Tanpa Beras, Ini Manfaat Nasi Kembang Kol untuk Kesehatan


Punya banyak kandungan nutrisi, mengonsumsi nasi kembang kol sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda. Manfaat nasi kembang kol antara lain menurunkan berat badan, mengurangi risiko terkena kanker, meningkatkan fungsi imunitas, menurunkan tekanan darah tinggi, serta memperlancar pencernaan.

(0)
Nasi kembang kol mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatanTingginya kandungan serat yang ada dalam nasi kembang kol dapat membantu memperlancar pencernaan
Saat menjalankan program diet, kebanyakan orang memilih untuk mengganti sumber karbohidrat utama mereka seperti nasi maupun roti, dengan makanan lain yang lebih rendah kalori. Salah satu makanan yang kini tengah tren untuk dijadikan sumber karbohidrat saat diet adalah nasi kembang kol.Tak hanya rendah kalori, mengonsumsi nasi kembang kol juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat-manfaat tersebut tidak lepas dari beragam kandungan nutrisi yang tersimpan dalam kembang kol.

Kandungan nutrisi nasi kembang kol

Nasi kembang kol mempunyai beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari karbohidrat, protein, serat, lemak, hingga berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.Berikut kandungan nutrisi yang bisa Anda temukan dalam 1 cangkir (107 gram) nasi kembang kol:
  • Kalori: 27
  • Karbohidrat: 5 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Folat: 15% dari kebutuhan harian
  • Kolin: 9% dari kebutuhan harian
  • Mangan: 7% dari kebutuhan harian
  • Kalium: 7% dari kebutuhan harian
  • Vitamin C: 57% dari kebutuhan harian
  • Vitamin K: 14% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B5: 14% dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 12% dari kebutuhan harian

Manfaat nasi kembang kol untuk kesehatan

Mengandung banyak nutrisi di dalamnya, nasi kembang kol menawarkan beragam manfaat kesehatan untuk Anda. Sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi nasi kembang kol, di antaranya:

1. Menurunkan berat badan

Dengan takaran yang sama, jumlah kalori dari nasi kembang kol hanya 10 hingga 20 persen dari nasi pada umumnya. Minimnya jumlah kalori yang terkandung dalam nasi kembang kol dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.Tidak hanya rendah kalori, nasi kembang kol juga merupakan makanan yang padat air. Maka dari itu itu, mengonsumsi nasi kembang kol dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dibanding makan sumber karbohidrat lain seperti nasi atau roti.

2. Mengurangi risiko terkena kanker

Nasi kembang kol kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C. Kedua antioksidan ini membantu mengurangi risiko Anda terkena kanker dengan memerangi partikel radikal bebas yang ada dalam tubuh Anda. Radikal bebas sendiri adalah molekul yang dapat merusak sel dan memicu kemunculan penyakit kanker. 

3. Memperlancar pencernaan

Tingginya kandungan serat yang ada dalam nasi kembang kol dapat membantu memperlancar pencernaan. Serat tak larut dalam nasi kembang kol berperan sebagai prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus, sehingga pencernaan dapat bekerja lebih optimal.Sementara itu, serat larut yang terkandung pada makanan ini membantu menyerap kolesterol jahat dalam tubuh supaya tidak mengganggu aliran darah Anda.

4. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Mendapatkan asupan vitamin C yang cukup dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin yang punya peranan penting dalam sistem imunitas tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi nasi kembang kol. Ketika sistem kekebalan tubuh baik, risiko Anda terserang penyakit akan semakin berkurang.

5. Menurunkan tekanan darah yang berlebih

Senyawa kimia bernama sulforaphane yang terdapat dalam kembang kol bisa membantu menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Sebuah penelitian menyebut, konsumsi sulforaphane juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Meskipun begitu, masih diperlukan banyak penelitian lagi untuk memastikan temuan tersebut.Nasi kembang kol memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, namun Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan ini secara berlebihan. Mengandung banyak serat, mengonsumsi kembang  kol secara berlebihan dapat menyebabkan sembelit dan memicu perasaan tidak nyaman pada perut Anda.

Cara mudah membuat nasi kembang kol

Cara membuat nasi kembang kol sangat mudah dan bisa Anda persiapkan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang Anda perlukan hanyalah 1 kembang kol dengan ukuran besar, 3 sendok makan minyak kelapa (bisa juga olive oil), dan ½ sendok teh garam.Berikut ini cara membuat nasi kembang kol yang mudah untuk dilakukan:
  • Potong kembang kol menjadi beberapa bagian, dengan ukuran masing-masing sekitar 2,5 hingga 5 cm. Pastikan potongan-potongan kembang kol tersebut muat untuk dimasukkan ke dalam food processor atau blender.
  • Hancurkan kembang kol dengan memakai food processor atau blender hingga seukuran bulir beras, lalu pindahkan ke dalam mangkuk. Ulangi jika Anda merasa ukurannya masih terlalu besar.
  • Panaskan minyak pada wajan berukuran lebar dengan api besar. Saat wajan sudah panas, masukkan kembang kol dan masak hingga warnanya berubah menjadi keemasan. Sesuaikan teksturnya dengan keinginan Anda. Proses ini kira-kira akan menghabiskan waktu 5 hingga 10 menit.
  • Bumbui nasi kembang kol dengan garam, lalu sajikan. Anda dapat juga menambah taburan daun seledri atau makan dengan menggunakan saus supaya terasa lebih nikmat.
Selain dimasak menggunakan penggorengan, Anda bisa menikmati nasi kembang kol tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Nasi kembang kol dapat bertahan hingga 12 bulan jika  Anda simpan di dalam freezer

Catatan dari SehatQ

Nasi kembang kol mempunyai berbagai macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat nasi kembang kol untuk kesehatan mulai dari menurunkan berat badan, mengurangi risiko terkena kanker, meningkatkan fungsi imunitas, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai nasi kembang kol dan manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan dietdiet sehatmenurunkan berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cauliflower-rice-calories
Diakses pada 26 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-cauliflower-rice
Diakses pada 26 November 2020
diaTribe Learn. https://diatribe.org/basic-cauliflower-rice
Diakses pada 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait