Tanpa Bantuan Obat, Begini Cara Menghilangkan Pusing dan Mual Secara Alami

(0)
Cara menghilangkan pusing dan mual adalah dengan membuka jendela ruangan kemudian mengistirahatkan diri beberapa saatSaat merasa pusing dan mual, cobalah untuk membuka jendela ruangan agar udara segar bisa masuk
Cara menghilangkan pusing dan mual tidak selalu harus dengan meminum obat atau periksa ke dokter. Anda dapat mengatasi kedua masalah ini sendiri di rumah dengan menggunakan cara-cara alami. Namun, sebelum mengambil tindakan, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab Anda mengalami pusing dan mual.

Apa saja yang menjadi penyebab pusing dan mual?

Pusing dan mual seringkali hadir secara bersamaan. Keduanya bukan merupakan kondisi medis tersendiri, namun menjadi tanda atau gejala dari masalah kesehatan dalam diri Anda. Beberapa faktor serta masalah kesehatan yang dapat menjadi penyebab pusing dan mual, di antaranya:
  • Gula darah rendah (hipoglikemia)
  • Tekanan darah rendah (hipotensi)
  • Flu
  • Mabuk perjalanan
  • Vertigo
  • Kecemasan
  • Migrain
  • Anemia
  • Gangguan pada telinga
  • Efek samping pengobatan
  • Peningkatan asam lambung
  • Keracunan makanan
  • Reaksi terhadap bau tertentu
  • Gangguan organ pencernaan
  • Stroke
  • Cedera kepala
Supaya tidak salah langkah dalam mengambil tindakan, penting untuk mengetahui penyebab pusing dan mual yang  Anda rasakan. Dengan itu, Anda bisa mengambil langkah penanganan yang tepat untuk mengatasinya.

Cara menghilangkan pusing dan mual dengan makanan

Tidak selalu harus mengandalkan obat atau bantuan dokter, mengatasi mual dan pusing juga dilakukan sendiri di rumah. Salah satu cara menghilangkan pusing dan mual yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Berikut sejumlah makanan yang dapat membantu mengatasi pusing dan mual:

1. Jahe

Cara menghilangkan pusing dan mual adalah dengan mengonsumsi jahe
Untuk menghilangkan pusing dan mual, Anda dapat minum teh jahe
Mengonsumsi jahe dapat membantu meredakan pusing. Selain itu, studi yang dirilis pada tahun 2012 mengatakan bahwa jahe dapat membantu mengatasi mual dan muntah. Hal ini tak lepas dari kemampuan antiemetik atau antimuntah yang dimiliki olehnya. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan keefektifan jahe dalam mengatasi mual.Untuk mengonsumsinya, campurkan jahe segar berukuran 2,5 cm yang telah dikupas ke dalam air seduhan teh selama lima menit. Setelah itu, Anda dapat meminum teh jahe tersebut secara langsung atau menyaringnya terlebih dahulu sebelum menikmatinya.

2. Pisang

Mudah untuk dikonsumsi meskipun dalam kondisi sakit, buah ini memberi energi dan vitamin yang baik bagi tubuh ketika Anda mengalami mual. Selain itu, pisang juga dapat membantu mengembalikan potasium yang hilang ketika Anda muntah atau diare.

3. Sup

Selama ini, sup menjadi salah satu pengobatan rumahan yang kerap dipakai untuk meredakan masalah kesehatan seperti pusing, pilek, dan demam. Selain itu, mengonsumsi sup juga bisa menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dan mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang karena muntah atau demam.

4. Biskuit dan roti panggang

Makanan dengan bau menyengat dapat memperburuk rasa mual yang Anda alami. Sementara, makanan-makanan seperti biskuit, pretzel, roti panggang, dan sereal cocok dikonsumsi saat mual karena tidak memiliki bau menyengat dan bisa dimakan tanpa harus melakukan banyak persiapan.

5. Makanan dingin

Sama seperti halnya biskuit dan roti panggang, makanan dingin seperti es krim, puding, yogurt, dan jeli cenderung tidak mempunyai bau menyengat. Bau menyengat dapat memperburuk rasa mual yang Anda alami.

6. Makanan karbohidrat

Makanan berkarbohidrat seperti nasi, kentang, dan mie merupakan pilihan yang tepat untuk Anda konsumsi saat mual. Mempunyai kandungan kalori yang tinggi, makanan berkarbohidrat dapat membantu menenangkan perut. Selain itu, makanan-makanan ini juga tidak mempunyai aroma menyengat ketika dikonsumsi.

7. Vitamin dan mineral

Mengonsumsi vitamin dan mineral dapat membantu mengatasi rasa pusing yang Anda alami. Jenis makanan yang harus dikonsumsi bergantung pada kondisi Anda:
  • Vitamin C: vitamin ini dapat membantu meredakan rasa pusing yang muncul akibat vertigo. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan vitamin C antara lain stroberi, anggur, jeruk, dan paprika.
  • Vitamin E: mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E membantu menjaga elastisitas pembuluh darah Anda. Terkandung dalam makanan-makanan seperti kiwi, bayam, gandum, dan biji-bijian, vitamin E dapat membantu meredakan pusing yang terjadi karena adanya masalah pada sirkulasi darah.
  • Vitamin D: vitamin D biasa ditemukan dalam makanan-makanan seperti susu, keju, salmon, kacang kedelai, hingga yogurt. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dapat membantu mengurangi pusing yang disebabkan oleh vertigo.
  • Zat besi: mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi membantu mengurangi pusing karena anemia. Anda bisa mendapatkan asupan zat besi dari makanan seperti daging merah, sayuran berdaun gelap, serta kacang polong.

Alternatif cara menghilangkan pusing dan mual

Selain mengonsumsi makanan-makanan tertentu, ada sejumlah alternatif cara menghilangkan pusing dan mual yang bisa Anda lakukan tanpa perlu obat ataupun bantuan dokter. Beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi pusing dan mual meliputi:

1. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Dehidrasi dapat membuat Anda mengalami pusing dan mual. Jika Anda merasa lelah dan haus saat pusing, minumlah air untuk membantu meredakannya. Meskipun begitu, jangan minum air secara berlebihan karena dapat memperburuk rasa mual yang Anda alami.

2. Membuka jendela ruangan

Bagi sebagian orang, udara segar dapat membantu meredakan mual. Hingga kini, belum diketahui pasti mengapa hal itu bisa terjadi. Namun, membuka jendela dinilai membantu memperlancar sirkulasi udara dan menghilangkan bau yang membuat Anda merasa pusing dan mual.

3. Meditasi

Meditasi bisa menjadi alternatif cara menghilangkan pusing dan mual
Lakukan teknik pernapasan dalam ketika bermeditasi
Cara ini dapat membantu mengatasi mual yang disebabkan oleh stres dan kecemasan. Saat melakukan meditasi, lakukan teknik pernapasan dalam. Tarik napas perlahan lewat hidung, tahan selama tiga detik, lalu keluarkan secara perlahan. Ulangi cara ini beberapa kali hingga mual yang Anda rasakan mulai mereda.

4. Hindari minuman berkarbonasi

Mengonsumsi minuman berkarbonasi dapat memperburuk rasa mual yang disebabkan oleh penyakit asam lambung (GERD). Selain itu, sebagian besar minuman bersoda mengandung gula yang dapat membuat Anda semakin mual. Jika terpaksa mengonsumsi minuman berkarbonasi, imbangi dengan minum air putih untuk mengurangi efek buruk yang bisa ditimbulkan.

5. Alihkan fokus dengan melakukan kegiatan lain

Saat Anda merasa mual, coba alihkan fokus Anda dengan melakukan aktivitas-aktivitas seperti menonton televisi atau membaca buku. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pekerjaan rumah untuk mengabaikan rasa mual tersebut.

6. Mengompres bagian tubuh tertentu

Jika rasa mual muncul akibat kondisi udara sekitar yang panas, Anda dapat meredakannya dengan mengompres bagian belakang leher dengan air dingin. Selain menghilangkan rasa mual, cara ini juga membantu menurunkan suhu tubuh Anda ke angka normal.

7. Hindari berbaring

Bagi penderita asam lambung meningkat, berbaring dalam kondisi mual bisa memperburuk keadaan. Jika Anda hendak beristirahat saat rasa mual menyerang, usahakan tubuh bagian atas Anda lebih tinggi posisinya dari tubuh bagian bawah.

Catatan dari SehatQ

Cara mengatasi pusing dan mual memang bisa dilakukan secara alami, tanpa menggunakan bantuan obat. Meski begitu, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter apabila kondisi yang dialami tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah. Untuk berdiskusi lebih lanjut soal pusing dan mual yang Anda alami, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mualkeracunansakit kepalapusing
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-nausea
Diakses pada 21 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/treatments-for-dizziness
Diakses pada 21 September 2020
WebMD. https://www.webmd.com/digestive-disorders/digestive-diseases-nausea-vomiting
Diakses pada 21 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait