Tips Memilih Tas Olahraga yang Stylish tapi Tetap Fungsional


Tas olahraga dirancang untuk menampung berbagai perlengkapan pribadi Anda. Oleh karena itu, tas tersebut biasanya mempunyai banyak kompartemen, serta terbuat dari bahan khusus, yang mendukung kenyamanan penggunanya untuk berolahraga.

0,0
15 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tas olahraga dirancang dengan banyak sekat untuk menyimpan perlengkapan pribadiAnda bisa memilih berbagai jenis tas olahraga sesuai kebutuhan
Peralatan olahraga memang bisa dibawa di berbagai jenis tas, bahkan hanya di kantong kresek. Kendati demikian, bagi Anda yang juga ingin tampil stytlish dengan perlengkapan fungsional saat berolahraga, ada baiknya menggunakan tas olahraga yang dapat menampung semua keperluan, mulai dari baju ganti, tempat minum, handuk, maupun barang pribadi lain.Apa bedanya tas olahraga dari jenis tas lainnya? Tas olahraga dirancang memiliki banyak kantung atau kompartemen di dalamnya sehingga Anda dapat mengatur agar baju yang terkena keringat tidak tercampur dengan buku atau laptop untuk bekerja setelah atau sebelum berolahraga.Dari tampilan luarnya pun, tas olahraga terlihat lebih sporty, kasual, dan dijahit dengan kuat sehingga bisa menampung banyak barang. Bahan yang digunakan biasanya terbuat dari bahan khusus yang menjamin bagian dalam tas tidak lembap atau mudah bau.

Bagaimana cara memilih tas olahraga yang sesuai kebutuhan?

Ada banyak jenis dan merek tas olahraga yang beredar di pasaran. Berikut tips yang dapat Anda pertimbangkan saat akan memilih tas olahraga yang baik.

1. Pilih model yang nyaman digunakan

Model tas olahraga bermacam-macam dan dapat Anda pilih berdasarkan preferensi serta kenyamanan dalam menggunakannya. Secara garis besar, terdapat 2 jenis tas olahraga, yaitu:
  • Tas duffle

    Tas ini dikenal juga dengan nama tas gym (gym bag) dan bisa dibawa dengan cara dijinjing atau digantungkan di pundak (tergantung panjang talinya). Keuntungan tas ini adalah memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding tas lainnya sehingga dapat menampung lebih banyak peralatan olahraga serta dapat beralih fungsi menjadi tas kasual saat bepergian.
  • Tas punggung

    Tas ini digunakan di punggung dan tampilannya mirip dengan ransel pada umumnya. Hanya saja, tas punggung untuk berolahraga biasanya memiliki banyak kompartemen agar isinya tidak saling bercampur. Keuntungan memilih tas punggung ialah kepraktisannya dan lebih nyaman saat dibawa.
Pastikan Anda mencoba tas olahraga sebelum membelinya untuk memastikan tali pundak atau bagian punggungnya terasa nyaman dan tidak sakit saat digunakan.

2. Cari ukuran tas yang sesuai kebutuhan

Ada tas olahraga dengan kompartemen penyimpan sepatu
Tas olahraga hadir dengan berbagai ukuran yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari 15 liter hingga 120 liter. Pastikan Anda memilih volume tas sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu kecil tapi juga jangan terlalu besar.Jika hanya akan membawa gawai, kunci, atau handuk kecil, pilihlah tas yang berukuran kecil, seperti tas pinggang atau tas selempang (sling bag). Namun, jika Anda harus membawa peralatan yang lebih banyak, seperti sepatu olahraga, handuk mandi, baju ganti, dan peralatan pribadi lainnya, pilihlah tas yang lebih besar, seperti tas gym atau tas punggung khusus olahraga.

3. Pertimbangkan kepraktisannya

Tas olahraga biasanya memiliki banyak kantung atau kompartemen untuk kenyamanan Anda dalam meletakkan berbagai barang keperluan olahraga. Misalnya, ada tas yang menyediakan kompartemen khusus untuk menyimpan pakaian atau handuk basah sehingga tidak perlu lagi menggunakan kantung plastik atau dry bag tambahan.Beberapa tas olahraga juga dilengkapi risleting atau tali pengaman di dalamnya, tapi hal ini akan mengurangi kepraktisannya. Sebaliknya, ada pula tas olahraga yang memiliki banyak kantung di bagian luas tas yang tentu sangat praktis, meski kurang aman untuk menyimpan barang-barang berharga.

4. Pilih bahan yang sesuai

Tas olahraga dibuat dengan berbagai bahan, misalnya kanvas atau nylon. Masing-masing bahan tas tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.
  • Tas kanvas

    Tas olahraga dengan bahan kanvas merupakan tas yang terbuat dari katun woven dan menghadirkan efek kasual. Kelebihan tas kanvas ialah harganya yang relatif lebih murah dan mudah dibersihkan karena bisa dicuci dengan sabun seperti biasa.

    Meskipun demikian, tas kanvas cenderung cepat kotor sehingga pemilihan warna-warna cerah tidak disarankan. Tas olahraga jenis ini juga biasanya lebih mudah rusak dibanding tas yang terbuat dari bahan nylon atau polyester.
  • Tas nylon

    Nylon adalah bahan tas olahraga yang cukup populer dan terbuat dari bahan sintetis sehingga kualitasnya akan sangat tergantung pada jenis material tersebut. Salah satu jenis nylon untuk bahan tas olahraga ialah nylon ripstop yang tahan lama dan tidak mudah robek.
Sekarang Anda sudah tahu berbagai jenis tas olahraga yang sesuai kebutuhan. Jangan lupa, dalam memilih tas olahraga, jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan budget Anda.
olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehat
Mens Health. https://www.menshealth.com/style/g19548449/best-gym-bags-for-men/
Diakses pada 1 Januari 2021
Mens Journal. https://www.mensjournal.com/gear/the-17-best-gym-bags-for-men-a-buyers-guide/
Diakses pada 1 Januari 2021
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/gym-bag-essentials-3120245
Diakses pada 1 Januari 2021
Cult of Carry. https://cultofcarry.org/types-of-materials-that-bags-are-made-of/
Diakses pada 1 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait