Tanda-Tanda Umum Gangguan Kesehatan Adalah Hal yang Tak Boleh Disepelekan, Mengapa?


Tanda-tanda umum gangguan kesehatan adalah awal dari penyakit yang lebih parah lagi. Jangan sepelekan tanda tersebut dan segera konsultasikan dengan dokter.

(0)
02 Apr 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tanda-tanda umum gangguan kesehatan seperti demam tidak boleh disepelekanJika suhu tubuh lebih dari 38.5 derajat Celcius selama lebih dari tiga hari, segeralah berkonsultasi dengan dokter
Ada kalanya, gejala yang muncul pada tubuh perlu mendapatkan perhatian khusus dari Anda. Sakit kepala, demam, hingga penurunan berat badan yang sangat drastis bisa jadi tanda-tanda gangguan kesehatan. Tubuh akan memberikan sebuah gejala yang kecil untuk penyakit yang lebih serius.Kadang-kadang, gejala yang muncul pada satu bagian tubuh sebenarnya merupakan tanda dari penyakit pada bagian lain. Untuk itu, mulailah dengarkan tubuh Anda untuk mencegah gangguan kesehatan yang lebih serius.

Tanda-tanda umum gangguan kesehatan yang bisa muncul

Jangan sepelekan tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh. Berikut tanda-tanda gangguan kesehatan yang mungkin muncul pada tubuh:

1. Demam tinggi

Banyak orang menganggap demam adalah sebuah penyakit yang bisa disembuhkan dengan minum obat dan beristirahat. Faktanya, gejala demam muncul saat sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi di dalam tubuh. Namun, demam yang terus-menerus merupakan indikasi adanya penyakit berbahaya.Jika suhu tubuh lebih dari 38.5 derajat Celcius selama lebih dari tiga hari, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, kondisi tersebut bisa saja merupakan gejala TBC, infeksi saluran kemih, maupun kanker limfoma.

2. Sangat kenyang walau makan sedikit

Mungkin Anda merasa hal ini biasa-biasa saja. Namun, rasa kenyang yang muncul hanya karena asupan makanan yang sedikit adalah tanda gangguan kesehatan pada organ pencernaan. Anda harus segera memeriksakan ke dokter jika rasa kenyang dini ini disertai dengan mual, kembung, muntah, dan penurunan berat badan.Kemungkinan yang terjadi pada rasa kenyang dini ini adalah penyakit gastroesophageal reflux atau yang dikenal dengan GERD. Lebih seriusnya lagi, gejala ini muncul akibat adanya tukak lambung dan kanker pankreas.

3. Sesak napas

Salah satu tanda umum gangguan kesehatan adalah sesak napas yang terjadi secara tiba-tiba
Sesak napas bisa jadi tanda adanya masalah pada sistem pernapasan
Sesak napas bisa terjadi lantaran aktivitas yang terlalu berat saat Anda berolahraga, berada pada suhu ekstrem, hingga kelebihan berat badan. Sesak napas juga juga bisa terjadi karena Anda sedang panik atau cemas berlebihan. Namun, kemungkinan kondisi sesak napas ini juga terjadi lantaran gangguan medis dalam tubuh.Jika Anda mengalami gangguan sesak napas yang tiba-tiba, mungkin saja ada masalah pada sistem pernapasan. Gejala sesak napas ini bisa terjadi karena adanya gangguan bronkitis, asma, pneumonia, pembekuan darah di paru-paru, dan gangguan jantung.

4. Keringat dingin

Keringat dingin bisa muncul saat Anda merasakan rasa dingin pada tubuh dan biasanya hanya terjadi pada beberapa bagian tubuh. Kondisi ini pun muncul saat tubuh mencoba melawan infeksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.Di sisi lain, keringat dingin juga menjadi salah satu tanda awal penyakit jantung. Jika keringat dingin ini disertai dengan rasa nyeri pada bagian dada dan sesak napas, segera periksakan diri Anda ke dokter.

5. Penurunan berat badan yang drastis

Mungkin banyak orang mendambakan tubuh yang ideal saat kelebihan berat badan. Namun, penurunan berat badan yang drastis juga menjadi tanda umum gangguan kesehatan yang perlu diperhatikan. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan dan kehilangan lebih dari 4,5 kg dalam kurun waktu 6—12 bulan, cobalah konsultasikan kondisi tersebut ke dokter.Penurunan berat badan yang drastis dalam waktu yang singkat bisa disebabkan oleh diabetes, penyakit hati, kanker, masalah tiroid, atau gangguan tubuh dalam menyerap nutrisi. Bisa juga, penurunan berat badan ini disebabkan oleh depresi.

6. Sakit dan tidak nyaman saat berhubungan seks

Sakit dan tidak nyaman saat seks dapat menjadi tanda umum gangguan kesehatan
Nyeri saat berhubungan intim menjadi tanda gangguan pada sistem reproduksi
Ada beberapa hal yang mungkin terjadi jika Anda merasa tidak nyaman saat berhubungan seks. Hal ini mungkin bisa terjadi karena kurangnya pelumasan pada vagina sebelum berhubungan seksual. Namun, rasa sakit tersebut bisa saja terjadi akibat ada masalah pada sistem reproduksi perempuan.Biasanya, gejala tersebut akan ditandai juga dengan rasa gatal pada bagian genital, pendarahan berlebih saat menstruasi, nyeri panggul, perut kembung, dan menjadi sering buang air kecil.

7. Sering buang air kecil

Minum terlalu banyak dan sering akan membuat Anda buang air kecil. Namun, kondisi ini bisa terjadi saat ada gangguan pada kandung kemih. Biasanya, muncul rasa sakit saat buang air kecil serta adanya darah dalam urine. Dalam beberapa kasus, gejala yang muncul pada masalah kandung kemih adalah terbangun untuk buang air kecil pada malam hari hingga mengompol.

8. BAB Berdarah

Tanda umum gangguan kesehatan yang sering disepelekan adalah BAB berdarah
BAB berdarah bisa disebabkan oleh ambeien maupun kanker pada saluran cerna
BAB berdarah tanpa gejala lain biasanya sering disepelekan, namun sebaiknya berhati-hati karena selain dapat disebabkan oleh ambeien, dapat pula disebabkan oleh kanker pada saluran cerna. Darah yang keluar juga dapat menyebabkan Anda kekurangan darah. Maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter jika mengalami gejala.

9. Kesemutan

Jangan pernah menyepelekan rasa kesemutan yang datang pada bagian tubuh. Mungkin saja rasa tersebut muncul karena adanya gangguan otot atau persendian. Kesemutan yang sering terjadi dan terus-menerus disertai dengan bengkak, kaku, serta kemerahan harus segera diatasi dengan baik. Terlebih lagi jika Anda merasakan adanya penurunan rentang gerak atau hilangnya fungsi pada bagian sendi dan otot.

10. Kemerahan pada kulit wajah dan leher

Gejala gangguan kesehatan pada kulit bisa sangat terlihat jelas. Tanda-tanda umun gangguan kesehatan kulit yang biasa muncul adalah kemerahan pada wajah dan leher. Selain itu, adanya luka pada kulit yang tidak kunjung sembuh dan pertumbuhan tahi lalat baru juga merupakan tanda adanya gangguan pada kesehatan kulit. Sebaiknya, Anda tidak mencoba produk skincare tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Catatan dari SehatQ

Perhatikan gejala yang dimunculkan oleh tubuh karena mungkin itu adalah tanda adanya gangguan kesehatan. Jika gejala tersebut berlangsung lama dan semakin parah, segeralah periksakan kepada dokter supaya bisa ditangani sejak dini.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang tanda-tanda gangguan kesehatan serta gejala yang mungkin berbahaya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kesehatanresolusi kesehatanpola hidup sehat
Medicine Net https://www.medicinenet.com/symptoms_of_serious_diseases_and_health_problems/article.htm
Diakses pada 22 Maret 2021
Mayo Clinic https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/symptoms-not-to-ignore/art-20045276
Diakses pada 22 Maret 2021
Healthline https://www.healthline.com/health/cold-sweats#is-it-a-heart-attack
Diakses pada 22 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait