalah sama, yakni meningkatkan kesadaran masyarakan untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Dengan demikian, masyarakat bisa mencegah dan mengatasi masalah kesehatan tertentu, termasuk pandemi penyakit Covid-19.

Manfaat PHBS di sekolah

Secara umum, manfaat PHBS adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk giat menjalankan hidup bersih dan sehat.

PHBS dilakukan agar masyarakat bisa mencegah dan mau menanggulangi masalah kesehatan. Selain itu, PHBS juga diterapkan agar masyarakat bisa menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

Dikutip dari Kemenkes RI, manfaat PHBS di sekolah adalah terbiasanya murid dan pihak sekolah untuk menjalani pola hidup sehat di lingkungan belajar.

Lebih jauh lagi, manfaat program PHBS di sekolah adalah menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Dengan begitu, proses belajar-mengajar akan berjalan lancar, sedangkan kesehatan guru, siswa, maupun masyarakat di lingkungan sekolah juga tidak terganggu.

Lebih jauh lagi, manfaat PHBS di sekolah adalah menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dengan begitu, proses belajar-mengajar akan berjalan lancar, sedangkan kesehatan guru, siswa, maupun masyarakat di sekitar juga tidak terganggu.

7 indikator PHBS di sekolah yang dapat diterapkan

Poster PHBS di sekolah
Poster perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.

Kementerian Kesehatan RI telah menetapkan beberapa hal sebagai indikator PHBS di sekolah. Beberapa contoh perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah di antaranya sangat relevan untuk diterapkan pada masa new normal ini, seperti:

  • Mencuci tangan

Salah satu perilaku hidup sehat di lingkungan sekolah adalah mencuci tangan. Mencuci tangan adalah kegiatan yang mudah, murah, namun sangat efektif dalam mencegah persebaran kuman maupun virus pada anak-anak hingga orang dewasa. Namun, anak-anak mungkin membutuhkan masa adaptasi agar dapat melakukan kebiasaan ini secara rutin.

Dalam PHBS di sekolah, anak harus diajarkan cara mencuci tangan yang benar. Terdapat lima langkah cuci tangan yang benar, yaitu membasahi tangan dengan air mengalir, menggunakan sabun, menggosok telapak dan punggung tangan (termasuk sela-sela jari), membilas dengan air mengalir, dan mengeringkannya.

Guru di sekolah bisa membuat kegiatan cuci tangan anak lebih menyenangkan dengan bernyanyi lagu pendek saat melakukannya. Idealnya, cuci tangan dilakukan sekurang-kurangnya selama 20 detik

Ingatkan anak untuk selalu mencuci tangan dalam kondisi tertentu, seperti setelah menggunakan toilet, sebelum dan setelah makan, setelah bermain di luar, maupun setelah batuk atau bersin.

Sekolah harus selalu menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun untuk memaksimalkan pelaksanaan PHBS di sekolah. Jika tidak, anak bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

  • Olahraga yang teratur dan terukur

Berolahraga secara teratur adalah salah satu kegiatan PHBS yang bisa dilakukan murid dan guru. Aktivitas ini dipercaya dapat menghindarkan anak dari kuman berbahaya, termasuk yang menyerang paru-paru dan jalan napas. Dengan demikian, sistem imun akan naik dan anak tidak akan mudah sakit.

Meski demikian, olahraga juga harus dilakukan secara terukur agar tidak berlebihan dalam memeras tenaga anak. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan anak dalam PHBS di sekolah adalah senam sehat gembira.

  • Mengonsumsi jajanan sehat

Contoh PHBS di sekolah yang bisa diterapkan selanjutnya adalah membeli dan mengonsumsi jajanan sehat.

Jajanan sehat yang termasuk dalam PHBS di sekolah adalah jajanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Sebaliknya, jangan makan makanan yang terlihat kotor, berwarna mencolok, tidak tertutup atau terbungkus, serta terlalu gurih atau terlalu manis.

  • Menggunakan toilet yang bersih dan sehat

Anak akan menghabiskan waktu yang cukup lama di sekolah sehingga adanya fasilitas toilet yang bersih dan sehat adalah hal yang mutlak. Hal ini akan meminimalisir penyebaran penyakit yang berhubungan dengan kebersihan, salah satunya adalah diare.

  • Memberantas jentik nyamuk

Covid-19 bukan satu-satunya penyakit yang ditakutkan terjadi pada masa new normal. Anak juga harus dilindungi dari penyakit berbahaya lain, seperti demam berdarah, sehingga penerapan PHBS di sekolah juga harus memastikan kebersihan selokan maupun tempat penampungan air lainnya agar tidak ada jentik nyamuk.

  • Tidak merokok di lingkungan sekolah

Salah satsu indikator PHBS di sekolah yang perlu diterapkan ialah tidak merokok di lingkungan sekolah. Pihak sekolah disarankan untuk aktif dalam melarang masyarakat di sekitar sekolah untuk tidak merokok.

Demi terjaganya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih, tentunya indikator PBHS yang satu ini perlu dilaksanakan.

  • Melaksanakan kerja bakti

Indikator PHBS di sekolah yang tak boleh dilupakan ialah menggalang kerja bakti untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat di sekolah.

Tidak hanya guru saja, namun juga pihak sekolah lain seperti siswa juga perlu menjalankan indikator PHBS di sekolah ini.

Selain bisa menjaga kebersihan, manfaat PBHS yang satu ini dapat menjaga kesehatan berbagai pihak di sekolah.

Para guru disarankan untuk membantu siswa-siswinya untuk benar-benar memahami apa itu arti PHBS. Dengan begitu, anak-anak diharapkan bisa menerapkannya dengan rutin.

Selain poin-poin di atas, program PHBS di sekolah juga menganjurkan anak dan guru maupun warga sekolah untuk membuang sampah pada tempatnya. 

Anak juga sebaiknya dibiasakan untuk menggunakan masker ketika berkegiatan dan selalu menjaga jarak dengan orang lain. Sementara itu, tenaga pengajar dan orangtua murid harus senantiasa mengawasi anak selama PHBS di sekolah demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Jika Anda khawatir mengenai kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Advertisement

kesehatan anaksekolah

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved