Mengenal Perawatan yang Tepat untuk Tangan Keseleo dan Tingkat Keparahannya

Tangan keseleo ini dapat dibedakan menjadi tiga tingkat berdasarkan keparahannya
Tangan keseleo lebih sering terjadi pada aktivitas olahraga.

Tangan keseleo merupakan salah satu cedera yang sering dialami saat berolahraga. Saat seseorang terjatuh, tangan akan bekerja sebagai tumpuan untuk menahan berat badan. Akibatnya, tekanan besar dialami pada tangan, dan dapat menyebabkan regangan pada ligamen yang menghubungkan tulang di pergelangan tangan.

Pada kasus yang parah, dapat terjadi robekan sebagian bahkan robekan total pada ligamen. Ligamen merupakan jaringan fibrosa yang berperan menghubungkan satu tulang dengan tulang lainnya. Jaringain ini berfungsi untuk mempertahankan tulang pada posisinya dan menstabilkan sendi.

Tingkat Keparahan Tangan Keseleo

Tangan keseleo ini dapat dibedakan menjadi tiga tingkat berdasarkan keparahannya. Pada tingkat 1, ligamen hanya mengalami peregangan berlebih tetapi tidak ditemukan robekan. Pada tingkat 2 dan 3, kerusakan ligamen yang terjadi lebih parah.

Tingkat 2 ditandai dengan robekan sebagian ligamen dan dapat disertai dengan penurunan fungsi, sedangkan pada tingkat 3, ligamen mengalami robekan sepenuhnya dan dapat terjadi pada lebih dari satu ligamen. Pada tingkat ini, ligamen juga dapat terlepas dari tempat perlekatan tulangnya. Terkadang ketika lepas, sebagian kecil tulang ikut terpisah bersama dengan ligamen. Kondisi ini dinamakan sebagai patah avulsi.

Dalam kegiatan sehari-hari, tangan keseleo dapat diakibatkan karena terjatuh. Tangan yang terputar atau menekuk berlebih pada posisi abnormal menyebabkan regangan melebihi batasan kemampuan ligamen. Tangan keseleo lebih sering dialami oleh atlet olahraga. Sepakbola, bola basket, hoki, angkat berat, dan tinju merupakan beberapa olahraga yang sering menyebabkan tangan keseleo.

Ketika mengalami keseleo, tangan akan terasa nyeri dan pergerakan menjadi terbatas. Adanya proses peradangan menyebabkan tangan tampak bengkak, kemerahan, dan terasa hangat. Selain itu, dapat pula ditemukan memar dan adanya bunyi "pop" apabila terdapat robekan pada ligamen.

Pada tingkat 1, gejala dapat membaik dalam 2 sampai 3 hari. Sedangkan pada tingkat yang lebih berat, gejala yang dialami dapat berlangsung hingga beberapa minggu, bahkan bulan untuk mencapai penyembuhan total. Hal ini bergantung pada tingkat keparahannya.

Perawatan Tangan Keseleo

Perawatan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi tangan keseleo, antara lain:

  • Hindari penggunaan tangan setidaknya selama 48 jam.
  • Es batu. Kompresi dingin dengan es selama 20 menit, beberapa kali sehari dapat membantu meredakan pembengkakan yang terjadi. Hindari untuk menempelkan es batu langsung ke kulit Anda.
  • Hal ini dapat dilakukan dengan membebat elastik untuk mengurangi bengkak.
  • Jika dimungkinkan, istirahatkan tangan pada posisi yang lebih tinggi dari posisi jantung.

Jika gejala tangan keseleo yang Anda alami tidak membaik dalam 48 jam, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter. Secara umum, tangan keseleo ringan dapat membaik dengan perawatan di rumah. Untuk tingkat yang lebih berat, Anda dapat menggunakan splint untuk menjaga agar tangan tidak banyak bergerak, kemudian dilanjutkan dengan latihan untuk mencegah kaku sendi. Apabila terjadi robekan total pada ligamen, mungkin diperlukan operasi untuk rekonstruksi ligamen tersebut.

Perlu diwaspadai bahwa ada potensi terjadi robekan pada ligamen meski gejala tangan keseleo yang dialami tampak ringan. Selain itu, kondisi tangan keseleo dapat mirip dengan keadaan patah tulang di daerah pergelangan tangan. Apabila tidak terdeteksi, penyembuhan patah tulang menjadi tidak sempurna dan memerlukan operasi.

Sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila Anda mengalami cedera dan nyeri yang dialami tidak kunjung membaik. Hal ini penting agar Anda mendapat perawatan yang tepat dan mencegah terjadinya masalah jangka panjang, seperti nyeri kronis dan artritis.

Artikel Terkait

Banner Telemed