Tangan dan Kaki Berkeringat? Atasi dengan 7 Cara Ini

Tangan dan kaki berkeringat menjadi masalah yang mengganggu
Menggosokkan baking soda menjadi salah satu cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat

Berkeringat merupakan hal yang normal, namun berkeringat secara berlebihan tidak. Sebagian orang punya masalah tangan dan kaki berkeringat secara berlebihan. Masalah ini bisa membuat keseharian penderitanya menjadi tidak nyaman, bahkan dapat menimbulkan bau ataupun masalah kulit lainnya.

Penyebab umum berkeringat, seperti rasa gugup, cuaca panas atau berolahraga, mungkin hanya menyebabkan tangan dan kaki berkeringat biasa. Namun, jika keringat keluar secara berlebihan, sebenarnya apa yang terjadi?

Penyebab tangan dan kaki berkeringat

Berkeringat merupakan mekanisme normal tubuh untuk mendinginkan diri. Namun, jika keringat keluar secara berlebihan meski tidak melakukan aktivitas fisik berat, masalah ini disebut dengan hiperhidrosis. Hiperhidrosis terjadi ketika kelenjar keringat mendapat pesan dari sistem saraf untuk memproduksi keringat secara berlebih.

Salah satu jenis hiperhidrosis yang paling banyak terjadi adalah hiperhidrosis palmoplantar, di mana tangan dan kaki berkeringat secara berlebihan. Kondisi ini juga dapat memengaruhi area tubuh lain, seperti ketiak, selangkangan, dan lainnya. Hiperhidrosis bisa muncul sejak lahir atau berkembang seiring waktu, tapi sebagian besar kasus ini terjadi pada masa remaja.

Penyebab tangan dan kaki berkeringat yang tidak diketahui secara pasti disebut dengan hiperhidrosis primer. Sementara, jika masalah ini didasari dengan oleh kondisi kesehatan lain, seperti obesitas, asam urat, menopause, diabetes melitus, hipertiroidisme, atau penggunaan obat-obatan tertentu, disebut dengan hiperhidrosis sekunder.

Tangan dan kaki yang berkeringat dapat mengganggu aktivitas normal. Anda mungkin merasa malu untuk bersalaman atau karena kaki menjadi bau. Masalah ini berpotensi menurunkan rasa percaya diri Anda, bahkan bisa memicu timbulnya masalah psikologis lain. Lantas, bagaimana mengatasinya?

Cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat

Keringat berlebih pada tangan dan kaki bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Namun, terdapat beberapa cara efektif yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Adapun cara mengatasi tangan dan kaki berkeringat, yaitu:

  • Menggosokkan baking soda

Menggunakan baking soda menjadi salah satu cara cepat dalam mengatasi tangan dan kaki dan berkeringat. Sifat basa yang dimiliki baking soda membuatnya dapat membantu mengurangi keringat dan membuat keringat menguap dengan cepat. Anda hanya perlu menggosokkan pasta baking soda pada tangan dan kaki Anda. Biarkan selama 5 menit, lalu cuci hingga bersih.

  • Mengoleskan sari cuka apel

Sari cuka apel dapat membantu tangan dan kaki Anda yang berkeringat menjadi kering dengan menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh Anda. Cukup oleskan sari cuka apel pada telapak tangan dan telapak kaki Anda. Biarkan semalaman agar Anda mendapat hasil yang efektif.

  • Menggunakan antiperspirant

Salah satu cara yang efektif dan mudah dalam mengatasi keringat berlebih adalah dengan menggunakan antiperspirant. Alat ini umumnya digunakan untuk mengatasi keringat di ketiak, namun juga mampu menghentikan tangan dan kaki berkeringat. 

Anda dapat mengoleskan antiperspirant pada tangan dan kaki di malam hari, agar bisa terserap dengan baik. Sebagian besar antiperspirant mengandung garam aluminium yang akan membentuk sumbatan untuk menghalangi keringat.

  • Melakukan iontophoresis

Dalam perawatan iontophoresis, Anda akan meletakkan tangan dan kaki di dalam air sekitar 20-30 menit. Sementara itu, perangkat listrik akan mengalirkan arus listrik dengan tegangan rendah ke dalam air untuk menghalangi Anda berkeringat. 

Anda harus melakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu untuk merasakan manfaatnya. Namun, perawatan ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan orang yang memiliki masalah jantung atau epilepsi.

  • Melakukan suntik botox

Pilihan perawatan lain untuk mengatasi tangan dan kaki berkeringat, yaitu suntik botox (botulinum toxin A). Suntik botox telah disetujui untuk mengobati keringat berlebih pada ketiak, namun dokter juga menggunakannya pada telapak tangan dan telapak kaki. 

Botox bekerja dengan mencegah pelepasan bahan kimia yang dapat memberi sinyal pada kelenjar keringat untuk aktif. Hasil dari perawatan ini dapat bertahan hingga 1 tahun.

  • Mengonsumsi obat antikolinergik

Jika perawatan sebelumnya tak membuahkan hasil, dokter mungkin akan merekomendasikan obat resep, seperti obat antikolinergik. Obat oral ini akan menghentikan aktivitas kelenjar keringat Anda. Namun, tidak semua orang dapat mengonsumsinya karena obat ini memiliki efek samping, seperti penglihatan kabur, jantung berdebar, dan masalah pada buang air kecil.

  • Melakukan pembedahan

Pembedahan hanya disarankan bagi orang yang menderita hiperhidrosis berat yang tak mampu ditangani oleh perawatan lain. Dalam prosedur ini, dokter dapat memotong, mengikis, atau menyedot kelenjar keringat agar keringat yang dihasilkan tidak berlebihan. 

Jika tangan dan kaki berkeringat yang Anda alami dirasa sudah mengganggu, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter. Dokter akan memberi arahan yang tepat untuk mengatasi keluhan Anda tersebut.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/182130.php#treatment
Diakses pada 04 Februari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/hyperhidrosis-handle-sweaty-hands#5
Diakses pada 04 Februari 2020
Web MD. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hyperhidrosis-treatment-11#1
Diakses pada 04 Februari 2020

Artikel Terkait