Tanpa Sulam, Ini Cara Memerahkan Bibir Secara Alami


Caranya memerahkan bibir bisa menggunakan scrub agar sel kulit mati bisa terangkat. Tak kalah penting, pastikan kebutuhan cairan terpenuhi.

(0)
05 Feb 2021|Azelia Trifiana
Cara memerahkan bibir secara alamiTak harus sulam untuk memerahkan bibir
Sebenarnya bukan warnanya, tapi banyak orang yang penasaran adakah cara memerahkan bibir secara alami. Caranya bisa dengan sering melakukan scrub agar sel kulit mati bisa terangkat. Tak kalah penting, pastikan kebutuhan cairan terpenuhi.Memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya bukan hanya baik untuk kondisi bibir. Kinerja organ tubuh pun akan menjadi lebih baik.

Cara memerahkan bibir secara alami

Ada beberapa cara untuk membuat bibir tampak lebih merah tanpa harus menggunakan lipstick atau sulam bibir, seperti:

1. Lemon dan madu

madu dan lemon
Cara memerahkan bibir dengan madu membuat kondisinya lebih lembap. Di sisi lain, ekstrak lemon bisa menjadi bleach alami. Untuk membuatnya, Anda perlu bahan-bahan berupa:
  • Satu sendok teh madu
  • ½ sendok teh jus lemon
  • Kontainer gelas
Pertama, campurkan semua bahan di dalam mangkuk. Kedua, aplikasikan di bibir selama 10-15 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat serta gunakan lip balm. Cara ini bisa dilakukan sesering mungkin.

2. Cokelat

cokelat
Jika makanan favorit bisa menjadi cara membuat bibir tampak lebih sehat, siapa yang ingin menolak? Kandungan dalam dark chocolate yang kaya antioksidan bisa membuat bibir kering menjadi lebih sehat.Siapkan bahan-bahan berupa:
  • Satu sendok teh cocoa butter
  • Dua balok dark chocolate tanpa pemanis
  • Satu kapsul vitamin E
Cara melakukannya adalah dengan melelehkan balok cokelat dan cocoa butter. Kemudian, tambahkan minyak dari kapsul vitamin E. Tuang ke dalam kontainer dan tunggu hingga dingin.Setelah dingin, aplikasikan ke bibir dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat.

3. Lidah buaya

lidah buaya
Bukan hanya bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga bisa menjadi bahan baku perawatan kulit bibir. Anda hanya memerlukan:Kemudian, caranya adalah dengan mengambil gel lidah buaya segar dengan sendok. Letakkan di dalam kontainer kaca. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa.Aplikasikan ke bibir seperti menggunakan lip balm. Terakhir, simpan di kulkas. Cara ini bisa diaplikasikan beberapa kali dalam sehari.Kandungan hormon gibberellins dan auxin berfungsi sebagai anti-peradangan dan juga bisa menyembuhkan kondisi bibir yang kering. Adanya vitamin E akan mengembalikan kelembapan alaminya.

4. Buah bit

buah bit
Anda juga bisa membuat sendiri lip balm dari buah bit. Jelas kan, mengingat warnanya saja bisa menjadi lip stain sementara. Dalam buah bit, terdapat vulgaxanthin dan betanin yang merupakan antioksidan serta anti-peradangan.Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
  • ½ sendok teh bubuk buah bit
  • 1 sendok makan shea butter
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok teh beeswax
  • Tempat lip balm kecil
Mulailah dengan menambahkan shea butter, minyak zaitun, dan beeswax dalam sebuah gelas kaca. Menggunakan panci, panaskan air dan panaskan gelas kaca tadi. Aduk rata hingga semua bahan tercampur.Kemudian, tambahkan bubuk buah bit dan campurkan. Tunggu hingga dingin. Aplikasikan ke bibir untuk melihat bagaimana cara ini bisa menjadi lip stain alami yang menarik.

5. Gula dan minyak kelapa

minyak kelapa
Eksfoliasi adalah kunci membuat bibir tampak sehat dan merah. Proses ini mengangkat sel kulit mati serta membantu proses regenerasi sel. Gula berfungsi untuk menahan kelembapan sementara minyak kelapa juga bekerja dengan cara yang sama.Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  • 1 sendok makan gula
  • 1 sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun
Campurkan 1 sendok makan gula dengan 1 sendok makan minyak zaitun dalam sebuah mangkuk kaca. Ambil sedikit campuran dan perlahan gosokkan ke bibir dengan gerakan memutar.Hapus menggunakan kain lembap dan tambahkan lip balm untuk menjaga kelembapan bibir. Metode ini bisa dilakukan 1-2 kali seminggu.

6. Susu dan kunyit

Perpaduan susu dan kunyit juga bisa menjadi cara memerahkan bibir secara alami. Metode ini bisa dilakukan 2 hari sekali dan akan tampak perbedaannya setelah digunakan beberapa kali.Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  • 1 sendok teh susu dingin
  • ½ sendok teh bubuk kunyit
Kemudian, campurkan susu dingin dengan bubuk kunyit hingga konsistensinya mengental. Aplikasikan ke bibir dan diamkan selama 5-6 menit. Setelah itu, bilas perlahan. Cuci dengan air hangat dan aplikasikan lip balm.

7. Stroberi

Lip mask stroberi juga bisa menjadi cara memerahkan alami bibir yang tampak kusam. Di dalam stroberi terhadap vitamin C dan antioksidan yang bisa menunda penuaan. Tak hanya itu, kandungan di dalamnya juga mencerahkan serta menyehatkan kulit.Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  • 1 buah stroberi
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh minyak zaitun
Untuk membuatnya, hancurkan stroberi dalam sebuah gelas kaca. Kemudian, tambahkan satu sendok teh madu dan campur hingga rata. Terakhir, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.Aplikasikan campuran bahan ini ke bibir dengan menggunakan jari. Diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan kain lembap. Metode ini bisa dilakukan 3-4 kali dalam seminggu.

Beberapa cara di atas sangat sederhana dan alami untuk membuat bibir tampak sehat. Tapi tentu, jangan mengharapkan hasil instan hanya dalam semalam atau beberapa hari saja.Tetap konsisten melakukannya selama tidak ada reaksi alergi. Tak kalah penting, jaga pola makan dan penuhi kebutuhan cairan untuk memaksimalkan manfaatnya.Jika Anda ingin tahu lebih jauh seputar kesehatan bibir dan hubungannya dengan asupan cairan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-lips-pink
Diakses pada 21 Januari 2021
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-get-pinky-soft-lips/
Diakses pada 21 Januari 2021
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-make-lips-pink-naturally
Diakses pada 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait