Alat make up harus dibersihkan secara rutin
Alat make up seperti kuas perlu dibersihkan secara berkala

Tujuan akhir menggunakan make up biasanya untuk mempercantik diri. Tetapi, tahu cara mengaplikasikan make up saja tidak cukup. Anda juga wajib mengetahui cara membersihkan alat make up agar tidak terkena masalah kulit yang justru membuat wajah Anda semakin tidak karuan.

Di zaman sekarang, perlengkapan make up sangat banyak macam dan bentuknya. Namun, artikel ini hanya akan membahas mengenai dua jenis alat make up yang kerap digunakan untuk mengaplikasikan kosmetik, yakni kuas (brush) dan spons (beauty blender).

Bagaimana cara membersihkan peralatan make up?

Meski membersihkan alat make up merupakan hal krusial, Anda tidak perlu melakukannya setiap hari. Para dermatologis merekomendasikan pembersihan perlengkapan dandan ini hanya setiap 7 atau 10 hari sekali.

Untuk membersihkan kuas yang sering dipakai untuk pemulas pipi (blush on) atau bedak, Akademi Dermatologis Amerika merekomendasikan langkah-langkah membersihkan alat make up tersebut, yakni:

  • Campurkan satu sendok makan shampo yang berbahan dasar lembut ke dalam mangkuk berisi air hangat. Jangan gunakan sabun biasa karena bisa membuat bulu kuas menjadi kering.
  • Celupkan ujung kuas ke air hangat tersebut untuk membersihkan bekas bedak atau blush on yang masih menempel pada bulu-bulu kuas. Jangan mencelupkan seluruh bagian kuas ke air karena hal itu bisa merusak perekat yang ada pada penghubung antara kuas dengan gagangnya.
  • Bilas dengan air mengalir.
  • Ulangi langkah kedua dan ketiga hingga air bilasan menjadi bening yang menandakan tidak ada lagi serpihan yang menempel pada kuas.
  • Peras sisa air pada kuas menggunakan handuk kertas yang bersih.
  • Letakkan kuas di ujung meja dengan ujung kuas tidak menempel pada permukaan meja agar air dari kuas tidak mengalir ke gagang dan mengakibatkan perekatnya rusak.

Sementara untuk membersihkan alat make up berupa spons yang biasa digunakan untuk meratakan primer, alas bedak, dan cairan lainnya, Anda hanya perlu menggosokkan spons ke sabun, kemudian bilas dengan air mengalir. Ulangi langkah sampai air perasan spons menjadi bening.

Alasan Mengapa harus memerhatikan kebersihan perlengkapan make up

Menggunakan alat make up yang sudah kotor bisa merusak kulit Anda. Di dalam kuas maupun spons yang berkali-kali dipakai itu, sisa make up yang terdahulu menumpuk menjadi kotoran dan akhirnya menjadi rumah yang nyaman bagi bakteri untuk bersarang.

Bakteri ini tentu dapat mengakibatkan masalah kulit, mulai dari bercak merah, jerawat, gatal, maupun iritasi. Beberapa masalah kulit juga dapat terjadi ketika alat make up Anda tidak bersih, misalnya:

  • Riasan menjadi tidak rata: jika Anda mengeluhkan hasil riasan yang tidak lagi rata seperti dulu, mungkin itu karena alat make up Anda yang sudah kotor dan terdapat sisa make up dari pemakaian sebelumnya. 

  • Perakatan make up jadi cepat rusak: penumpukan sisa make up yang tidak kunjung dibersihkan dapat membuat alat dandan Anda cepat rusak. Kuas akan rapuh dan patah sehingga hasil riasan Anda juga tidak maksimal.

  • Iritasi kulit: kulit iritasi ditandai dengan munculnya kemerahan dan rasa gatal pada kulit wajah, misalnya area pipi. Iritasi ini terjadi bukan hanya karena kuman yang berkumpul di kuas atau spons kotor, namun juga karena alat make up itu sudah tidak selembut dahulu sehingga rentan melukai kulit Anda.
  • Muncul jerawat dan pori-pori tersumbat: jerawat dan pori-pori tersumbat bukan hanya muncul saat produk itu tidak sesuai dengan kulit Anda. Jika Anda sudah gonta-ganti kosmetik, tapi jerawat tetap muncul, mungkin ada yang salah dengan perlengkapan make up yang Anda gunakan.

Menggunakan perlengkapan make up yang kotor berulang-ulang adalah lingkaran setan bagi kulit Anda. Ketika Anda mencelupkan alat make up yang penuh kuman itu pada bedak atau kosmetik lain, maka kuman itu juga akan bersarang di make up Anda.

Jika sudah begini, maka Anda sama saja mengoleskan kuman ke wajah Anda. Jadi jangan heran bila muncul masalah-masalah kulit sekalipun Anda telah membersihkan alat make up tersebut.

Untuk mencegah efek buruk, Anda sebaiknya tidak menggunakan alat make up milik orang lain. Jika keluhan akibat peralatan make up yang kotor sangat mengganggu Anda, berkonsultasilah dengan dokter kulit.

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-secrets/clean-your-makeup-brushes
Diakses pada 10 November 2019

The Healthy. https://www.thehealthy.com/beauty/face-body-care/cleaning-makeup-brushes/
Diakses pada 10 November 2019

Women’s Health. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a29040791/how-to-clean-beauty-blender/
Diakses pada 10 November 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed